Tiket pesawat akhir-akhir ini memang sedang gila-gilanya. Harganya mahal nggak ketulungan. Di saat tiket internasional banyak promo murahnya, eh tiket domestik malah melambung tinggi harganya. Sampai sekarang pemerintah selaku regulator belum bisa berbuat banyak. Tiket mahal, tempat wisata sepi, toko oleh-oleh nggak laku, hingga turisme anjlok.

Bagi perantau yang kuliah atau kerja di kota orang, momen mudik adalah momen yang ditunggu-tunggu. Tentu tiket pesawat mahal bikin mereka galau mau pulang atau tidak. Melihat permasalahan ini, Hipwee mau kasih 5 solusi buat mudik jika pesawat mahal buat kamu yang merupakan sobat misqueen. Hehehe. Ya meskipun tips ini nggak bisa dipake untuk semua orang, setidaknya ada berbagai alternatif mudik yang bisa kamu coba.

1. Mudiknya ntar aja nunggu lebarannya kelar biar harganya lebih murah

nunggu lebaran kelar aja biar murah via www.winnetnews.com

Advertisement

Tiket pesawat yang mahal banget bikin mikir gimana caranya mudik naik pesawat dengan harga murah. Apalagi di arus mudik harga makin tinggi. Untuk itu kamu sebaiknya mengundurkan waktu mudik. Nggak apa-apa nggak lebaran sama orang tua, tapi ditunda sampai seminggu setelah lebaran. Harga tiketnya sudah mulai turun. Hal ini cuma berlaku untuk orang yang kerjanya bukan sebagai pegawai ya, tapi jika kerja di swasta, wirausaha atau mahasiswa rantau.

2. Nebeng teman yang mudik ke kota yang sama. Jauh lebih hemat lho

mudik di tol via economy.okezone.com

Kalau misal kamu mudik masih di satu pulau misal dari Medan ke Jambi, atau mudik dari Jakarta ke Klaten, lebih baik kamu nyari tebengan aja. Banyak kok yang suka nawarin tebengan. Jadi kamu bisa sharing cost aja. Misal bensinnya habis 500 ribu, kamu bisa nyumbang 300 ribu. Jauh lebih hemat ‘kan ketimbang pake pesawat yang menyentuh angka 1,5 jutaan ke atas. Enaknya nebeng begini, kamu bisa dapat kendaraan untuk PP lho. Hemat banyak ‘kan?

3. Kalau kamu harus mudik ke Sumatra mending ajak keluarga lebaran di luar negeri. Malah lebih murah lho

kuala lumpur via www.thisisinsider.com

Misal kamu harus mudik ke Aceh dari Jakarta. Mending kamu ajak orang tuamu lebaran di Malaysia sesekali. Tiket PP per orang ke Malaysia paling cuma 1 juta. Tiga orang jadi 3 juta. Tinggal tambah penginapan dan makan aja. Sementara kalau kamu mudik ke Aceh, sekali jalan sudah 3 juta. Belum tiket balik ke Jakartanya lagi. Sekali momen bisa dapat 2 hal penting, lebaran bareng keluarga sekaligus ngajak ortu liburan. Berkahnya dobel nih. Hehehe.

4. Ikut mudik gratis yang diadakan banyak instansi dan perusahaan. Ada bus, kereta dan kapal lho. Cocok buat yang ke luar Jawa

mudik gratis via madinatuliman.com

Advertisement

Buat yang beneran nggak ada uang mudik, ada banyak kok bus gratis atau kereta gratis yang ditawarkan CSR perusahaan. Cobain deh kepoin bus atau kereta gratis tersebut. Bahkan ada yang kasih mudik gratis pake kapal. Siapa tahu kamu yang beruntung. Lumayan kan mudik gratis. Duitnya bisa buat angpau. Hehe.

5. Patungan sama temen atau saudara buat sewa mobil. Mudik lewat tol sudah cepet kok. Harga hemat, gengsi pun naik. Ini khusus buat yang di Jawa ya

mudik lewat tol via www.teras.id

Coba cari temen atau saudara yang mau mudik bareng dan ajak patungan sewa mobil. Biasanya banyak tuh yang pengen mudik bawa mobil biar kelihatan sukses. Nah kamu hubungi dia saja buat sewa mobil bareng kalau tujuannya satu kota atau lewat kota kamu. Patungan mobil bisa hemat banyak tuh. Makenya bisa gantian. Hehehe. Dibanding kamu beli tiket pesawat buat kamu sekeluarga (2-3) orang, mending patungan sama temenmu dengan keluarganya. Lumayan banget tuh.

Dari 5 solusi ini, mana nih yang paling cocok buat kamu? Share di kolom komentar ya.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya