Traveling sudah bukan lagi menjadi barang istimewa. Sekarang setiap orang bisa melakukannya. Dengan budget yang terbatas pun kita sudah bisa menjadi seorang traveler, berkelana ke berbagai tempat wisata yang indah.

Kemudahan yang ditawarkan seolah mendukung bahwa kegiatan traveling memang sudah seharusnya dilakukan minimal satu kali dalam hidup. Sehingga ada anggapan bahwa hidupmu belum lengkap jika belum pernah berkelana ke mana-mana. Padahal ada beberapa orang yang memang tidak begitu menyukai kegiatan travelling karena berbagai alasan. Mereka lebih menyukai ketenangan di dalam rumah, menikmati secangkir teh dan bacaan indah.

Untukmu yang tidak menjadikan travelling sebagai hobi; mungkin alasan-alasan ini akan sedikit menjelaskan isi hati.

1. Bagimu zona nyaman tak bisa diganggu gugat. Pergi bepergian hanya akan membuatmu semakin penat.

Pemandangan ini membuatmu lelah via www.pinterest.com

Zona nyaman kamu buat sedemikian rupa baiknya sehingga siapa yang ada di sekitarmu memang benar-benar berpengaruh bagimu. Dengan hati-hati kamu memilih siapa saja yang menjadi temanmu, apa yang seharusnya menjadi kariermu, dan kegiatan apa saja yang harus kamu lakukan setiap harinya. Spontanitas membuatmu tak nyaman karena menurutmu segala sesuatu harus dipersiapkan dengan matang sehingga berjalan lancar.

Advertisement

Travelling penuh dengan peristiwa spontan, dan satu-satunya hal yang membuatmu nyaman ketika berwisata adalah dengan merencanakan setiap detilnya dengan baik.

2. Buat apa jauh-jauh pergi? Melihat foto dan cerita kawan lewat media sosialnya, esensi perjalanan sudah bisa dirasakan dalam hati

adssafa via www.pinterest.com

Foto-foto liburan teman-temanmu yang secara teratur beredar di laman beranda media sosial sudah cukup membantumu untuk melihat dunia. Dan dengan mendengarkan cerita mereka, kamu sudah bisa mengerti garis besar keadaan daerah atauu negara yang dikunjungi. Bagimu tak perlu untuk bersusah-payah pergi ke sana jika hanya ketidaknyamanan yang kamu dapatkan. Meski banyak yang mencibirmu karena tak terlalu menyukai kegiatan travelling, tapi kenyamanan adalah hal yang paling utamakan.

Sejatinya kamu bisa menikmati travelling, hyanya saja pergi dari rumah terlalu jauh sering membuatmu merasa panik berlebihan.

3. Serangan homesick seringkali mengganggu, pergi jauh dari rumah lebih dari 1 minggu membuatmu merasa rindu.

Homesick via www.pinterest.com

Tentu saja bepergian dan travelling mengelilingi tempat indah adalah pengalaman tak tergantikan. Namun ketika berada jauh dari rumah, yang paling kamu rasakan adalah kerinduan terhadap rumah yang tak tertahankan. Yang kamu inginkan hanya segera kembali ke rumah dan menikmati kembali aktifitas harianmu, bertemu kasur kesayangan dan makan makanan kesukaan di restoran favorit.

Rasa homesick membuatmu ‘kehilangan’ pengalaman berharga yang seharusnya kamu miliki. Padahal sebenarnya kenyamananmulah yang paling penting. Dan bagimu travelling adalah kegiatan yang melelahkan daripada menyenangakan.

4. Orang bilang; pengalaman akan membuatmu belajar. Namun bagimu pengalaman bisa didapat dari mana saja, tak perlu harus menghabiskan waktu di luar.

Charity via www.allkpop.com

Banyak yang bilang bahwa pengalaman berada di luat akan memberimu bekal untuk menghadapi masa depan. Namun bagimu masa depan bisa didapat dari mana saja, tak perlu menghabiskan banyak waktu di luar pun kamu bisa mendapat berbagai mengalaman berharga.

Menjadi pekerja sosial, melakukan kegiatan amal, dan menjadi relawan kemanusiaan adlah hal-hal yang membuat pengalamanmu bertambah. Tak perlu pergi jauh ke luar jika di sini kamu bisa banyak belajar. Masih banyak yang bisa dilakukan di sini, liburan bukan berarti harus pergi jauh dari rumah.

5. Tidak punya pengalaman tersasar di perjalanan tidak lantas membuatmu kurang berjuang. Hidupmu tetap jauh dari kata datar — sangat penuh tantangan

Kamu tetap punya pengalaman via www.hipwee.com

Travelling identik dengan pengalaman kesasar dan tak tahu jalan pulang. Banyak cerita yang kamu dengar dari temanmu yang pernah kesasar ketika melakukan perjalanan. Mendengarnya pun kamu hanya bisa cengar-cengir, karena kamu memang nggak tahu bagaimana rasanya kesasar. Namun tak berarti hidupmu membosankan dan tak punya pengalaman.

Apa yang kamu lakukan dalam hidup bukanlah masalah. Jika kamu memiliki sikap yang benar, maka kamu akan menemukan kebahagiaan yang kamu inginkan, yang semua orang inginkan, dalam segala hal. Lakukan berbagai hal positif yang sederhana, namun mampu memberikan pengalaman yang menakjubkan. Cobalah untuk mulai menebar senyum manis ke setiap orang yang kamu temui. Berangkat bekerja lebih awal dan mengerjakan semua tugas tepat waktu sehingga kamu memiliki waktu luang yang lebih banyak untuk bisa kamu nikmati. Belajarlah hal baru setiap harinya dan manfaatkan setiap kesempatan yang datang.

Intinya adalah, jika kamu ingin memiliki hari yang indah maka tak peduli apa yang kamu lakukan atau di mana pun kamu berada, cobalah untuk mulai berpikir positif setiap harinya.