6 Tempat di Bandung yang Ternyata Menyimpan Kisah Mistis dan Jadi Urban Legend. Ngeri!

Urban Legend Bandung

Sudah menjadi hal yang wajar, setiap tempat pasti memiliki kisahnya sendiri-sendiri yang membekas di benak banyak orang. Tak terkecuali dengan Kota Bandung. Selain dikenal sebagai kota yang memiliki banyak keindahan alam, kesejukan hingga keramahan orang-orangnya, ternyata Bandung juga menyimpan berbagai misteri.

Advertisement

Dari sekian banyak misteri yang ada, beberapa di antaranya bahkan menjadi cerita mitos alias urban legend yang berkembang di masyarakat. Hal tersebut dipercaya secara turun-temurun oleh antar generasi. Penasaran dengan tempat-tempat tersebut? Simak ulasan ini yuk!

1. Rumah gurita yang berada di Sukajadi ini menjadi salah satu urban legend yang paling terkenal di Bandung

Rumah Gurita menyimpan misteri di balik keunikannya via www.kapanlagi.com

Bagi warga Bandung, bisa dipastikan hampir semuanya mengetahui berita tentang keberadaan tempat ini. Rumah ini yang terletak di Sukajadi, Bandung, tepatnya  di belakang Hotel Grand Aquila ini banyak menimbulkan pertanyaan karena keangkerannya. Bahkan pada tahun 2014 lalu sebuah industri perfilman Indonesia sampai membuat film tentang tempat ini.

Dipercaya bahwa rumah yang memiliki patung gurita besar di atasnya tersebut dibangun oleh seorang mahasiswa ITB atas permintaan seorang pecinta seni. Namun hingga sekarang tak pernah diketahui siapa pemilik aslinya. Rumor yang beredar di masyarakat adalah tempat ini digunakan sebagai gereja setan atau tempat pemujaan sebuah sekte sesat.

Advertisement

2. Apa kalian juga udah pernah dengar kalau SMA 5 dan SMA 3 Bandung ini juga punya cerita yang nggak kalah seram?

Nampak depan bagian bangunan SMA 5 Bandung via www.google.com

Kota Bandung ternyata juga memiliki banyak bangunan yang merupakan peninggalan zaman penjajahan lo. Salah satunya adalah sekolah favorit ini. Dulunya dikenal dengan nama HBS (Hooge Burgere School), tempat tersebut menjadi gedung untuk mengenyam pendidikan bagi para orang-orang Belanda yang berada di Bandung.

Menurut cerita yang beredar, karena masih tersisanya energi masa lalu. Sekolah ini dihantui makhluk halus yang terkenal dengan nama Nancy. Hantu tersebut dikabarkan adalah arwah penasaran dari noni Belanda yang bunuh diri di kawasan tersebut. Ia kerap menujukkan dirinya pada jam-jam tertentu, terlebih di malam hari.

3. Selain mengerikan, kisah hantu boneka di Jalan Babakan Siliwangi ini juga menyimpan sisi pilu

Advertisement

Jalan Babakan Siliwangi via www.merdeka.com

Kisah selanjutnya yang juga tak kalah ngeri adalah cerita tentang hantu yang berada di sepanjang Jalan Babakan Siliwangi. Berita tesebut berawal dari tahun 1980 di mana kala itu terjadi sebuah kecelakaan yang mengakibatkan seorang gadis kecil bernama Uci terlempar ke pohon di pinggir jalan tersebut hingga meninggal.

Menjelang nafas terakhirnya, gadis kecil malang tersebut sempat menanyakan keberadaan boneka kesayangannya yang hilang waktu terjadi kecelakaan. Sejak saat itulah hantu yang dipercaya adalah arwah Uci sering menampakkan diri di sepanjang jalan tersebut.

4. Meski sudah dipindahkan, keberadaan rumah ambulan yang terletak di Jalan Bahureksa ini juga pernah bikin heboh

Potret ambulan mistis via Detik via news.detik.com

Bagi para penikmat cerita urban legend, tempat di Bandung yang terkenal dengan nama Rumah Ambulan ini tentunya bukan kisah mistis yang baru saja beredar. Meski pada tahun 2016 lalu ambulan yang berada di tempat tersebut telah dipindah, namun rupanya kisah tersebut tetap tergaung keras dari telinga ke telinga masyarakat.

Menurut ulasan Detik, kisah tersebut berawal dari sebuah keluarga Belanda. Suatu ketika, kecelakaan menimpa anggota keluarga dan menewaskan semuanya. Setelah itu, ada sebuah mobil ambulan yang datang dari rumah sakit untuk mengantar jenazah tersebut ke rumah. Esoknya, ambulans itu terparkir di halaman tanpa diketahui siapa yang mengantarkannya. Berkali-kali dikembalikan ke rumah sakit, ambulans itu selalu kembali lagi.

5. Pernah ketemu sosok pendekar tanpa kepala di Jalan Cipaganti?  Jangan sampai ya!

Jalan Cipaganti via www.ayobandung.com

Bagi orang Bandung, salah satu pendekar yang tak ingin mereka temui alias benar-benar dihindari adalah pendekar tanpa kepala yang sering menampakkan dirinya di Jalan Cipaganti. Menurut mitos yang beredar, beberapa tahun silam terdapat seorang jawara setempat yang meninggal di tempat tersebut dengan kondisi kepala terputus.

Kabarnya, hantu tersebut juga sering menjaili pengendara motor dengan membuat mereka seolah-olah merasa telah menabrak sesuatu dan mengacaukan pandangannya. Maka dari itu, siapapu yang berkendara di tempat ini dianjurkan untuk hati-hati dan selalu berdoa.

6. Lagi-lagi bangunan tua, Museum Pos Indonesia ini terkenal dengan penampakan hantu perempuan

Keangkeran Musem Pos Indonesia via tourbandung.id

Terakhir, bangunan tua berupa Museum Pos Indonesia yang terletak di Cilaki ini juga terkenal dengan cerita mistis dan gelapnya. Bahkan, tak perlu menungu hingga malam hari, potret bangunan yang berdiri sejak tahun 1931 ini tampak menyeramkan meskipun siang hari.

Walupun telah beberapa kali direnovasi dan dicat ulang, di situs peninggalan Belanda ini kerap muncul sebuah penampakan berupa wanita yang sering mondar-mandir di beberapa area gedung. Meski tak begitu mengganggu, namun penampakan tersebut seringkali membuat pengunjung yang berusia anak-anak merasa ketakutan saat melihatnya.

Berikut tadi adalah beberapa tempat di Bandung yang terkenal dengan cerita mistisnya. Entah cerita yang beredar merupakan fakta atau hanya mitos, namun alangkah baiknya jika kita menghormati hal tersebut dengan berlaku bijak di manapun dan kapanpun berada.

Simple-Work-Blog-Banner
Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Learn to love everything there is about life, love to learn a bit more every passing day

CLOSE