6 Rekomendasi Wisata Alam di Malang, Buat Kamu yang Berjiwa Petualang dan Bosan dengan City Tour!

Wisata Alam di Malang

Kalau main ke Malang, enaknya main ke mana aja ya?

Advertisement

Menjawab pertanyaan itu rasanya susah-susah gampang. Ya gimana, daerah yang menjadi salah satu spot liburan kesukaan di Jawa Timur ini memiliki banyak objek wisata yang bisa kamu kunjungi. Mulai dari museum, wisata kuliner, hingga city tour.

Tapi kalau kamu lagi bosen sama suasana kota dan mau menyatu mencari destinasi yang beda, Malang juga punya banyak pilihan. Apalagi buat kamu yang sudah pernah ke TN BTS  (Bromo Tengger Semeru) dan ingin suasana baru, atau kamu suka destinasi yang agak-agak anti mainstream? Malang punya deh pokoknya! 

Pemanasan naik gunung di Gunung Panderman, cocok untuk latihan sebelum muncak ke Mahameru!

Pemandangan dari puncak Gunung Panderman | Foto oleh Muhammad Irvan Hermawan via commons.wikimedia.org

Selain TN BTS, ternyata Malang punya spot mendaki yang nggak jauh dari salah satu pusat keramaiannya dan pemandangannya nggak kalah keren! Nama tempatnya adalah Gunung Panderman, gunung dengan ketinggian 2.000 mdpl ini lokasinya dekat dengan Kota Batu!

Advertisement

Selain pemandangannya keren, gunung ini juga nggak terlalu sulit trek-nya, sehingga cocok didaki oleh kamu yang masih pemula. Perjalanan muncaknya juga nggak terlalu lama, bisa ditempuh dalam waktu 2 sampai  jam aja lho!

Tubing santai di Wringinanom, menyusuri sungai sambil rebahan di ban

Kalau yang pertama kita ke gunung, sekarang mari turun ke sungai! Buat kamu yang ingin main air tapi santai, kamu bisa melakukan kegiatan tubing di Wringinanom. Menyusuri sungai pakai ban dan bersatai dengan jeram-jeram kecil bisa dijadikan salah satu kegiatan refreshing yang menyenangkan.

Advertisement

Melakukan tubing terasa lebih santai daripada melakukan rafting. Karena sungai yang biasa digunakan untuk tubing arusnya lebih tenang, maka kamu bisa fokus untuk menikmati pemandangan sekitar tanpa perlu berkonsentrasi untuk mendayung/bertahan di atas perahu.

Rafting di Sungai Bango, buat kamu yang ngerasa tubing masih kurang adrenalinnya!

Buat yang ingin menikmati wisata sungai dengan adrenalin yang lebih tinggi, Kamu bisa melakukan rafting di Sungai Bango. Kegiatan yang lebih menantang dari tubing ini bisa dilakukan sebagai sarana memacu adrenalin sambil liburan.

Tapi tenang, karena ini adalah rafting wisata, maka kamu tidak akan menemukan jeram yang terlalu curam dan deras. Selain itu kamu juga akan ditemani oleh instruktur yang pastinya sudah berpengalaman. Jangan lupa nyeburin teman kamu ya nanti di perahu!

Trekking ke Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari, hidden gem yang nggak akan membuat kamu kecewa!

Mungkin kita bisa mengatakan bahwa Pantai Mbehi dan Teluk Bidadari adalah spot yang menjadi hidden gem di Malang. Kenapa hidden gem? Karena amu butuh perjuangan lebih untuk mencapai kedua lokasi ini, berhubung lokasi ini tidak dapat dicapai dengan kendaraan, alias harus jalan kaki!

Selain pantainya yang indah dan biru karena berada langsung di Selatan Pulau Jawa, Pantai Mbehi punya sebuah fenomena alam menarik, yaitu lubang di karang. Konon katanya, jika air sedang pasang dan ombak menerjang lubang ini, maka lubang ini akan menyemburkan air dan terdengar seperti naga yang sedang menyemburkan api!

Selain itu ada juga lokasi yang bernama Teluk Bidadari yang terletak nggak terlalu jauh dengan Pantai Mbehi. Di sini kamu bisa melihat air laut dengan gradasi warna yang bagus. Mulai dari biru muda, biru kehijauan, sampai biru tua! Oh ya, air Teluk Bidadari juga jernih banget, sehingga perjuangan kamu jalan kaki ke sini pasti nggak bakal rugi!

Belajar mengenal dan mencintai alam di Petungsewu Wildlife Education Center

Nah kalau yang ini mungkin agak spesifik ya. Petungsewu Wildlife Education Center (P-WEC) adalah sebuah pusat pendidikan informal tentang konservasi alam. Jika kamu ingin menikmati alam dan belajar tentang cara pelestarian dan pengenalan ekosistem, mungkin kamu bisa mendatangi tempat ini

Nggak cuma sekedar belajar tentang pelestarian dan pengenalan ekosistem. Di sini P-WEC juga menyediakan paket untuk melakukan eksplorasi hutan, sungai, pohon, bird watching dan pengamatan serangga.

Semua kegiatan ini bakal kamu lakukan sebagai sebuah praktik langsung dari cara pelestarian dan pengenalan ekosistem. Untuk datang ke sini, ada baiknya kamu datang dalam grup besar, karena tempat ini juga menyediakan kegiatan luar ruangan lain yang bisa dilakukan secara bersama-sama, seperti outbond atau paint-ball misalnya.

Memetik apel atau staycation? Coba ke Kusuma Agrowisata!

Mau merasakan memetik buah apel yang menjadi ikon Malang secara langsung dari pohonnya? Nah kalau kamu penasaran dengan kegiatan itu, kamu bisa langsung nyamperin lokasi yang satu ini! Kusuma Agrowisata yang terletak di Kota Batu ini menyediakan agrowisata memetik apel di kebun langsung dari pohonnya. Tapi nggak cuma itu aja, karena ini adalah perkebunan yang luas, kalau kamu nggak suka metik apel, ada pilihan lain kok, seperti strawberry, jeruk, jambu, atau buah naga.

Untuk kalian yang ingin staycation, di Kusuma Agrowisata juga tersedia resort dan hotel yang tentunya kece dan nyaman untuk menginap. Selain itu kalau kalian mau basah-basahan, di sini juga terdapat sebuah waterpark untuk bermain air juga!

Nah itu 6 destinasi wisata alam yang bisa kamu kunjungi jika sedang pelesiran di Malang. Mungkin kamu butuh udara segar dan ingin menghindari ingar-bingar kota? Kamu bisa menjadikan tempat-tempat di atas sebagai alternatifnya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE