Berwisata ke Chernobyl di Ukraina, Kota Hantu yang Ditinggalkan karena Ledakan dan Radiasi Nuklir

Wisata Chernobyl

Mungkin nggak banyak yang tau tentang kota bernama Pripyat. Kota yang berlokasi di sebelah Utara Ukraina ini memang kurang terkenal dengan nama aslinya, tetapi jika kamu menyebut kata Chernobyl, bisa dipastikan orang akan langsung paham. Pripyat yang menjadi bagian dari kota Chernobyl kini terbengkalai karena sebuah bencana yang terjadi di sini pada tahun 1986, yaitu meledaknya sebuah pembangkit listrik tenaga nuklir.

Advertisement

Radiasi yang disebabkan oleh ledakan tersebut membuat Pripyat dan Chernobyl nggak bisa lagi ditempati oleh manusia. Sejak ledakan tersebut hingga kini, tidak ada manusia yang diperbolehkan untuk tinggal di kawasan tersebut. Tetapi pada tahun 2011 ketika level radiasi sudah aman, pemenrintah Ukraina membuka akses Chernobyl untuk dikunjungi oleh turis. Nah penasaran nggak SoHip, apa aja sih yang akan kita lihat dan rasakan dengan mengikuti tour Chernobyl? Yuk kita lihat bersama!

Chernobyl adalah kota hantu dan kapsul waktu besar, semua hal di sana terhenti pada tahun 1986.

Ruangan kelas yang ditinggalkan | Credit: Yves Alarie via unsplash.com

Karena bahaya radiasi nuklir, maka seluruh penduduk Chernobyl dan Pripyat terpaksa meninggalkan kota tersebut. Selain meninggalkan kota, mereka juga nggak boleh membawa barang-barang dari sana karena takut mengandung radiasi. Tentunya hal ini membuat Pripyat dan Chernobyl menjadi kota hantu dalam waktu singkat. Seiring berjalannya waktu hal-hal ini semakin mengerikan.

Gedung-gedung apartemen kosong, sekolah yang terbengkalai, hingga taman hiburan yang ditinggalkan begitu saja akan menjadi pemandangan yang bisa kamu lihat. Selain itu kamu juga bisa masih bisa menemukan gambar-gambar propaganda bahkan buku-buku dan majalah Uni Soviet dari era tersebut yang ditinggalkan. Bukan cuma itu aja, kamu juga bakal melihat banyak dekorasi dari era tersebut yang termakan usia dan menambah kesan seram gedung-gedung di sana.

Advertisement

Pembangkit listrik yang ditutupi oleh “cangkang” adalah monumen pengingat bahwa bencana tidak datang dari alam saja tetapi manusia juga bisa menjadi sebuah seumber bencana.

Pemandangan apartemen yang terbengkalai serta pembakit listrik di kejauhan | Credit: PxHere via pxhere.com

Jika kamu mengikuti tour ini, maka kamu bisa melihat secara langsung pembangkit listrik yang menjadi sumber bencana nuklir Chernobyl. Meskipun saat ini kamu sudah tidak bisa melihat bangunannya secara utuh karena sebagian gedung ini telah dimasukkan ke dalam sebuah “sarkofagus” untuk mencegah penyebaran bahan radio aktif dari reaktor nomor 4 yang meledak pada tahun 1986.

Tetapi sisa-sisa bangunan dan sarkofagus besar yang menutupi pembangkit listrik ini menjadi sebuah pengingat untuk manusia, bahwa bahaya bukan hanya berasal dari alam saja. Tetapi jika diperhatikan lebih lanjut, gedung pembangkit yang tertutup sarkofagus modern ini menjadi sebuah pemandangan janggal di sebuah tempat yang memiliki bangunan-bangunan kuno terbengkalai.

Chernobyl adalah contoh nyata bahwa alam akan mengambil kembali haknya ketika manusia pergi

Advertisement

Salah satu sudut taman bermain yang sudah ditutupi oleh tumbuhan | Credit: Yasemin Atalay via unsplash.com

Meskipun dipenuhi radiasi Chernobyl tetap memiliki ekosistem yang berisikan tumbuhan serta hewan. Tumbuhan-tumbuhan di Chernobyl tumbuh liar dan merambati gedung-gedung kosong dan terbengkalai di sini, menambah kesan mistis dan seram. Selain tumbuhan Chernobyl juga menjadi rumah tinggal untuk beberapa hewan seperti rusa, serigala, hingga menjadi tempat penangkaran kuda przewalski yang hampir punah.

Selain itu peneliti juga melihat bagaimana cara ekosistem memulihkan diri ketika manusia meninggalkan sebuah tempat dan mengambil alihnya. Chernobyl menjadi sebuah “alam liar” yang tidak sengaja terbentuk karena bencana yang disebabkan oleh manusia.

Jika ingin melakukan tour di Chernobyl gunakan jasa penyedia tour yang resmi dan terpercaya

Kincir dan taman bermain yang ditinggalkan menjadi salah satu atraksi turis yang sering dikunjugi dalam tur Chernobyl | Credit: Ilja Nedilko via unsplash.com

Sempat ramai karena kehadiran film seri berjudul Chernobyl di Netflix, tentunya semakin banyak orang yang menggunakan kesempatan ini untuk menawarkan jasa tour di Chernobyl. Tetapi sebaiknya SoHip berhati-hati, meskipun sudah dinyatakan aman, tetapi tetap ada peraturan yang harus dipatuhi oleh turis untuk menjaga dirinya agar tidak terpapar bahaya radiasi.

Tidak memasuki gedung sembarangan, mengindari daerah dengan vegetasi yang lebat dan mengikuti jalur yang telah ditentukan adalah beberapa kewajiban yang harus dilakukan oleh peserta tour dan agen penyedia jasa tour. Meskipun gedung dan bangunan kosong menjadi tempat foto yang menarik, tetapi kita tetap tidak tahu apakah barang-barang disana masih memancarkan radiasi yang bisa membahayakan manusia.

Jangan pernah menyentuh dan membawa barang-barang yang ada di Chernobyl sebagai suvenir, kamu nggak akan pernah tahu apakah benda tersebut masih memancarkan radiasi atau tidak

Tumpukan buku yang ditinggalkan pada sebuah bekas rumah sakit di Chernobyl | Credit: Wendelin Jacober via www.pexels.com

Membawa buah tangan dari suatu daerah memang wajar dilakukan, tetapi hal tersebut sangat tidak disarankan kalau kamu mengunjungi Chernobyl. Soalnya saking parahnya bencana radiasi yang dihasilkan dari ledakan reaktor nuklir tersebut, sebuah cat yang mengelupas dari tembok saja bisa memiliki potensi memancarkan radiasi yang bisa membahayakan jiwa manusia.

Maka dari itu selain mematuhi peraturan yang berlaku, pengunjung diminta untuk tidak menyentuh barang-barang yang ada di luar jalur wisata yang ditentukan, terlebih benda-benda yang berada di sebuah bangunan.

Buat SoHip yang punya kesempatan untuk mengunjungi tempat ini, bisa dipastikan kamu akan merasakan suasana seram seperti yang ada di film-film zombie karena bangunan dan tumbuhan yang tumbuh liar. Selain itu kamu juga bisa menyaksikan bagaimana hebatnya kekuatan alam, bisa mengambil dan menguasai tempat yang bahkan dinyatakan sangat berbahaya bagi manusia dan mengisinya dengan kehidupan.

Nah gimana SoHip, setelah pandemi selesai, apakah kamu tertarik untuk mengunjungi Chernobyl dan melihat sisa kejayaannya di masa lalu dan keindahan alamnya liarnya?

Cari panduan lengkap buat traveling? Mulai dari info destinasi sampai tips, dan akomodasi ada di sini.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

What is bravery, without a dash of recklessness?

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE