Menyisir Eloknya Wisata di Maluku, Secuil Surga di Timur Indonesia. Kapan Kamu Berkunjung ke Sana?

Destinasi Wisata di Maluku

Siapa sih yang nggak kagum dengan keindahan alam Indonesia bagian timur? Sumba, Labuan Bajo, Raja Ampat adalah sebagian kecil destinasi wisata di Indonesia bagian timur yang selalu jadi bahan pembicaraan saking indahnya. Semua gambar dan cerita dari sana selalu indah dan membuat kita berdecak kagum.

Advertisement

Bagaimana dengan panorama kepulauan di Maluku? Kepulauan ini sudah dikenal dunia sejak ratusan tahun yang lalu sebagai negeri dari timur yang sangat kaya, merupakan tanah surga, dengan hasil alam yang melimpah. Tak heran banyak pihak yang berebut untuk menduduki bumi rempah-rempah ini. Nggak cuma kaya akan hasil alam, panorama di kepulauan Maluku juga tak kalah indahnya.

Yuk, simak ulasan Hipwee Travel yang bakal ngajakin kamu jalan-jalan ke Maluku.

Ambon Manise yang beneran manis dan cantik sesuai namanya. Selain tempat wisatanya yang cantik, masyarakatnya juga ramah banget.

Gong Perdamaian Dunia di Ambon via www.lidbahaweres.com

Ambon sering juga disebut Ambon Manise, yang artinya manis dan cantik. Emang Kota Ambon sendiri cantik banget. Ada gunung, ada pantai, masyarakatnya juga sangat manis dan ramah. Kamu bisa jalan-jalan ke Pantai Namalatu, Pintu Kota, Pantai Liang, Pantai Natsepa, Museum Siwa Lima, Sumber Air Panas Tulehu, Morela Bay, Benteng Amsterdam, Patung Martha Christina Tiahahu, dan Gong Perdamaian Dunia.

Advertisement

Pulau Kei Kecil dan jejeran pantai-pantai cantiknya. Semua pantainya punya pasir putih lembut dan warna biru laut dan langit yang indah banget.

Pantai Ngurbloat di Pulau Kei via giewahyudi.com

Pulau Kei adalah salah satu pulau kecil yang letaknya ada di Maluku Tenggara. Biar kecil, tapi seluruh pantai di Pulau Kei ini cakep banget, tipikal pantai berpasir putih lembut dan air laut biru yang bening dan bebas sampah. Daftar pantai yang wajib dikunjungi di Pulau Kei adalah Pantai Ngurbloat, Pantai Pantai Ngursanadan, Pantai Ohoidertawun, Pantai Madwaer, Pantai Ngurtavur, Pantai Adranan. Semua biaya masuknya gratis.

Ada pulau yang nggak kalah keren yakni Pulau Bair dan Pulau Adranan. Pulau tropis dengan pantai pasir putih yang bersih dan warna biru-tosca lautnya.

Pulau Blair via dailyvoyagers.com

Pulau-pulau kecil ini tipikal pulau tropis dengan pasir putih bersih dan laut biru-tosca yang tenang. Selain pantai ada juga lagoon. Sebaiknya kamu bisa berenang, supaya bisa puas meng-explore lagoon di Pulau Blair. Ada juga tebing yang bisa dipanjat. Pemandangan pulau dari atas tebing luar biasa indah. Maldives kalah deh.

Pulau Ora di Wilayah Pulau Seram. Jalan-jalan ke salah satu pantai paling populer di internet.

Pantai Ora di Pulau Seram via www.littlenomadid.com

Untuk menuju Pulau Seram, naik kapal dari Pelabuhan Tulehu, Ambon ke Pelabuhan Amahai. Lama perjalanan kira-kira 3 jam. Pantai Ora ini termasuk salah satu pantai populer di internet. Begitu lihat fotonya, kamu pasti merasa sudah pernah lihat. Pantai Ora ini ada di Pulau Seram, Maluku. Pantainya emang secakep itu, masyarakatnya juga super ramah. Jangan lupa untuk makan ikan di sana, besar dan segar.

Advertisement

Banda Neira, sunset dan keindahan bawah lautnya juara. Butuh waktu 6 jam untuk mencapai Banda Neira dari Ambon.

Benteng Belgica di Banda Neira via adiitoo.com

Untuk menuju Banda Neira butuh kesabaran tingkat tinggi. Banda Neira bisa dicapai naik kapal cepat selama kurang lebih 6 jam dari Pelabuhan Tulehu, Ambon. Ini pun kapalnya nggak ada setiap hari. Wisata di Banda Neiranya sendiri kebanyakan wisata sejarah. Ada Benteng Belgica, Rumah pengasingan Bung Hatta, Rumah pengasingan Sultan Sjahrir, Rumah pengasingan Dr. Cipto Mangunkusumo, Rumah Budaya Banda Neira, dan Monumen Pargi Rante.

Sunset di Pulau Hatta, Banda Neira via adiitoo.com

Snorkeling dan diving di sekitar Banda Neira sangat mungkin dilakukan. Karakter laut di sini unik, 1 meter dari pantai air laut udah biru gelap seperti laut dalam. Tapi ikannya banyak dan warna-warni. Sunset di Banda Neira nggak diragukan lagi keindahannya. Kita harus sewa speed boat untuk membawa kita pergi ke pulau-pulau kecil di sekitar Banda Neira.

Maluku layak masuk ke dalam daftar wishlist jalan-jalan kamu selanjutnya. Untuk travelling ke Maluku memang nggak murah. Kalau sudah masuk daftar tujuan kamu selanjutnya, siapin rencana menabung supaya bisa menikmati salah satu surga di timur Indonesia ini. Yuk!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE