Liburan adalah ajang untuk refreshing dan bersosialiasi dengan banyak orang. Nggak cuma orang yang dikenal tapi juga orang asing. Maka dari itu liburan biasanya identik dengan orang yang suka keramaian, heboh, dan narsis yang biasanya berkepribadian ekstrovert.

Meski begitu, liburan adalah hak semua orang kan? Nggak cuma yang ekstrovert tapi juga yang introvert. Bagi orang yang berkepribadian introvert memang cenderung suka tempat yang sepi. Mereka lebih suka menikmati alam dengan caranya sendiri. Nggak mesti dengan temen-temen yang heboh atau foto-foto selfie. Ada yang lebih suka menyendiri dan menikmati kesendirian.

Advertisement

Lalu apakah ada destinasi wisata yang cocok untuk kamu yang introvert? Hipwee Travel akan memberi 7 rekomendasi destinasi yang bisa kamu datangi.

Puru Kambera Sumba Timur jadi pilihan yang menarik buat kamu yang suka dengan alam bebas. Suasana alam yang mirip Afrika ini bakal kasih ruang luas buat kamu

savana puru kambera via herjourneys.com

Hamparan luas Puru Kambera di Sumba Timur laksana savana di Afrika. Lengkap dengan kuda-kudanya yang eksotis. Sesungguhnya tempat ini bukanlah tempat wisata, melainkan savana yang sangat luas dan cantik jika direkam oleh kamera. Duduk duduk menikmati semilir angin di sini bakalan balikin mood kamu jadi semangat lagi.

Gili Kondo Lombok Timur jadi destinasi yang bisa kamu datangi. Pulaunya indah dan sepi sekali

Gili Kondo via www.instagram.com

Kalau turis-turis kebanyakan sukanya party di Gili Trawangan, sebaiknya kamu pilih gili di timur Lombok saja. Ada beberapa gili yang menarik, salah satunya Gili Kondo. Di pulau tak berpenghuni ini turisnya dikit banget dan seperti pulau pribadi. Kamu cukup sewa sampan dari pelabuhan yang berada di Gili Lampu.

Bermain bersama sekawanan gajah di Way Kambas pasti disukai oleh kamu yang orangnya introvert

way kambas via www.liputan6.com

Advertisement

Kalau ekstrovert suka dengan tempat-tempat yang instagramable dan ngehits biar nggak dibilang kurang update, kalau temen-temen yang introvert biasanya lebih mencari tempat yang relatif sepi namun tetep seru buat liburan. Nah bermain bersama gajah di Taman Nasional Way Kambas pasti seru dan cocok tuh buat kamu. Naik gajah sembari masuk ke dalam hutan bakalan seru abis sih. Bahkan buat kamu yang introvert sekalipun.

Menyusuri sungai di Taman Nasional Tanjung Puting sambil berkunjung ke tempat perlindungan orang utan bisa jadi pilihan yang menarik

tanjung puting via www.genpi.co

Wisata susur sungai di belantara Kalimantan memang bukanlah ide wisata yang mainstream. Hanya kalangan tertentu yang suka liburan seperti itu. Nah buat yang pengen liburan tanpa keramaian manusia, nah ini cocok banget sih. Kamu cukup sewa kapal susur sungai di tengah hutan tropis Kalimantan.

Menyendiri di tempat terpencil bersama sahabat terdekat atau bersama pasangan bakalan syahdu banget sih. Tempat yang bisa kamu tuju salah satunya Ora Beach di Maluku

pantai ora via piknikasik.com

Resort dengan pemandangan memukau namun lokasinya tersembunyi di balik gunung pastilah seru untuk didatangi. Ya begitulah keadaan Ora Beach di Pulau Seram, Maluku. Meskipun berada di pantai namun tempat ini seakan terlindungi dengan pegunungan yang suasananya sejuk banget. Untuk menuju ke sana pun butuh effort yang lumayan ya.

Pulau Kenawa di Sumbawa juga berada di tengah laut. Pulaunya kecil, cuma ada bukit, savana dan pantai.

pulau kenawa via www.facebook.com

Pulau ini jadi pulau yang sangat favorit untuk menyendiri. Cukup bawa tenda dan bikin tenda di sini. Pulau yang cuma terdiri dari bukit, savana dan pantai ini sangat indah. Ajak teman dekatmu dan nikmati suasana liburan yang private di sana. Nikmati sunrise dan sunset mewah di pulau ini.

Goa Jomblang di Jogja bisa jadi tujuan petualangan kamu berikutnya. Goa yang satu ini tidak untuk wisata massal sehingga kamu bakalan nyaman tanpa banyak orang di sana

gua jomblang via alvinphotography.co.id

Sudah sering kan wisata di gua-gua di Gunungkidul dipadati oleh wisatawan. Seperti Goa Pindul ataupun Goa Kalisuci. Namun Goa Jomblang berbeda. Goa ini berada di area konservasi sehingga tidak untuk wisata massal. Jumlah yang masuk ke goa ini sangat dibatasi dan biayanya relatif mahal. Tapi siapa sih yang mau kehilangan sensasi bertemu dengan cahaya surga ‘heaven of light’ di sana?

Gimana, adakah yang ingin kamu kunjungi?

Advertisement
loading...

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya