Mengintip 4 Pesona Wisata Kabupaten Konawe, Kampung Halaman Peraih Medali Emas Olimpade Tokyo Apriyani Rahayu

Wisata Konawe

Kabar menggembirakan untuk Indonesia datang dari Negeri Matahari Terbit, Jepang. Pasangan dari nomor ganda putri cabang olahraga bulutangkis, Greysia Polii/Apriyani Rahayu berhasil menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020 pertama untuk Indonesia usai mengalahkan pasangan Chen Qin Chen/Jia Yi Fan dari Tiongkok, Senin (2/8). Prestasi ini layak dirayakan, mengingat nomor tersebut belum pernah menyumbang medali untuk Indonesia di kancah olimpiade.

Advertisement

Satu kabar gembira yang membanggakan di tengah kondisi pandemi ini tentu jadi perhatian publik Tanah Air. Pasangan atlet yang berhasil mengharumkan nama bangsa ini pun nggak luput dari sorotan, salah satunya Apriyani Rahayu. Atlet berusia 23 tahun ini diketahui lahir di Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sulteng), sebuah wilayah yang ternyata menyimpan pesona wisata tersendiri, yang terwakilkan lewat 4 destinasi berikut ini.

1. Pulau Bokori

Kabupaten Konawe dulunya bernama Kabupaten Kendari. Kabupaten ini diketahui memiliki bentang alam yang memukau. Salah satunya adalah Pulau Bokori yang berada di Kecamatan Soropia, sekitar 37,5 kilometer dari Bandara Internasional Haluoleo, Kabupaten Konawe Selatan, Sulteng.

Advertisement

Pulau yang dikelilingi pasir putih dan jernih air asin bibir Teluk Kendari ini bisa jadi pilihan wisata keluarga yang berkesan. Pada pulau teduh tengah samudera ini terdapat beberapa bangunan resor, pepohonan rimbun, dan berbagai fasilitas lain seperti jogging track. Sebelum dijadikan destinasi wisata pada awal 90-an, Pulau Bokori merupakan pemukiman masyarakat suku Bajo.

2. Puncak Ahuawali

View this post on Instagram

A post shared by MUHLIS (@muhlisz_11)

Advertisement

Selain laut, Kabupaten Konawe juga punya pesona dataran tinggi yaitu Puncak Ahuawali yang berada di Desa Ahuawali, Kecamatan Puriala pada ketinggian 750 mdpl. Dengan ketinggian yang dimilikinya, destinasi ini juga berpotensi jadi kawasan Wisata Dirgantara Paralayang, loh.

Apa yang bisa kamu temukan jika berkunjung ke Puncak Ahuawali adalah panorama alam pegunungan dengan pepohonan asri bak dalam lukisan maestro. Dari puncak kamu juga bisa mengamati pesona matahari terbit atau lautan awan yang indah. Jika ingin berkemah pun di sini bisa.

3. Air Terjun Solomeronda

Air terjun adalah destinasi alam yang hampir nggak pernah mengecewakan, dan Kabupaten Konawe memiliki satu kandidat yang bisa kamu sambangi. Air Terjun Solomeronda ini terletak di Kecamatan Lambuya, tepatnya di perbatasan Kabupaten Konawe dan Kolaka Timur.

Untuk dapat mencapai air terjun ini, kamu harus melakukan trekking melintasi perkebunan warga. Pemandangan lain yang akan kamu jumpai adalah tebing kars dan beberapa anak sungai sebelum benar-benar sampai di Air Terjun Solomeronda yang mengalir asri pada tebing berlumut dan dipenuhi tumbuhan rambat.

4. Pantai Toronipa

Kalau Puncak Ahuawali merupakan salah satu spot terbaik menyaksikan matahari terbit di Kabupaten Konawe, maka untuk menyaksikan matahari terbenam salah satu spot terbaiknya adalah Pantai Toronipa, Desa Toronipa, Kecamatan Soropia. Pantai ini menghampar sepanjang 4 km menghadap Laut Banda.

Sedikit beda dari kebanyakan pantai yang mungkin sudah kamu sambangi, Pantai Toronipa dinaungi oleh pohon kelapa dan pepohonan rindang lainnya. Dengan kata lain kamu bisa menyambangi pantai ini di waktu kapan pun, sekalipun tengah hari karena akan ada pepohonan yang setia menyejukkan. Dari pantai berpasir putih ini kamu juga bisa melihat panorama pegunungan yang menghias titik paling ujung laut lepas, loh. Ciamik!

Nah, itu dia 4 pesona wisata Kabupaten Konawe kampung halamannya peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Apriyani Rahayu. Mana yang paling menarik untuk disambangi jika kondisi telah memungkinkan plesiran lagi?

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

get me away from here I'm dying

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE