6 Destinasi Wisata Nusa Tenggara Timur yang Nggak Kalah Indah dan Keren dari Labuan Bajo

Wisata Alam Nusa Tengara Timur

Kamu pasti tahu kan Labuan Bajo? Sekarang ini siapa sih yang nggak tahu keindahan tempat tersebut? Mulai dari lautnya yang biru, menginap di kapal pinisi, hingga melihat keindahan komodo di Pulau Komodo yang baru-baru ini ramai diberitakan karena pembangunan.

Advertisement

Ngomong-ngomong kalian tahu kan itu semua adanya di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT)? Tapi sebenernya NTT masih punya banyak destinasi yang nggak kalah bagus dan menarik buat dikunjungin lho selain Labuan Bajo dan Pulau Komodo! Nih rekomendasi yang udah Hipwee siapin, buat kamu yang ingin berpetualang ke NTT!

Mengunjungi Danau Kelimutu, danau tiga warna yang tersohor dan dipercaya sebagai tempat peristirahatan arwah yang oleh masyarakat sekitar!

Matahari terbit dari pos pengamatan Danau Kelimutu | Foto oleh Dedisdoger via commons.wikimedia.org

Kelimutu sebenarnya adalah sebuah gunung berapi, tetapi yang menjadi daya tarik utamanya adalah tiga buah danau kawah yang terletak di sini. Ketiga danau kawah ini memiliki warna air yang berbeda, inilah yang menjadi daya tarik Danau Kelimutu. Danau kawah ini memiliki warna merah, putih, dan hijau, meskipun begitu, warna ini bisa berubah tergantung aktivitas vulkanik gunung dan pengaruh alam.

Kamu bisa memandangi keindahan danau kawah ini melalui sebuah tempat pengamatan yang berada di puncak danau kawah. Menurut kepercayaan masyarakat sekitar, danau ini adalah tempat bersemayam arwah orang yang sudah meninggal, sehingga menjadikan tiap danau memiliki warna khusus. Karena kepercayaan tersebut, masyarakat Kelimutu memiliki sebuah festival yang juga berperan sebagai upacara adat dan digelar setiap tahun.

Advertisement

Berburu sunrise dan bermain pasir di padang pasir pinggir laut Pantai Oetune, epic banget pemandangannya buat feeds instagrammu!

Ini adalah salah satu pantai padang pasir yang bisa kamu kunjungi di Indonesia selain di Pantai Parangkusumo, Yogyakarta! Tempat ini memiliki pemandangan yang sama dengan Gurun Sahara di Afrika atau pantai di Moroko dan Namibia yang pantainya langsung berhadapan dengan gurun pasir. Hamparan pasir halus, gumuk pasir, dan jejeran daun lontar menambah kesan indah tempat ini.

Advertisement

Di sini kamu bisa mendapatkan spot foto keren jika datang pada pagi hari, apalagi ketika matahari terbit atau sunrise. Selain itu kamu juga bisa bermain sand boarding di sini, menuruni gumuk pasir seperti berselancar! Untuk pantainya sendiri, airnya jernih banget, selain itu ombaknya juga nggak terlalu besar, jadi buat kamu yang ingin bermain air nggak usah khawatir sama ombak besar!

Telaga Nirwana, hidden gem pulau Rote yang sedang naik daun karena pemandangan dan jalur aksesnya!

Di pulau Rote, ada sebuah tempat yang sangat indah bernama Telaga Nirwana. Untuk mencapai tempat ini kamu harus menyusuri jalur perairan yang terlihat seperti sungai dengan kapal kecil sebelum akhirnya sampai pada telaga air asin ini. Tempat yang dikelilingi bebatuan karang dan pohon rindang ini memiliki air yang jernih dan biru. Meskipun tersambung dengan laut lepas, karena jalan masuknya yang seperti sungai, maka ombak di sini sangat tenang, jadi cocok dan aman buat kamu yang hobi berenang.

Salah satu spot foto kesukaan di sini adalah batu berbentuk hati yang berada di tengah telaga ini. Meskipun untuk mencapai tempat ini kamu harus mendayung dan menyewa perahu nelayan lokal, tapi beneran deh, perjuangan kamu nggak akan sia-sia karena pemandangan di sini nggak ada di tempat lain di Indonesia, jadi sebanding sama usahanya!

Pernah liat video clip Man Upon The Hills dari grup musik Stars and Rsabbit? Nah Bukit Wairinding ini adalah tempat video clip tersebut dibuat!

Panorama Bukit Wairinding | Foto oleh Supomo Hanasti via commons.wikimedia.org

Kamu pernah lihat video clip Man Upon The Hills dari grup musik Stars and Rabbit? Pemandangannya indah ya? Apalagi ketika menunjukkan shoot cinematic lanskap alam. Nah semua itu diambil di NTT, salah satunya di Bukit Wairinding ini! Bukit ini punya pemandangan savana dan kontur yang berundak-undak sejauh mata memandang.

Waktu yang paling pas untuk ke tempat ini adalah pagi atau sore hari, karena kalau siang panasnya lumayan, berhubung ini padang savana yang ada jarang pohon besar untuk berteduh. Jika kamu ingin mendapatkan foto ala-ala savana Nusa Tenggara di tempat ini, disarankan untuk datang pada sore hari, perpaduan pemandangan perbukitan, padang savana, dan sunset, dijamin bisa membuat kamu diam dan terpukau!

Trekking menuju Desa Wae Rebo, salah satu desa yang mendapat julukan โ€œdesa di atas awanโ€ karena letaknya!

Pemandangan Desa Wai Rebo yang dikelilingi pegunungan | Foto oleh Fitri Mayeni via commons.wikimedia.org

Wae Rebo adalah sebuah desa adat dengan 7 buah rumah adat berbentuk kerucut. Desa yang terletak di ketinggian 1.200 mdpl ini memiliki pemandangan yang indah banget. Perkampungan yang dikelilingi pegunungan ini setiap pagi akan diselimuti oleh kabut tipis, sehingga menambah kesan elok pemandangan desa adat ini! Tapi seperti kebanyakan tempat keren di Indonesia, persiapkan diri kamu untuk melakukan trekking dengan medan yang lumayan berat ya jika ingin mengunjungi desa ini!

Disarankan untuk berkunjung ke sini pada pertengahan bulan November, karena biasanya penduduk Wai Rebo akan mengadakan sebuah festival yang bertujuan untuk mengucap syukur kepada Tuhan atas limpahan rezeki dan panen pada tahun tersebut. Dan buat kamu pecinta kopi, ada kabar baik nih, katanya kopi dari desa ini memiliki rasa yang unik dan enak lho!

Buat yang suka diving, silahkan kunjungi Taman Laut Selat Pantar untuk melihat sepotong surga di bawah laut dan merasakan berenang bersama ikan hiu!

Bosan ya, dari tadi pantai dan gunung? Sekarang kita kunjungi bawah laut NTT! Taman Laut Selat Pantar ini indahnya nggak kalah sama Bunaken atau Derawan. Kamu bisa menemukan berbagai jenis ikan dan terumbu karang berwarna warni di sini, seperti sebuah hutan bawah laut yang semarak!

Taman Laut Selat Pantar ini memiliki 26 titik diving, jadi kamu nggak akan bisa menyelsaikan tempat ini dalam sekali perjalanan dan harus kembali lagi pastinya! Selain terumbu karang yang berwarna-warni, menyelam di sini menyenangkan karena terkadang kamu akan disapa oleh gerombolan lumba-lumba, bahkan kamu bisa juga berinteraksi dengan ikan hiu yang entah kenapa sangat jinak di tempat ini! Kalau punya izin menyelam, kamu wajib banget buat mengunjungin tempat ini!

Gimana! Keren ya NTT? Mungkin Labuan Bajo memang indah, tapi ternyata NTT nggak cuma Labuan Bajo dan Pulau Padar saja, masih banyak tempat yang harus kamu kunjungi kalau ke sini dan daftar di atas hanya sebagian kecil saja! Gokil NTT!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE