5 Destinasi Wisata Menenangkan di Jogja, Bisa Berwisata sekaligus Self Healing Juga!

Wisata self healing Jogja

Berwisata bisa menjadi satu cara untuk memulihkan luka batin yang tak kunjung membaik. Namun, tidak semua tempat wisata bisa memberikan efek menenangkan. Terkadang, wisata yang nggak pas justru membuat kita semakin penat dan tak nyaman.

Advertisement

Untuk itu, beberapa tempat wisata di Jogja ini bisa menjadi pilihan untuk kamu yang ingin menjernihkan suasana hati. Kamu akan disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah dan suasana yang tenang jauh dari keramaian.

1. Taman Sungai Mudal

Objek wisata alam ini terletak di Kabupaten Kulon Progo, tepatnya di Dusun Banyunganti, Desa Jati Ulyo, Kecamatan Giri Mulyo. Mereka menawarkan wisata air yang beragam, mulai dari taman, pemandian, dan wahana wisata. Di taman inilah kita bisa menikmati air terjun bak sebuah taman surga melalui gazebo dan bebatuan yang ada di sekitarnya. Dengan sejuknya air terjun dan pepohonan di sana, perlahan perasaan sedih akan tergantikan dengan kebahagiaan melihat keindahan alam di Taman Sungai Mudal.

Advertisement

2. Pantai Srakung

Wisata pantai di Gunung Kidul memang banyak sekali pilihannya. Namun, tidak semua pantai bisaΒ  memberikan suasana yang tenang dan nyaman. Pantai Srakung inilah yang cocok kita pilih untuk mencari suasana yang jauh dari keramaian. Letak pantai ini berada di Dusun Nujo, Desa Pucung, Kabupaten Gunung Kidul. Dengan pasir putih yang bersih dan lembut, serta diapit tebing di kanan kirinya, membuat suasana pantai ini seperti pantai pribadi.

3.Ratu Boko

Advertisement

Situs Ratu Boko terletak di dua wilayah, yaitu Dusun Dawung, Desa Bokoharjo dan Dusun Sumberwatu, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Sleman. Letak situs ini berada di Bukit Boko yang berketinggian 110-229 mdpl. Dengan pemukiman seluas 25 hektar, kita bisa memilih untuk duduk dan menikmati indahnya istana ini. Tidak seperti candi biasanya yang dipenuhi pengunjung, di situs Ratu Boko, kita bisa berpencar ke mana saja karena wilayahnya yang sangat luas. Di sore hari, kita bisa sambil menikmati suasana matahari tenggelam dengan jelas. Maka dari itu, situs ini cocok untuk kita yang ingin merasakan suasana tenang terutama kalau kamu ke sini di sore hari.

4. Kebun Teh Nglinggo

Jika biasanya kita dikelilingi oleh hiruk pikuk perkotaan yang semain membuat penat, maka tidak ada salahnya memilih berkunjung ke Kebun Teh Nglinggo di Samigaluh, Kulon Progo ini. Kita akan disambut dengan udara yang bersih dengan suasana yang menyejukkan. Wisata yang berada di kawasan Pegunungan Menoreh ini tak hanya menawarkan hijaunya kebun teh saja, tetapi juga hamparan keindahan alam yang mempesona. Melihat hijaunya dedaunan di sekitar wisata ini, kita bisa merefresh pikiran dan menghapus kesedihan yang mendalam. Dari sana kita juga bisa merasakan ketenangan hidup yang jauh dari sibuknya hiruk pikuk perkotaan.

5. Waduk Sermo

Masih di Kulon Progo, tempat wisata waduk sermo menyajikan hamparan danau jernih, dikelilingi oleh pepohonan dan rerumputan yang hijau. Waduk Sermo berlokasi di Dusun Sermo, Desa Hargowilis, Kokap, Kulon Progo. Di kawasan ini, kita bisa relaksasi sambil menikmati tenangnya danau dan cerahnya suasana alam di bawah langit yang cerah. Siapa saja akan betah berlama-lama di wisata ini. Jika ingin lebih lama menikmati pemandangan waduk sermo, kita bisa berkemah di sekitarnya. Di pagi hari, kita akan disambut dengan matahari terbit dari balik Pegunungan Menoreh. Penat, masalah, dan kesedihan akan perlahan sirna bersama tenggelamnya matahari sore.

Itu dia beberapa destinasi wisata yang bisa kamu pilih untuk self healingΒ di Jogja. Kalau kamu sedang sedih, lelah, atau patah hati, coba saja kunjungi tempat-tempat ini ya, SoHip! kalian akan menemukan ketenangan sendiri di sana.

Informasi destinasi, akomodasi, spot foto hingga kuliner dari Hipwee, selengkapnya di sini

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Editor

Penikmat jatuh cinta, penyuka anime dan fans Liverpool asal Jombang yang terkadang menulis karena hobi.

CLOSE