6 Destinasi Sport Tourism yang Gunakan Nama Artis Indonesia, Unik Banget!

Mulai dari jalur sepeda hingga spot menyelam yang punya keindahan luar biasa

Indonesia memang sangat terkenal dengan destinasi wisatanya. Banyak tempat wisata yang dapat dijumpai di seluruh pelosok Indonesia. Penggunaan nama tempat wisata ternyata sangat berpengaruh dengan jumlah wisatawan yang berkunjung lo Sobat Hipwe. Nama yang unik akan memudahakan wisatawan untuk mengingatnya sekaligus menjadi daya tarik tersendiri untuk berkunjung.

Advertisement

Salah satu tempat wisata yang menjadi kegemaran wisatawan adalah sport tourism. Sport tourism merupakan wisata yang dikombinasikan dengan kegiatan berolahrga. Adanya wisata sport tourism di Indonesia membuat masyarakat dapat menikmati asiknya berwisata sekaligus bisa melakukan kegiatan olahraga.

Di Indonesia sendiri ternyata banyak terdapat wisata sport tourism yang menggunakan nama unik artis-artis Indonesia. Hal itu terjadi karena sebagai bentuk ucapan terima kasih kepada artis yang sudah membantu memperkenalkan tempat wisata tersebut kepada masyarakat.

Lantas, apa saja ya wisata sport tourism yang menggunakan nama artis Indonesia? Mengutip dari laman resmi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), berikut ini adalah 6 tempat wisata yang dimaksud. Kita simak bersama yuk, SoHip.

Advertisement

1. Tanjakan Luna Maya di Semarang, Jawa Tengah

Tanjakan Luna Maya

Tanjakan Luna Maya di Semarang, Jawa Tengah | Credit: Instagram (@lunamaya)

Wisata sport tourism pertama yang menggunakan nama artis Indonesia adalah Tanjakan Luna Maya. Berada di daerah Semarang provinsi Jawa Tengah, Tanjakan Luna Maya adalah rute yang dilalui Luna Maya saat sedang bersepeda di Kota Semarang.

Pemberian nama Tanjakan Luna Maya dipilih karena Luna Maya tidak kuat melewati tanjakan tersebut, sehingga membuatnya harus menuntun sepedanya. Sejak saat itulah tanjakan yang tepat berada di desa Podorejo, Semarang ini mulai dikenal para penggowes atau penggemar olahraga sepeda dengan sebutan Tanjakan Luna Maya. Sepertinya asik ya, SoHip.

2. Jalur Luna Maya di Kulonprogo, Yogyakarta

Jalur Luna Maya

Jalur Luna Maya di Kulonprogo, Yogyakarta | Credit: Instagram (@lunamaya)

Advertisement

Selanjutnya wisata sport tourism yang menggunakan nama artis sebagai daya tariknya adalah Jalur Luna Maya. Berlokasi di Kapanewon, Nanggulan, Kulonprogo, Yogyakarta, jalur ini mulai dikenal dengan nama Jalur Luna Maya dikarenakan pada saat Luna Maya menjajal trek di daerah Nanggulan pada tahun 2020. Jalanan aspal yang mulus bersanding dengan saluran irigasi sawah yang sangat indah menjadi salah satu daya tarik dari trek bernama Jalur Luna Maya tersebut.

Pemandangan sawah yang indah, udara di Jalur Luna Maya juga masih sangat segar dan bersih menjadi salah satu andalan para pesepeda karena keindahan alam yang ditawarkan. Tak hanya itu, SoHip juga bisa mencicipi spot-spot kuliner yang berderet rapi di sekitar Jalur Luna Maya tersebut. Jika merasa kelelahan gowes, bisa istirahat sekaligus wisata kuliner deh.

3. Batu Kaka Slank di Halmahera Barat

Batu Kaka

Kaka Slank sedang melakukan diving | Credit: Instagram (@fishgod)

Menjadi salah satu spot diving terbaik di Indonesia, wisata sport tourism yang menggunakan nama artis Indonesia selanjutnya adalah Batu Kaka di Halmahera Barat. Pemilihan nama Batu Kaka itu sendiri didasari dari hobi vokalis Slank yang kerap menyelam di lokasi tersebut. Nah, unik lagi, Kaka merupakan orang luar Halmahera pertama yang menyelam di spot ini.

Saat pertama kali menyelam di sini Kaka langsung terpukau dengan keindahan alam bawah lautnya. Sehingga, ia merasa ketagihan menyelam di spot ini. Nama Batu Kaka diberikan langsung oleh Bupati Halmahera Barat. Sambil berolahraga menyelam SoHip juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang ada deh. Keren banget yah.

4. Mata Nadine di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Nadine

Nadine Chandrawinata saat menyelam | Credit: Instagram (@nadinelist)

Wisata sport tourism selanjutnya yang menggunakan nama artis Indonesia adalah Mata Nadine. Mata Nadine menjadi nama dari salah satu spot diving favorit yang ada di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara. Nama spot diving ini diberikan langsung oleh Nadine Chandrawinata yang pernah menjadi Puteri Indonesia tahun 2005.

Nama ini dipilih dikarenakan kegiatan menyelam membutuhkan mata yang jeli untuk menikmati keindahan bawah lautnya. Termasuk salah satunya melihat langsung para siput laut (Nudibranch) yang tinggal di spot selam Mata Nadine di Kepulauan Sangihe ini. Wah, jadi nggak sabar pengen olahraga sekaligus cuci mata di sana deh.

5. Ruang Nadine di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara

Nadine Chandrawianta menyelam diantara kerumbu karang | Credit: Instagram (@nadinelist)

Selain Mata Nadine, Wisata sport tourism selanjutnya yang menggunakan nama artis Indonesia yaitu Nadine Chandrawinata adalah Ruang Nadine. Spot diving yang juga berada di Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara iniĀ  langsung dinamai oleh Nadine Chandrawinata, yaitu Ruang Nadine.

Ternyata nama Ruang Nadine diampil karena terinspirasi dari kamar Nadine yang berantakan. Meskipun berantakan, namun Ruang Nadine memiliki tumpukan terumbu karang yang sangat indah. Nadine sendiri mengakui jika ia sangat menyukai keindahan alam yang berada di Ruang Nadine ini, sehingga membuatnya berulang kali kembali melakukan diving ke sana.

6. Lincah Nadine di Boalemo, Gorontalo

Nadien

Nadine Chandrawinata menyelam ditemani ikan-ikan yang cantik | Credit: Instagram (@nadinelist)

Wisata sport tourism terakhir yang menggunakan nama artis sebagai daya tariknya adalah Lincah Nadine. Spot diving yang berlokasi di Boalema, Gorontalo ini diberi nama oleh aktris cantik Nadine Chandrawinata. Pemberian nama Lincah Nadine dipilih karena terinspirasi dari sifat Nadine Chandrawinata yang aktif dan lincah.

Nadine yang memang dikenal hobi melakukan olahraga diving, sangat lincah saat berenang dan berkeliling di bawah laut. Lokasi menyelam di Boalemo ini memang terkenal memiliki keindahan bawah laut yang indah sehingga membuat mata dan hati selalu penasaran ingin terus menjelajahi setiap sisinya.

Nah, itulah sederet sport tourism yang menggunakan nama artis sebagai daya tariknya. Namun, nggak cuma namanya saja, tempat-tempat tersebut juga memiliki daya tarik dari keindahan alamnya. Apakah kamu tertarik mengunjungi salah satunya dan membuktikan keindahan alamnya sendiri, SoHip?

Apakah kamu tertarik untuk mengikuti jalan-jalan lewat virtual tour selama masa new normal ini? Kasih tahu pendapatmu di sini

Advertisement

Tim Dalam Artikel Ini

Editor

Penikmat buku dan perjalanan

CLOSE