Salah satu hal yang paling bikin kamu bahagia ketika diminta menjadi pagar ayu atau bridesmaid adalah kembaran seragam sama teman-teman lain. Kamu dan teman-temanmu jadi merasa lebih spesial, berasa main dandan-dandanan sama teman yang membersamai sepanjang perjalanan.

Tapi sering nggak sih bingung ketika menerima bahan dari teman? Terutama buatmu yang sudah mantap memutuskan untuk berhijab.

“Gimana nih ya? Harus dibikin apa? Kalau kebaya takut ketat dan nggak syar’i. Kalau gaun, bingung mau dibikin apa..”

Demi menjawab pertanyaan sepanjang masa ini Hipwee Wedding mau ngasih tahu kamu beberapa inspirasi seragam bridesmaid atau pagar ayu yang sopan untuk kalian yang berhijab. Silahkan membaca!

1. Desain kebaya kutubaru memang terkesan umum dan tradisional, tapi mereka tak pernah mengecewakan

kutubaru cantik via www.instagram.com

Advertisement

Siapa sih yang tidak terlihat cantik di pakaian tradisional Jawa yang satu ini? Kebaya kutubaru dapat menjadi pilihan pertama ketika kamu kebingungan harus menjahit kain bahanmu menjadi apa. Selain bentuknya yang pastinya familiar diantara penjahit-penjahit lokal, kebaya kutubaru merupakan jenis pakaian yang cocok dipakai untuk jenis tubuh apapun!

2. Kebaya kutubaru panjang bisa menjadi alternatif bagi mereka yang ingin menutupi bagian pinggul!

kutubaru panjang juga cantik! via www.instagram.com

Kebanyakan kebaya kutubaru memang selalu memiliki desain hem yang berhenti di bagian pinggang. Untuk kalian yang memiliki pinggul atau paha besar, memakai kutubaru pun jadi sedikit kurang nyaman. Kesannya ke mana-mana giti.

Padahal, kamu sebenarnya bisa menggunakan kebaya kutubaru dengan desain akhiran baju lebih panjang sehingga hemnya jatuh di bagian atas lutut. digabungkan dengan batik, kamu pun bisa terlihat cantik nan sopan di hari pernikahan temanmu.

3. Padukan gamis plus aksesoris lace dengan jilbab syar’i. Adem lihatnya di hati

terlihat sopan via www.kapanlagi.com

Buat kamu yang sudah memutuskan untuk berhijab secara syar’i, membuat pakaian untuk menjadi pagar ayu memang bisa menjadi tantangan tersendiri. Padahal, kamu pun tetap bisa tampil cantik dan syar’i apabila kamu tahu mendesain baju yang pas. Gunakan desain hijab yang menutup bagian dada seperti diatas dan tambahkan dengan gaun longgar yang menyamarkan lekuk tubuhmu! Warna-warna cerah seperti pink dan hijau mint di atas bisa menjadi padanan warna yang segar dan harmonis.

4. Agar tetap kawaii dan cute namun tetap sopan, coba desain baju bridesmaidmu dengan model kimono seperti dibawah ini!

kawaii nggak sih? via www.instagram.com

Gaun bridesmaid atau pagar ayu jaman sekarang memang sudah banyak yang dimodifikasi, tak melulu kebaya ataupun gaun biasa saja. Kamu pun bisa mendesain sebuah kimono sebagai pakaian bridesmaid sepert pada gambar diatas. Selain unik, pakaian bridesmaid yang satu ini terlihat sangat modern dan stylish apalagi digabungkan dengan batiknya yang juga tak kalah memukau!

5. Gaun dengan model princess memang paling cocok untuk kain berbahan sutera halus atau tulle! Jadi nggak kalah cantik sama pengantin wanitanya!

cantiknya via www.dhgate.com

Untuk kamu yang dikasih kain berbahan dasar sutera halus atau kain chiffon, kamu bisa menciptakan sebuah gaun menawan dengan model princess seperti di atas. Dengan gaun yang menyentuh lantai dan lengan tangan yang menutup seluruh tangan, kamu tak perlu khawatir akan kesopananmu!

6. Kaftan yang simpel dan tak banyak dekorasi bisa menjadi alternatif gaun bridesmaid pilihan untuk kamu yang lebih suka tampil kalem!

kaftan cantik! via www.instagram.com

Mungkin kamu tidak terlalu suka hal-hal yang terlampau meriah di gaunmu seperti sulaman-sulaman, renda, dan sebagainya. Kalau begitu, kaftan yang polos dan berwarna kalem bisa menjadi pilihan yang pas untuk seragam bridesmaidmu. Kamu pun juga akan memberikan spotlight atau perhatian lebih kepada si pengantin wanita, karena memang hari itu adalah harinya! Gaun kaftan yang memang longgar dan menutup semua aurat sangat cocok untuk kamu yang suka tampil sopan!

7. Cantiknya gaun polos dengan sulaman renda putih. Kamu merasa spesial dan cantik meskipun hanya bersanding di samping si pengantin wanita!

atau yang ini? via www.instagram.com

Untuk kamu yang ingin gaun yang tidak terlalu polos namun tidak terlalu ramai, model gaun diatas bisa menjadi contoh yang pas. Gaun polos krem yang satu ini terlihat cantik dengan hiasan renda putih yang tersulam diatasnya.

8. Tampil cantik nan anggun dengan gaun model duyung sebagai gaun bridesmaid yang tetap menutup aurat!

mermaid via www.instagram.com

Gaun dengan bentuk duyung memang menjadi andalan bagi hampir semua wanita dengan berbagai macam bentuk tubuh. Gaun duyung dapat menutupi dan menonjolkan bagian-bagian tubuhmu secara pas dan tidak berlebih. Kamu pun siap menjadi pagar ayu terbaik di acara pernikahan tersebut!

9. Atasan gaun model peplum yang dipadukan dengan bawahan batik terlihat anggun pada semua jenis wanita! Sopan pula!

peplum cantik! via www.instagram.com

Baju model peplum adalah model baju yang memiliki desain semacam rok mini di bagian pinggul. Mode baju peplum yang satu ini nggak cuma imut, tapi pas banget untuk menyamarkan pinggang yang besar maupun menambah volume bagi mereka yang tak punya pinggul! Modelnya pun sangat sopan, jadi kamu tak perlu ragu memakainya dengan hijab!

10. Pakai gaun model A-line untuk gaun bridesmaid yang terkesan megah namun tetap tertutup dari atas sampai bawah!

sopan nan elegan! via www.instagram.com

Nggak ada model baju yang lebih oke lagi buat kamu wanita berhijab daripada gaun model A-line. Gaun yang megar tersebut terlihat anggun, tertutup, dan juga menyembunyikan hal-hal yang tidak ingin kamu tonjolkan dari tubuh.

Gimana nih, girls? Untuk kamu yang memakai hijab, kesopanan memang pasti menjadi yang paling utama ketika mendesain baju. Meskipun begitu, kamu tak perlu mengkompromikan gaya pribadimu dengan nilai-nilai kesopanan Islam kok. Dengan inspirasi gaun diatas, semoga sekarang kamu nggak perlu bingung lagi terkait dengan desain model baju bridesmaid yang kamu inginkan! Selamat mencoba!