Buat kamu yang berencana menikah akhir tahun 2018, mungkin masih ada beberapa bulan kesempatan untuk menentukan tema makeup dan busana pernikahan yang kelak kamu helat. Sudahkah mempunyai pilihan? Atau masih bingung menentukan keputusan?

Pada dasarnya ada ratusan jenis gaya makeup dan busana pengantin asal Indonesia berdasarkan wilayah masing-masing. Namun, secara garis besar dapat dibagi menjadi 6 jenis gaya makeup & busana pengantin saja lo. Hipwee menyusun daftar ini berdasarkan tren yang sedang naik dan kerap digunakan di pengantin Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir. So, simak baik-baik, inilah 6 gaya makeup dan busana pengantin yang banyak diterapkan di Indonesia.

Gaya makeup dan busana tradisional tidak akan pernah lekang dimakan zaman. Mau nikah di tahun 1937 atau 2025 juga sama-sama klasiknya

Tata rias pengantin Solo Putri

Advertisement

Tata rias pengantin (TRP) tradisional memang tidak akan pernah mati. Di zaman manapun tetap saja ada orang-orang yang berusaha menguri-uri budaya dan melestarikan gaya pengantin yang sudah dipakemkan ini. Oh iya, tahukah kamu, Indonesia punya lebih dari 150 macam adat pengantin dari Sabang sampai Merauke. Sebagian di antaranya sudah dipakemkan dan diresmikan oleh pemerintah lo. Kalau kamu ingin menggunakan TRP tradisional, tinggal disesuaikan dengan asal daerahmu atau suamimu ya.

Berciri gaun panjang warna putih, TRP bridal modern juga banyak diterapkan. Terutama oleh mereka yang ogah ribet

seperti di nikahan Tasya Kamila

Awalnya mengadopsi dari budaya barat, kini TRP gaun panjang bridal modern telah lazim diterapkan di Indonesia. Ciri-cirinya adalah menggunakan gaun putih panjang dengan tatan rambut modern sambil memegang bunga. Minusnya keribetan menjadi nilai positif dari tema ini. Sebab, tidak banyak ritual yang dijalani seperti laiknya pernikahan tradisional yang punya banyak tatanan dan aturan. FYI, model gaya bridal ini kerap diterapkan pada mereka yang punya keturunan multikultural, alias tidak tahu dari mana persisnya mereka berasal. Jadi, supaya lebih aman, pakai gaya barat saja lah.

Mengadaptasi tema bridal, gaya hijab modern mampu memfasilitasi muslimah berhijab yang menginginkan sentuhan kekinian di pernikahannya

sentuhan kekinian

Gaya hijab modern menjamur seiring dengan tren hijab yang ada di negeri ini. Para muslimah yang menginginkan gaya busana tertutup juga semakin banyak, sehingga tradisi hijab ini semakin banyak dan menyesuaikan perkembangan zaman. Adanya pengaruh Timur Tengah, Melayu, dan Nusantara membuat hijab wedding di Indonesia menjadi lain dari yang lain. Lihat saja, banyak yang menggabungkan bunga melati dengan hijab sehingga menjadi style wedding baru yang kini lazim diterima di masyarakat.

Alternatif bagi yang ingin memakai adat sekaligus berhijab, adalah gaya tradisional berhijab. Seperti Sunda Siger hijab di bawah ini

Sunda Siger hijab

Advertisement

Memfasilitasi para muslimah yang ingin tetap berhijab sembari melestarikan budaya, kini juga makin banyak gaya riasan tradisional berhijab. Cari saja di Instagram: paes hijab, Sunda Siger Hijab, pasti sudah banyak MUA yang menyediakan jasa makeup tradisional berhijab. Tidak perlu bingung lagi, karena kreatifitas para seniman perias, kini tak susah lagi untuk mengaplikasikan hijab ke dalam riasan tradisionalmu.

Ini juga yang banyak digandrungi para pengantin modern: barbie look. Dengan ciri gaun mengembang dan mahkota yang mewah seperti Tasya Farasya

kurang barbie apa coba?

Bayangkan sebuah pernikahan dilangsungkan di ballroom hotel atau gedung, dengan busana internasional namun dengan ciri mengembang di bagian roknya, dipadu dengan mahkota mewah yang membuatmu tampak seperti barbie. Ya, begitulah kira-kira nuansa barbie look wedding yang sedang mulai naik daun. Agak mirip dengan international wedding, hanya saja barbie look tampak lebih mewah, manja dan menggemaskan.

Tampilannya sederhana, tidak ribet namun penuh makna. Inilah gaya pernikahan hijab syar’i dengan ciri hijabnya menjulur menutup dada

hijab syari

Gaya makeup dan busana ini banyak diterapkan oleh mereka yang ingin berbusana lebih tertutup tanpa membentuk lekuk tubuh. Bentuk dan nuansa pernikahannya disesuaikan dengan nilai-nilai agama Islam. Ciri-ciri yang paling kentara adalah busananya longgar, hijab menutup dada, dan makeup tanpa mencukur alis. Tidak sedikit pula pemangku hajat yang sengaja memisahkan tamu pria dan wanita di dua ruangan berbeda.

Nah, itulah beberapa gaya makeup dan tata busana yang sering diterapkan di Indonesia. Mana yang jadi pilihanmu?

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya