Nggak ada hal yang paling mendebarkan bagi seorang cowok, ketimbang menghadapi waktu detik-detik terakhir jelang ijab qabul. Deg-degannya nunggu giliran disunat mah nggak ada apa-apanya. Ya nggak salah sih banyak cowok yang menjadikan ijab qabul sebagai momen yang sakral dalam hidupnya. Soalnya pasca momen itulah titik terbaru bagi seorang cowok lahir. Bukan soal dirinya sendiri yang harus dipikirkan, tapi kepala lain, dan mungkin calon kepala-kepala lain yang akan lahir.

Ah daripada kelamaan, dan malah bikin kamu nggak sabar. Langsung aja simak yuk tips apa aja yang bisa bikin kita lancar menghadapi akad nikah!

1. Biar badan tetap fit, jangan lupakan olahraga jelang hari sakralmu

Menjelang hari sacral untuk mengucap janji suci, kamu tentunya mesti fit dalam menghadapinya. Jangan biarkan badanmu terlalu banyak diam. Cuma karena bakal jadi raja di acara pernikahan nanti, bukan berarti kamu nggak jaga pola hidup sehatmu dan malah jadi males bergerak.

2. Kalau pengen lancar jaya, mau nggak mau kamu kudu sering latihan

Advertisement

Guys, pemain bola pun nggak bakal jago di lapang kalau nggak banyak latihan. Kamu pun mungkin tahu istilah bisa karena biasa. Naha maka dari itu kamu pun kudu banyak latihan sebelum ucap janji suci. Kamu bisa mempraktikannya di depan teman atau saudara laki-lakimu. Ingat, ya, kalau bisa pilih laki-laki. Karena yang bakal kamu genggam nanti saat pengucapan ijab qabul adalah orang atau wali dari calon istrimu.

3. Datangkanlah tukang pijat supaya tubuhmu merasakan relaks

Kang pijitnya yang cowoklah. via www.perfectimageusk.com

Biasanya satu minggu jelang pengucapan janji suci, degup jantung kamu makin kencang. Sedikit-sedikit ingat hari H. Bawaan jadi deg-degan terus. Nah setelah rutin olahraga, sempatkanlah satu hari jelang hari sakralmu untuk dipijat. Pijat akan membuat badanmu lebih relaks.

 

4. Satu hal lain yang bisa bikin kamu relaks adalah musik. Maka dengarkanlah musik

Banyak banget memang kalau ngomongin hal-hal yang bisa bikin relaks. Salah satunya mendengarkan musik. Nikmatilah musik kesukaanmu beberapa hari sebelum ijab qabul atau mungkin jelang ijabnya sendiri. Kalau bisa lagu-lagu yang bisa bikin kamu tenang dan bersemangat akan kehidupan baru bersama calon istrimu.

 

5. Jangan banyak mikir soal mitos ijab qabul. Malah keganggu pikiranmu

Bingun sendiri kan tuh via simpeltube.com

Sebagai orang yang hidup bersosial dengan manusia-manusia lainnya, keberadaan mitos pasti akan selalu ada di sekitarmu. Demi kelancaran proses dan nggak gagap waktu ijab qabul, kamu mending buat rasa percayamu terhadap mitos-mitos negatif tersebut hilang. Ngapain coba mikirin mitos yang nggak masuk akal. Hal tersebut malah bisa mendistraksi pikiran kamu dan pada akhirnya kelancaran dalam mengucap ijab qabul pun bisa terganggu.

6. Tanamkan pikiran positif di dalam kepalamu. Kamu cuma ucap satu kalimat doang kok

Positifin aja kali via pexels.com

Ini nih yang paling penting biar kamu bisa lancar dalam ijab qabul. Kamu mungkin bakal merasa grogi parah jelang waktu ijab qabul. Tapi coba tanamkan pikiran positif, “Aku bisa. Ah, cuma satu kalimat doang kok. Nggak banyak.”

 

7. Biar fokusmu tetap terjaga, jangan lupa sarapan sebelum ijab qabul. Jangan biarkan pikiranmu terganggu rasa laparmu

Jangan biarkan perut kosong via 40.media.tumblr.com

Mungkin kamu bakal mikir ini sebagai hal yang sepele. Dan bilang, “Apa sih ini?” Namun, perlu diingat, mengisi perutmu jelang ijab qabul itu penting banget. ‘Kan nggak lucu kalau tiba-tiba perutmu keroncongan pas posisi lagi salaman sama wali istrimu? Iya ‘kan? Pentingnya, sarapan juga bisa bikin fokusmu terjaga. Mendingan pas makan mikirin ijab qabul, daripada pas ijab qabul mikirin makan. Hehehe

8. Ah ini nggak kalah penting. Ijab qabul ternyata nggak harus diucap dalam satu tarikan nafas kok

Tenang, kan udah latian via images.weddingku.com

Banyak orang berpikiran kalau ijab qabul harus diucap dalam satu tarikan nafas. Tapi ternyata, pendapat tersebut keliru. Kamu bisa kok mengucap janji tersebut dengan dua atau lebih tarikan nafas.

Dalam sebuah laman Majalah Sakinah, ijab dan qabul antara wali dan calon mempelai pria harus jelas beruntun dan tidak berselang waktu. Nah inilah yang dimaksud dalam syarat ijab qabul. Yang sesuai dengan syariat adalah yang bersambung dalam satu majelis dan tidak ada jeda panjang yang menunjukkan ketidaksetujuan salah satu pihak yang terkait.

9. Terakhir, satu hal yang jangan pernah kamu lupakan adalah berdoa

Ozil aja berdoa dulu sebelum ‘bertarung’ via static.standard.co.uk

Kamu nggak mau dong kalau acara yang mungkin satu kali dalam seumur hidupmu nggak berjalan lancar. Setelah banyak berusaha untuk kemaksimalan acara, jangan lupa berdoa kepada yang Maha Kuasa. Memohonlah untuk diberikan kelancaran.

Kalau kamu masih ingat doa sebelum belajar di jaman sekolah agama dulu, kamu pasti bakal ingat doa yang berbunyi, “Robbisyrohli shodri, wayassirli amri, wahlul uqdatam mil lisani, yafqohu qouli”.

Artinya dalem banget buat merepresentasi keinginanmu.

“Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku, dan lepaskanlah kekakuan dari lidahku, supaya mereka mengerti perkataanku.”

 

Nah itukah tips-tips yang bisa membantumu nggak gagap waktu ijab qabul. Semoga kita semua diberi kelancaran ya buat urusan itu. Selamat mencoba dan mengaplikasikan yak!