Kesakralan menikah terletak pada janji setia menjalani bahtera rumah tangga yang diucapkan di hadapan Tuhan. Saat itu, kamu tak hanya meyakinkan hatimu dan semua saksi untuk sehidup semati dengan dia. Tapi juga memperlihatkan kesungguhan dalam mengemban tanggungjawab perihal menafkahkan keluarga kecilmu, lewat mas kawin yang kamu berikan ke mempelai wanita.

Mas kawin atau mahar sebagai syarat mutlak dalam pernikahan harus diberi dengan penuh kerelaan, dalam artian tak memberatkan. Karena itu, mas kawin tak selalu materi atau benda berharga yang tinggi nilainya. Apapun itu yang penting halal dan penuh dengan manfaat.

Paling umum mas kawin untuk pernikahan itu seperangkat alat sholat beserta uang tunainya. Namun, jika kamu ingin pernikahanmu lebih berkesan dengan mas kawin yang terus terkenang. Kamu bisa loh memberikan sesuatu yang berbeda seperti beberapa ide yang Hipwee siapkan ini. Mau tahu apa saja maharnya? Yuk disimak!

1. Punya bakat atau hobi menulis? Coba deh jadikan novel atau kumpulan cerpen karyamu sebagai mas kawin.

mas kawin buku karyamu via dediputraspd.blogspot.co.id

Mas kawin tak lain dari bagian harta yang kini kamu miliki. Sebab itu, bentuknya bisa apa saja. Semisal kamu punya bakat dan hobi menulis, atau mungkin kamu sedang meniti karir sebagai pujangga. Memberi mas kawin mempelai wanitamu dengan salah satu karya yang kamu tulis sendiri. Bisa novel, antologi cerpen atau puisi, meski karya itu masih dalam bentuk draft sekalipun. Setidaknya calon istrimu tahu, kelak tulisan-tulisan itu yang akan menjadi salah satu sumber nafkahnya.

Advertisement

Asal kamu tahu juga, Bapak Mohammad Hatta pun mempersembahkan bukunya yang berjudul Alam Pikiran Yunani sebagai mas kawin untuk menikahi Rahmi Rachim. Lalu penulis sekaligus pujangga Daeng Khrisna Pabichara di tahun 2004 menjadikan draft kumpulan puisi Di Matamu Tak Ada Luka sebagai mas kawin. Sedangkan yang paling fenomenal, buku Ayat-Ayat Cinta karya Habiburrahman El Shirazy yang ternyata mas kawin mepersunting Muyasaratun Sa’idah. Wah, berarti sekarang giliran kamu ya. 🙂

2. Memberi mas kawin seperangkat alat untuk hobi istrimu, sebagai tanda dukungamu untuk segala kegiatannya itu.

Seperangkat alat merajut, tinggal dihias agar lebih cantik via www.instagram.com

Karena seperangkat alat sholat mainstream sekali, bagaimana kalau mas kawin untu mempelai wanitamu diganti dengan seperangkat alat untuk hobi istrimu? Setidaknya mas kawinmu sebagai tanda kamu mendukung hobi yang selama ini ditekuninya. Siapa tahu hobinya ini kelak semakin berkembang seiring masa depan kalian berjalan.

Seperangkat alat untuk hobimu pun bukan mahar yang sulit. Misal jika calon istrimu seorang perajut, kamu bisa memberinya setumpuk benang rajut beserta alat-alat rajutnya. Mungkin dia suka fotografi, kamu bisa menjadikan kamera yang selama ini dia inginkan sebagai mas kawin. Selain bermanfaat, sudah pasti calon istrimu akan senang dan merasa sangat dihargai olehmu.

3. Seperangkat alat masak nggak hanya jadi penyemangat istrimu untuk memasak. Tapi juga mengingatkan kamu dengan tanggungjawab untuk memenuhi dapur rumah tanggamu kelak.

Seperangkat alat masak untuk mas kawin, tinggal dihias dikit juga cantik

Membuat calon istrimu lebih bersemangat untuk belajar memasak dengan mas kawin seperangkat alat masak. Dijamin nanti setelah berumah tangga dia akan selalu ingat tugasnya. Begitu pun kamu, seperangkat alat masak ini kelak menjadi pengingat kamu akan tanggungjawab sebagai suami untuk memenuhi dapur rumah tanggamu kelak. Senangkan jadinya kamu, dimasakin dia setiap hari. 🙂

4. Memberi mas kawin buku rekening tabungan, kamu dan dia bisa lebih semangat untuk mengumpulkan uang dari sekarang demi kebutuhan anak-anak kalian di masa depan.

Mas kawin buku rekening tabungan via www.infoperbankan.com

Alih-alih memberi mas kawin uang tunai, kamu justru menjadikan uang itu sebagai deposit tabungan kalian bersama. Mas kawin yang kamu berikan pun akhirnya berupa buku tabungan. Mas kawin ini sebenarnya juga penyemangat untuk kalian mengumpulkan uang dari sekarang, demi kebutuhan anak-anak kalian di masa depan. Sebab, di masa depan nanti kebutuhan kalian akan semakin berlipat dan berlipat. Bukan hanya biaya untuk mengisi dapur rumah tangga, tapi juga biaya sekolah dan perawatan ini itu yang seringnya tak terduga.

5. Uang mas kawin juga bisa dalam bentuk pajangan, demi kisah kalian yang terus terkenang

mas kawin pajangan via maharpernikahan.co.id

Membuat mas kawin uang tunaimu lebih unik, kamu bisa menyulapnya sebagai pajangan. Uang yang digunakan bisa kertas, bisa juga koin. Toh sekarang ini jasa pembuatan pajangan uang untuk mas kawin sudah banyak sekali. Kamu bisa membuat pajangan uang koin berupa sketsa kamu dan pasanganmu. Bukankah mas kawin dalam bentuk pajangan ini bisa membuat kisah kalian terus terkenang. Kelak mas kawin ini pun masih bisa kamu tunjukkan ke cucu dan buyutmu, sebagai bekal cerita untuk mereka.

6. Nggak hanya dalam bentuk materi, mas kawin hafalan surah menjadi bukti jika kamu bisa menjadi calon imam yang baik untuk keluarga kecilmu ini.

mas kawin hafalan al-quran dijamin bisa merinding via dodiaul4ever.blogspot.co.id

Semua orang pasti sepakat, menikah adalah kesiapan mental dan pribadi, setelahnya baru urusan materi. Jika kamu tetap ingin memberikan mas kawin seperangkat alat sholat, nggak ada salahnya ditambahkan lagi dengan hafalan surah-surah yang ada di dalam alam Al Quran. Apa yang kamu lakukan ini, setidaknya bukti kamu sudah mampu menjadi imam yang baik untuk keluarga kecilmu ini. Dengan harapan, keluargamu kelak akan diberkahi.

Sebenarnya apapun bentuk mas kawin yang kamu berikan bukan penentu mutlak kebahagiaan kalian di masa depan. Tapi, tak ada salahnya juga membuat mas kawinmu lebih berkesan dan terkenang dengan hal-hal yang tak umum. Terpenting, semoga kalian bahagia selamanya ya. 🙂