Hari pernikahan menjadi hari bahagia yang paling dinanti-nanti oleh banyak pasangan. Ya, bagaimana tidak, hari itu menjadi hari yang spesial di mana kalian akan resmi menjadi pasangan suami dan istri. Berangkat dari alasan itulah maka tidak heran jika banyak pasangan yang menghabiskan banyak waktu untuk mempersiapkan segala sesuatunya demi satu hari yang sempurna.

Konon persiapan pernikahan itu bisa bikin gila. Setahun mempersiapkan juga nggak bisa kelar semuanya. Hmm…padahal nggak selamanya pesiapan pernikahan harus menghabiskan banyak waktumu.

Advertisement

Dalam waktu kurang dari 6 bulan atau kurang lebih selama 4 bulan saja kamu juga sebenarnya bisa membuatnya jadi sempurna.

Dan… Kali ini Hipwee pun hadir untuk membantu kamu menyiapkan pernikahan dalam waktu yang singkat. Yap, ini yang harus kamu lakukan agar dalam 4 bulan saja persiapan pernikahanmu bisa terlaksana.

1. Minggu pertama di bulan pertama cobalah mematangkan rencana dan menentukan tanggal. Diikuti dengan membicarakan konsep serta mulai mencari vendor

tanggal berapa, ya?

tanggal berapa, ya? via staciebridal.com

Mulailah dengan mematangkan rencana pernikahanmu dan dia. Jika kalian sudah sama-sama yakin, tak salah jika melanjutkannya dengan menentukan tanggal pernikahan yang terbaik bagi kalian. Untuk yang satu ini, boleh lho kalian melibatkan keluarga untuk ikut urun pendapat.

Advertisement

Jika tanggal sudah didapat, mulailah merancang konsep pernikahan yang kalian inginkan. Demi membantu dan memperlancar segala persiapan, mulailah untuk mencari-cari vendor terbaik yang bisa meringankan tugas kalian berdua. Jangan terburu-buru, panik, dan sampai salah memilih ya.

2. Mengurus surat menyurat untuk proses pernikahanmu harus segera kalian lakukan. Jangan lupa juga mencari cincin pernikahanmu, ya.

surat dan cincin.

surat dan cincin. via picssr.com

Mengurus surat menyurat untuk pernikahanmu rasanya menjadi hal yang harus langsung kamu lakukan setelah mendapatkan tanggal bahagiamu bersama dia. Lantaran banyak prosedur yang harus kamu siapkan, maka dari itu jangan sampai telat dan menganggap mudah untuk mengurus surat menyurat itu ya.

Selain itu, kamu juga perlu untuk mencari-cari cincin pernikahanmu sebagai tanda cinta di antara kalian. Nyatanya, mencari cincin pernikahan bukan hal yang mudah, lho. Jadi siapkanlah dari bulan pertama ya. Pilihlah cincin yang sesuai dengan keinginan kalian berdua.

3. Pada minggu berikutnya cobalah untuk mulai mencari lokasi. Sambil mulai menyiapkan souvenir yang kamu butuhkan.

lokasi pernikahan dan souvenir.

lokasi pernikahan dan souvenir. via www.washingtonian.com

Kalau konsep pernikahan sudah di kantong, mulailah untuk mencari lokasi yang sesuai dengan konsep yang kalian inginkan demi tercapainya pesta pernikahan idaman kalian. Untuk mencari lokasi, kamu dan dia juga perlu memperhatikan budget yang ada ya.

Selain itu, mulai juga untuk mempersiapkan souvenir yang akan kalian bagikan untuk tamu undangan. Memilih souvenir rasanya menjadi salah satu hal yang paling mudah untuk pertama kali dilakukan karena itu tak banyak berpengaruh pada kebutuhan lainnya.

4. Saat kamu sudah mendapatkan gambaran tentang lokasi pernikahan, cobalah mulai memilih pakaian pengantin yang pas dan sreg di badan

pakaian pengantin.

pakaian pengantin. via www.essensedesigns.com

Memilih pakaian pengantin juga harus banget kamu lakukan di bulan awal setelah kamu mendapatkan lokasi pernikahan yang sesuai. Lantaran akan memakan waktu yang cukup lama, cobalah untuk memilih pakaian pengantin yang simpel dan tentunya sesuai dengan lokasi serta konsep yang kalian inginkan. Ingatlah jika meskipun baju yang dikenakan simpel, kamu akan tetap menjadi raja dan ratu sehari yang paling keren.

5. Tanggal dan lokasi sudah di tangan. Saatnya berburu catering dan undangan

undangan~

undangan~ via www.bisnisborneo.com

Ketika sudah mendapatkan lokasi pernikahan yang sesuai dengan keinginan kalian berdua, mulailah untuk mendesain dan mencetak undangan, ya. Diikuti dengan memilih-milih catering apa yang nantinya akan kalian sajikan di meja makan untuk para tamu undangan. Kedua hal ini pun perlu banget disesuaikan dengan budget yang kalian punya agar pengeluaran kamu nantinya tidak membengkak.

6. Mendekati hari H tenntukan perias pengantin yang akan kamu gunakan jasanya. Dokumentasi dan pengiring musik di acaramu juga jangan lupa

perias pengantin~

perias pengantin~ via www.hamsolaras.com

Perias pengantin pastinya akan kamu butuhkan demi tampilan sempurna di hari bahagia, kan. Untuk itu mulailah mencari-cari perias pengantin yang akan kamu gunakan jasanya di bulan kedua. Selain itu, jangan lupa siapkan pengisi musik untuk memeriahkan acaramu, agar di pesta pernikahanmu nanti tidak sepi.

7. Di bulan ketiga, pastikan prosesi lamaran sudah terlaksana. Jangan lupa untuk siapkan seserahan, ya.

lamaran :)

lamaran 🙂 via www.weddingku.com

Bulan ketiga menjadi saat yang tepat bagi kalian untuk melangsungkan prosesi lamaran. Ya, pertemuan antarkeluarga ini bisa menjadi sebuah awal yang baik di antara kalian. Selain mempererat hubungan yang ada, lamaran juga akan menjadi awal keseriusan yang lebih lagi. Jangan lupa untuk meminta bantuan keluargamu untuk mempersiapkan segala seserahan yang dibutuhkan, ya.

8. Di bulan keempat harusnya kamu sudah tidak pusing dengan berbagai persiapan. Tinggal tenang dan menata perasaan

Pada bulan terakhir, kamu dan dia tinggal sama-sama mengecek list, jangan sampai ada yang kurang. Selain itu, kamu juga perlu memastikan semua persiapanmu dan dia yang sudah dipesan sebelumnya tidak memiliki hambatan yang berarti.

Selain itu, di bulan terakhir ini kamu juga perlu mempersiapkan mental dan kembali memantaskan diri untuk status baru yang akan segera kamu sandang. Jadi, tidak ada salahnya jika pada waktu ini kamu banyak merenung dan mengintrospeksi diri agar kamu bisa menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Itulah hal-hal yang perlu kamu persiapkan dalam waktu 4 bulan saja demi menuju hari bahagiamu bersama dia. Untuk yang satu ini, jangan pernah sungkan buat meminta bantuan dari saudara-saudaramu, tak salah kalau kamu menjadikan mereka sebagai panitia. Dengan hal itu, hubungan persaudaraan yang ada pasti akan jauh lebih erat. Selamat mempersiapkan, ya. 🙂

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya