Menyusui adalah hak setiap anak. Selama 2 tahun, anak berhak mendapatkan yang namanya Air Susu Ibu. Maka dari itu, para ibu akan melakukan banyak hal untuk memberikan yang terbaik kepada anaknya. Mulai dari rela begadang untuk menyusui tengah malam, sampai rutin untuk memompa ASI bagi yang harus meninggalkan anak untuk bekerja.

Saat bepergian atau mengajak anak ke suatu tempat, sebagai ibu, mereka pun nggak akan tahu kapan si anak akan meminta jatah susunya. Kondisi ini membuat ibu harus siap kapanpun si anak ingin menyusu. Idealnya, semua tempat memiliki ruang laktasi atau ruang untuk menyusui, baik di kantor, rumah sakit, atau mall sekalipun. Tapi, belum banyak tempat umum yang menyediakan fasilitas tersebut. Kalaupun sudah, lokasi si ibu berada dengan ruang laktasi tak bisa dijangkau dengan waktu cepat, padahal si anak sudah keburu rewel atau si ibu memang sedang melakukan aktivitas yang tak bisa ditinggalkan.

Advertisement

Nah, dari sinilah muncul pro dan kontra tentang menyusui di tempat umum. Baik di luar negeri maupun di Indonesia sendiri, banyak orang yang beranggapan kalau menyusui di tempat umum itu sangat mengganggu. Sedangkan para ibu mengklaim bahwa kegiatan menyusui justru untuk memberi asupan kepada anak sendiri. Apakah itu salah?

1. Seperti kata selebgram hijab Zahratul Jannah yang mengatakan bahwa jaman sekarang, proses menyusui menjadi lebih mudah dengan adanya nursing cover

2. Kalau lagi ngobrol seru sama teman di cafe, tapi anak juga minta menyusui, nggak perlu repot lagi karena adanya nursing cover ini. Membantu banget, ‘kan?

Menyusui di cafe

Menyusui di cafe via rumpibayi.com

3. Mobil juga jadi tempat aman buat menyusui. Gambaran ini sebagai ilustrasi saja. Kalau kamu mengalaminya sendiri, sebaiknya kaca mobil ditutup ya!

Menyusui di mobil

Menyusui di mobil via lifestyle.liputan6.com

4. Mungkin nggak ada ruang laktasi dan si anak sudah kelaparan sehingga mau nggak mau ibu harus siap menyusui di manapun. Seperti ibu satu ini contohnya. Buat anak, apapun dilakukan deh!

Menyusui di toko

Menyusui di toko via budikazmat.blogspot.co.id

5. Banyak juga yang ingin menghindari ruang publik untuk menyusui, alhasil toilet jadi pilihan. Biasanya kasus ini ditemukan di tempat yang nggak ada ruang laktasinya

saking nggak adanya tempat, toilet jd pilihan

saking nggak adanya tempat, toilet jd pilihan via budikazmat.blogspot.co.id

6. Meski sedang jalan-jalan di pinggiran kota, aktifitas menyusui tak lagi jadi halangan. Asal, nursing cover nggak ketinggalan ya!

Menyusui di jalanan terbuka

Menyusui di jalanan terbuka via budikazmat.blogspot.co.id

7. Tiongkok mempunyai bis yang menyediakan pojok laktasi. Tentunya ini sangat membantu penumpang yang ingin menyusui bayinya di perjalanan

Pojok menyusui di bus

Pojok menyusui di bus via citizen6.liputan6.com

8. Scarf model ini bisa juga kamu pakai sebagai nursing cover, lho! Jadi stylish juga, ‘kan?

stylish nursing cover

stylish nursing cover via www.pinterest.com

9. Video percakapan ibu-ibu dengan Bahasa Spanyol ini menjadi viral. Si ibu yang berdiri menegur dengan kasar ibu yang menyusui anaknya di depan umum. Kalau pakai nursing cover mungkin nggak akan begini kejadiannya

DImarahin :(

Dimarahin 🙁 via rimanews.com

10. Siapa bilang jadi ibu menyusui nggak bisa gaya? Semua terbantahkan dengan mama muda yang satu ini. Stylenya Bikin gemas!

ibu menyusui tetep keren

ibu menyusui tetep keren via www.pinterest.com

11. Saat sedang dinner di sebuah restoran, ibu ini awalnya tidak menutupi aktifitas menyusuinya, sampai seorang pelayan menyuruhnya menggunakan napkin sebagai nursing cover agar pengunjung lain tak terganggu

Ditutup napkin

Ditutup napkin via www.theguardian.com

12. Kalau lagi di taman terbuka hijau, ruang laktasi bisa dipastikan sulit ditemukan. It’s okay, asal ada nursing cover, menyusui tetap aman

menyusui di taman

menyusui di taman via www.tokopedia.com

13. Ibu yang satu ini menuturkan lewat blognya bahwa menyusui di tempat umum sudah jadi aktifitas yang sering dilakukan apalagi saat travelling bersama bayi. Apa sih yang nggak buat anak?

Menyusui saat travelling

Menyusui saat travelling via backpackology.me

Well, proses menyusui memang sebuah hal yang hanya terjadi selama 2 tahun, masa sih akan dilewatkan begitu saja? Kalau menurutmu banyak artis yang mengumbar keseksian dada mereka lewat gaunnya yang menerawang tapi nggak dapat kecaman, sedangkan banyak ibu menyusui yang mendapat pandangan sinis bahkan teguran saat sedang menyusui di ruangan umum, apa itu adil?

Advertisement

Sebenarnya ngga ada yang salah dengan ibu menyusui di ruang publik asal tidak terlalu vulgar. Apalagi sekarang sudah ada nursing cover dan ruang laktasi yang sangat membantu. Jika tidak, kain, kerudung, topi, scarf atau benda lain bisa juga jadi penutup. Jadi, tak ada lagi judgement kepada ibu menyusui di ruang publik karena bagaimanapun juga mereka sedang melakukan pekerjaannya sebagai ibu.

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya