Andien Aisyah, seorang selebriti dan penyanyi Indonesia punya kabar gembira. Putranya yang pertama telah lahir melalui proses kelahiran di air atau popular dikenal sebagai water birth. Kamu mungkin telah mengenal beberapa proses kelahiran anak manusia. Proses normal dan caesar adalah dua contoh yang umum dilakukan. Namun ternyata ada beberapa proses kelahiran yang berbeda dari kedua proses itu lho. Sebut saja lotus birth, gentle birth, dan water birth.

Water birth adalah proses melahirkan yang dilakukan di air dengan kondisi yang dibuat sedemikian rupa sehingga ideal dan nyaman untuk mengeluarkan bayi.

Nah, kali ini Hipwee Wedding akan bahas secara singkat soal water birth yang dilakukan oleh Andien Aisyah, dilanjutkan dengan video proses kelahiran dengan water birth yang digali dari beberapa sumber.

Nb: sebagian dari video dalam post ini mungkin kurang nyaman dilihat oleh kamu. Siapkan jiwa raga dan lahir batin dulu ya.

Sebetulnya water birth sudah umum dilakukan di Indonesia. Andien Aisyah adalah salah satu ibu hamil yang mempopulerkan kembali metode melahirkan ini

Selamat ya, Andien via www.instagram.com

Advertisement

Adalah Andien, yang kini sedang dibicarakan banyak orang karena proses kelahirannya yang tidak biasa, yakni dengan water birth. Memang sekarang sudah banyak rumah sakit yang memberikan layanan melahirkan di air. Namun tentunya kamu perlu merogoh kocek yang tidak sedikit, dibanding proses melahirkan secara kovensional.

Water birth dianggap punya keunggulan lebih membuat rileks, dan mempermudah kelahiran bayi

proses melahirkan di air

Prosesnya adalah, si Ibu berendam di bak berisi air hangat dan proses melahirkan dilakukan di situ. Kadang, bidan atau suami juga ikut nyemplung di dalamnya untuk menemani si Ibu melahirkan. Konon dengan cara ini bisa membuat Ibu jadi lebih rileks.

Agar lebih paham bagaimana prosesnya, simak video berikut ini yuk.

Inilah video tentang kelahiran water birth. Awalnya memang terlihat si Ibu kesakitan, tetapi setelah bayinya lahir, semua terbayarkan

A video posted by @inspirepregnancy on

Tertutup dengan cairan vernix, inilah wujud bayi manusia ketika pertama kali menyentuh udara

A video posted by @stagesofpregnancy on

Si bayi bertemu untuk pertama kalinya dengan keluarga. Ternyata begini rasa hangatnya

Bukan tak butuh bantuan, tapi ketika melakukan water birth, Ibu bebas untuk ‘menangkap’ bayinya dengan lebih nyaman

Melahirkan memang awalnya sakit, tapi ketika sudah selesai semuanya turut berbahagia, dan rasa sakit itu hilang

Melahirkan di air dianggap bisa membantu Ibu lebih rileks dan mudah dalam melahirkan

A video posted by @stagesofpregnancy on

Jaminan deh, kamu pasti menanti saat-saat seperti ini bersama suamimu kelak

A video posted by @stagesofpregnancy on

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya