Memahami Arti 5 Bahasa Tubuh Pria yang Paling Dasar. Suami Pasti Kerap Lakukan Ini Nih!

Arti bahasa tubuh suami

Dalam kehidupan rumah tangga sering sekali terjadi kesalahpahaman kecil antara suami dan istri. Hal tersebut sangat wajar terjadi karena banyak faktor yang memengaruhi misalnya konsentrasi, kesehatan tubuh dan suasana hati. Sebagai seorang perempuan, istri dan ibu, Moms memiliki perasaan yang lebih peka, sehingga mudah mengungkapkan perasaan. Namun, berbeda dengan Dads. Sebagai pria, suami dan ayah, Dads mungkin selalu ingin terlihat kuat, tegar, dan nggak mau dibilang manja.

Advertisement

Sehingga mungkin saja jika Dads mengalami kesulitan dalam mengungkapkan perasaannya. Jangankan mengakui sedih dan lelah, mengakui butuh perhatian dan kasih sayang saja, kadang Dads kesulitan. Maka bagi seorang pria, bahasa tubuh adalah cara mereka untuk mengungkapkan perasaan pada pasangan. Nah, untuk itu penting buat Moms mengetahui arti bahasa tubuh pria yang mungkin sering Dads lakukan.

1. Kontak mata yang mendamba saat bicara dengan pasangan menandakan hubungan yang intim dan kasih sayang yang sangat tulus

Kontak mata | Photo by Ketut Subianto

Dilansir dari Focus on the Family, seorang pakar bahasa tubuh Barbara Pease mengungkap bahwa tatapan lekat yang mendamba pada pasangan mengandung arti hubungan yang intim dan rasa sayang yang tulus. Jika hal ini nggak bisa dilakukan oleh pasangan, maka bukan berarti pasangan nggak sayang. Menurut Pease, mungkin saja ada masalah dalam pekerjaan atau pertemanan yang mengganggu suasa hatiseseorang, sehingga ia nggak mampu memberikan tatapan yang lekat dan hangan pada pasangan.

Coba perhatikan tatapan mata Dads saat bicara berdua dengan Moms. Jika saat ditatap Moms merasa dicintai dan merasa dipahami, maka jangan ragukan perasaan Dads. Sebaliknya, jika Dads kesulitan untuk menatap mata Moms, segera tanyakan apa yang Dads rasakan. Kadang pria kesulitan menyembunyikan perasaanya yang kacau dan sedih, tapi ia juga kesulitan menceritakannya pada pasangan. Dengan mengetahui bahasa tubuh ini, Moms bisa memahami kondisi perasaan dan suasana hati Dads dengan lebih baik.

Advertisement

2. Senyum yang lepas dan tulus menandakan suasana hati sedang baik, Moms jangan lewatkan kesempatan ini untuk merayu Dads~

Senyum yang tulus | Photo by William via www.pexels.com

Banyak pakar kesejahteraan psikologi yang mengungkapkan bahwa senyum menandakan energi posisti yang terpancar dari seseorang. Nggak heran jika siapa pun dengan suasana hati yang baik pasti mudah tersenyum. Nah, jika Moms merasa Dads mudah tersenyum apa lagi seyumnya terlihat lepas tanpa beban, hampir bisa dipastikan bahwa Dads sedang dalam suasana hati yang baik.

Sebaliknya jika senyumnya terlihat dipaksakan, Moms perlu mode hati-hati untuk mengajak Dads bicara. Biasanya pria lebih memilih menyembunyikan perasaannya dengan bersikap baik-baik saja di depan pasangan. Sehingga ia tetap mencoba tersenyum meski tetap terlihat sangat dipaksakan.

3. Anggukan kepala yang cepat dan berulang saat mendengarkan cerita menandakan bahwa Dads bisa merasakan antusiasme dan bisa memahami keadaan Moms dengan baik

Anggukan kepalasaat mendengar cerita | Photo by Ba Tik via www.pexels.com

Dilansir dari Focus on the Family, seorang psikolog klinis Dr. Craig Malkin Claim mengatakan bahwa ketika seorang pria menaggapi cerita paasangannya dengan anggukan kepala yang cepat dan berulang beberapa kali, berarti ia mampu memahami perasaan dan kondisi pasangannya dengan baik. Bahkan ia bisa merasakan antusiasme kejadian yang diceritakan tersebut. Namun, jika seorang pria hanya merespon dengan anggukan kepala yang lambat dan intesitasnya sedikit, berarti ia mencoba memahami kondisi pasangannya meski kurang antusias dalam mendengarkan.

4. Ketika Dads menyandarkan kepala ke dada Moms, berarti ia sedang membutuhkan tempat yang nyaman dan butuh diperhatikan

Bersandar pada dada | Photo by Ketut Subianto via www.pexels.com

Menyandarkan kepala ke dada biasanya menjadi kode saat Dads ingin bermanja-manja. Tapi, ada arti lain yang harus Moms pahami. Seperti seorang perempuan yang ketakutan atau butuh kekuatan sehingga ingin dipeluk. Sayangnya, mungkin saja pria gengsi untuk minta dikuatkan oleh perempuan. Hal ini mungkin kerap dilakukan oleh Dads saat merasa lelah menjalani pekerjaannya dan butuh tempat yang nyaman. Coba Moms tanyakan suasana hati Dads saat sedang dalam mode manja seperti ini. Barangkali Dads memang sedang butuh dipahami lebih dalam tapi enggan terus terang.

5. Saat Dads memeluk Moms dari belakang, ini berarti Dads sedang dalam kondisi yang baik dan ingin menunjukkan bahwa ia ingin memberikan rasa aman dan nyaman pada keluarga

Memeluk dari belakang | Photo by Ketut Subianto via www.pexels.com

Memeluk dari belakang merupakan salah satu bahasa cinta yang dilakukan oleh pria untuk mengungkapkan kasih sayang pada pasangan. Cara ini juga kerap dilakukan dengan maksud ingin menunjukkan pada pasangan bahwa ia selalu bisa melindungi pasangannya. Jika Dads melakukan hal ini, berarti Dads ingin mengungkapkan betapa Dads ingin melindungi Moms, memberikan rasa nyaman dan aman kepada keluarga.

Nah, itulah bahasa tubuh pria paling dasar yang mungkin sering Dads lakukan. Moms perlu memahaminya dengan baik, sebab Dads sering kali nggak mudah untuk mengungkapkan perasaannya.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Penikmat buku dan perjalanan

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE