Kenalan Sama Infused Oil yang Hits di Kalangan Ibu-Ibu. Beneran Bagus, Kah?

Infused Oil

Di balik kebekenannya, penggunaan infused oil juga perlu memerhatikan beberapa hal. Infused oil sendiri merupakan minyak yang mengandung senyawa beraroma dari tanaman herbal. Infused oil berasal dariĀ  bagian tumbuhan seperti akar, batang, daun, bungan maupun kulit buah. Biasanya, jenis minyak ini juga digunakan untuk mengolah makanan atau biasa dipakai sebagai bahan dasar pembuatan lilin beraroma. Infused oil ini juga bisa didapatkan dengan mudah yaitu dengan meredam tanaman herbal di dalam minyak.

https://www.farmdrop.com/

Advertisement

Pada umumnya, ada dua cara yang digunakan untuk melakukan infused oil, yaitu dengan metode cold infusion (infus dingin) dan heat infusion (infus panas). Untuk yang infus dingin, bahan herbal akan direndam di dalam minyak pada suhu ruangan. Moms bisa menggunakan alat seperti gelas kaca yang ada tutupnya dan biasanya direndam selama 6 minggu. Pastikan menutup dengan rapat agar proses difusi berjalan lancar sehingga hasilnya lebih maksimal.

Berbeda dengan heat infusion, ini merupakan cara infus dengan bantuan suhu panas untuk mempercepat waktu dalam pembuatan infused oil. Minyak ini juga punya segudang manfaat untuk keluarga. Hal ini karena infused oil banyak digunakan sebagai pengobatan tambahan yang sangat dibutuhkan setiap rumah tangga.

Lalu, apa sih sebenarnya manfaat infused oil?

1.Mencegah infeksi yang disebabkan oleh gigitan serangga, lecet akibat luka kecil maupun luka bakar ringan

Photo by Jimmy Chan from Pexels

Berdasarkan pemaparan dari seorang konsultan nutrisi sekaligus penulis buku Prescription for Herbal Healing, Phyllis A. Bach, infused oil mampu membunuh bakteri Staphylococcus Aureus. Di mana bakteri tersebut menjadi penyebab infeksi pada luka bakar hingga gigitan serangga.

Advertisement

2.Mampu mengatasi masalah kulit seperti kulit kering, masalah eksim dan permasalahan kulit lainnya

Photo by Jenna Hamra from Pexels

Kandungan anti radang pada infused oil mampu mengatasi permasalahan kulit seperti eksim dan psoriasis. Cara pengobatannya cukup mudah yaitu tinggal dioleskan langsung ke area kulit yang bermasalah. Minyak ini juga bisa digunakan untuk bayi yang mengalami ruam karena popok. Penggunaan pada bayi bisa dikonsultasikan terlebih dulu ke dokter.

3.Mempercepat penyembuhan luka bahkan jenis luka robekan bekas jalan lahir

Photo by Karolina Grabowska from Pexels

Penelitian menyebutkan bahwa infused oil yang digunakan dengan obat yang diberikan dari dokter mampu mempercepat proses penyembuhan luka bekas jalan lahir. Itulah mengapa sangat penting menyediakan infused oil di rumah.

Advertisement

Terlepas dari adanya manfaat dari infused oil, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan;

  • Infused oil nggak boleh digunakan untuk wanita hamil dan menyusui. Entah diminum atau dioleskan, sebaiknya jauhkan dari wanita hamil.
  • Hentikan pemakaian jika muncul reaksi alergi. Beberapa orang biasanya cenderung sensitif terhadap tanaman dari famili tertentu. Untuk itu jangan dilanjutkan jika mengalami alergi.
  • Jangan mengonsumsi infused oil sebelum operasi karena dapat menyebabkan kantuk yang berlebihan
  • Akan lebih aman jika melakukan tes alergi terlebih dulu khususnya bagian tubuh yang bermasalah. Jika muncul tanda-tanda, maka sudah dipastikan bahwa nggak cocok dengan penggunaan infused oil.

Minyak yang mengandung senyawa beraroma ini memang selalu menjadi kebutuhan dalam keluarga. Hal ini karena kaya manfaat. Namun ada juga yang nggak dianjurkan untuk memakainya seperti yang sudah dijelaskan di atas. Infused oil juga seringkali digunakan untuk perawatan kecantikan tentunya. Itulah sekitas pengertian infused oil dan plus-minusnya. Semoga bermanfaat!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE