Inilah 5 Alasan Bayi Suka Ngeces. Bukan Salah Ibunya Karena ‘Ngidam’ Nggak Keturutan Lo Ya~

Kenapa bayi suka ngeces

Orang-orang banyak yang bilang kalau ada bayi yang suka ngeces alias mengeluarkan air liur terus-menerus itu artinya ‘ngidam‘ saat ibunya hamil ada yang nggak terlaksana. Banyak lo yang percaya dengan mitos tersebut. Tapi, ternyata penyebab anak bayi ngeces bukan hal itu.

Advertisement

Sebenarnya ngeces berlebihan pada usia bayi tertentu bisa dibilang normal. Dan itu merupakan salah satu bagian dari fase pertumbuhannya. Tapi pada beberapa kasus, ngeces berlebihan bisa jadi tanda penyakit serius. Wah ibu muda harus tahu nih. Yuk baca bersama~

1. Ternyata saat anak berusia 3 bulan, kelenjar air liurnya sedang aktif tapi bayi belum cukup mampu menelan air liurnya sendiri sehingga dia ngeces deh

Saat usianya 3 bulan, bayi memang normal buat ngeces via id.theasianparent.com

Ngeces pada bayi wajar terjadi kalau bayi usianya memasuki 3 bulan. Saat itu, kelenjar air liur sedang aktif-aktifnya. Tapi, bayi belum mampu menelan air liurnya sendiri. Akibatnya, bayi jadi ngeces akibat banyaknya air liur yang diproduksi. Nggak perlu khawatir. Itu normal kok.

2. Selain itu, bayi yang sedang tumbuh gigi pun biasanya mengeluarkan air liur yang berlebihan. Apalagi dia kan makin sering gigit-gigit tangan atau teether

Bayi yang tumbuh gigi juga suka ngeces via www.momtricks.com

Bayi yang giginya sedang tumbuh juga mengeluarkan air liur yang berlebihan. Itu nggak perlu bikin panik. Beri saja teether pada anak bayi agar bisa mengurangi rasa gatalnya. Nanti setelah masa tumbuh giginya selesai, maka air liurnya nggak akan lagi berlebihan.

Advertisement

3. Bayi juga ngeces jika sakit radang tenggorokan. Sakit tenggorokan yang dialaminya bisa dikurangi dengan memberi ASI

Ngeces juga bisa tanda anak sakit tenggorokan akibat radang via www.tommeetippee.us

Sakit tenggorokan karena radang bisa membuat bayi jadi memproduksi air liur secara berlebihan. Agar berkurang, radang tenggorokannya disembuhkan dahulu. Agar tenggorokan bayi berkurang sakitnya, beri minum ASI yang cukup ya.

4. Gangguan mental bisa menyebabkan anak suka ngeces. Perkembangannya kan jadi nggak normal sehingga kemampuan mengunyah dan menelan kurang sempurna

Gangguan mental pada anak juga sebabkan ngeces via www.romper.com

Menurut The Asian Parent, 10% anak yang mengalami gangguan mental biasanya sih ngeces juga secara berlebihan. Gangguan mental memengaruhi tumbuh kembang anak. Anak yang mengalami gangguan tersebut punya kemampuan menelan, mengunyah, serta menutup mulut yang kurang sempurna.

5. Nggak hanya gangguan mental, gangguan saraf seperti cerebral palsy juga menyebabkan anak jadi mengeluarkan air liur yang berlebihan. Waduh!

Advertisement

Cerebral palsy ternyata bikin bayi suka ngeces via www.momjunction.com

Penderita cerebral palsy biasanya sih mengalami gangguan fungsi otot. Bayi jadi nggak bisa mengunyah dengan baik sehingga air liur yang keluar jadi berlebihan. Ini dikarenakan ada kerusakan otak pada bayi. Wah harus waspada nih!

Jadi jangan lagi buru-buru berpikir bahwa anak yang suka ngeces itu disebabkan oleh ibunya yang ngidam tidak terlaksana ya. Pada beberapa kasus, anak ngeces itu kan normal. Yang penting masih pada batas yang wajar, nggak perlu dikhawatirkan kok.

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE