Penting! Ini Cara Membaca Istilah dalam USG dan Arti Perbedaan Gradasi Warnanya

Istilah dalam USG

Bagi perempuan yang sedang hamil tentunya akan sangat antusias untuk melakukan USG. Akan tetapi, beberapa calon ibu baru yang baru pertama kali melakukan USG akan merasa kebingungan ketika membaca hasil USG. Yang dilihat hanya lembaran berwarna hitam putih, adanya huruf dan angka yang berisi keterangan seputar perkembangan janin. Lalu, bagaimana cara membaca istilah dari hasil USG tersebut?

Advertisement

Wajar bagi calon ibu yang baru akan memiliki buah hati untuk pertama kali. Mereka mengalami sedikit kesulitan untuk memahaminya. Tapi, mulai sekarang calon ibu yang akan melakukan USG tak perlu khawatir lagi karena Mamin bakal ngasih tau cara membaca istilah hasil dari USG agar nantiya bisa langsung paham maksudnya, ya!

Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Begini cara membaca istilah dalam USG

  • GA (Gestational Age)

Arti dari istilah Gestational Age ini menunjukkan perkiraan umur kehamilan. Pada umur kehamilan ini diukur berdasarkan panjang tungkai kaki, tungkai lengan, diameter kepala dan perkembangan organ tubuh janin.

Advertisement
  • CRL (Crown Rump Length)

Ini nantinya akan menunjukkan ukuran jarak dari ujung kepala ke ujung kaki. CRL juga biasanya digunakan untuk mengukur janin pada usia kehamilan trimester awal.

Advertisement
  • GS (Gestational Sac)

Istilah ini menunjukkan ukuran kantung kehamilan yang ditandai dengan bulatan hitam. Gestational Sac biasanya sudah muncul pada hasil foto USG di trimester awal.

  • BPD (Biparietal Diameter)

Ini akan menunjukkan ukuran tulang pelipis kiri dan kanan. Biparietal Diameter digunakan untuk mengukur janin saat memasuki usia kehamilan trimester dua hingga trimester tiga.

  • AC (Abdominal Circumferencial)

AC merupakan istilah yang akan digunakan untuk mengetahui perkiraan lingkar perut janin. Berat janin dalam kandungan juga akan diketahui ketika Abdominal Circumferencial dikombinasikan dengan Bipariental Diameter.

  • HC (Head Circumferensial)

Istilah ini merupakan keterangan yang digunakan untuk mengetahui ukuran lingkar kepada janin dalam kandungan.

  • FL (Femur Length)

Ini merupakan keterangan yang berkaitan dengan ukuran panjang tulang paha janin.

  • FW (Fetal Weight)

Fetal Weight merupakan keterangan yang menunjukkan seputar berat janin dalam kandungan.

  • FHR (Fetal Heart Rate)

Ini merupakan istilah yang dipakai untuk menunjukkan frekuensi  detak jantung pada di janin.

  • LMP (Last Menstrual Period)

Last Menstual Period adalah istilah untuk mengetahui hitungan hari pertama haid terakhir dan digunakan sebagai acuan umur janin dalam kandungan.

  • EDD (Estimate Delivery Date)

Sekilas memang mirip seperti HPL (hari perkiraan lahir). EDD merupakan keterangan mengenai perkiraan persalinan berdasarkan tanggal menstruasi.

Itulah istilah penting ketika USG yang harus diketahui khususnya calon ibu yang baru pertama kali melakukannya. Membaca USG harus benar-benar paham agar Moms tahu kondisi janin. Selain itu, Moms juga akan melihat perbedaan dalam gradasi warna hitam dan putih pada foto hasil USG.

Photo by MART PRODUCTION from Pexels

Pada dasarnya, perbedaan warna berasal dari perbedaan densitas bahan yang dilewati oleh gelombang suara. Ketika permukaan luarnya memantulkan lebih banyak suara dan jaringannya padat, maka warnanya akan terlihat seperti tulang berwarna putih.

Untuk jaringan yang berisi cairan seperti rahim, warnanya akan terlihat gelap atau hitam. Yang perlu diperhatikan di sini adalah, pada gambar ultrasonik nggak bisa berfungsi dengan baik terhadap gas sehingga organ seperti paru-paru atau jenis organ yang berisi udara nggak bisa diperiksa dengan USG.

Sebagai calon ibu baru rasanya wajib banget buat mencari banyak informasi seputar kehamilan dan persiapan persalinan. Salah satu yang penting digali informasinya adalah seputar membaca USG. Semoga artikel ini membantu mereka yang masih awam dalam membaca USG, ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

belum lengkap kalau belum ngopi item

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE