Bocoran Jadwal Tidur, Minum ASI, dan Ganti Popok untuk Bayi Berusia 1-4 Minggu. Calon Ibu Wajib Tahu

Jadwal tidur, minum ASI, dan mengganti popok bayi

Menjadi ibu baru berarti melakukan banyak hal yang belum diketahui sebelumnya. Termasuk mengetahui jadwal bayi untuk minum, tidur, hingga mengganti popok. Padahal, jika membiarkan bayi terlalu lama tidur, tidak memberinya ASI dalam jangka waktu tertentu atau tidak lekas mengganti popoknya, hal ini dapat membahayakan bagi bayi. Makanya, sebelum hal tersebut terjadi, simak jadwal yang bisa kamu jadikan patokan untuk mengatur jam tidur, minum susu, dan mengganti popok bayi berikut ini.

1. Bayi yang baru lahir menghabiskan banyak waktu untuk tidur sehingga jamnya untuk makan pun sedikit kurang

Masih masa-masa ospek via babyhintsandtips.com

Advertisement

Hal ini merupakan hal normal, bahkan mereka yang lahir prematur menghabiskan lebih banyak waktu untuk tidur. Sedangkan bayi yang lahirnya terlambat biasanya akan melewati fase ini. Namun seiring berjalannya waktu, mereka akan lebih siaga untuk bangun dan lebih banyak minum susu. Kamu bisa mengecek apakah mereka minum cukup dengan mengecek popok yang terpakai.

Bayi berumur 1 minggu biasanya akan tidur selama 2-4 jam, durasi bangunnya adalah 45-60 menit. Sehingga dalam satu hari mereka menghabiskan waktu 16-18 jam untuk tidur. Untuk jadwal minum ASI, bayi bisa diberi minum setiap 1 sampai 3 jam, atau 8-12 kali dalam sehari. Untuk pumping eksklusif 15-20 menit pada setiap payudara, setiap 2-3 jam. Sedangkan jika susu formula, 30-60 ml setiap satu kali pemberian. Berikan sekitar 8 kali sehari.

Untuk penggantian popok, di hari pertama popok biasanya hanya diganti 1 kali, di hari kedua 2  kali, di hari ketiga 3 kali, dan seterusnya. Sedangkan popok yang kotor karena BAB di kisaran 2 popok.

2. Jadwal untuk minum dan tidur pada minggu kedua nggak jauh berbeda dengan jadwal minggu pertama. Begitu juga dengan ganti popoknya

Umur 2 minggu via www.teropongntt.com

Tidak jauh berbeda dengan minggu pertama, bayi akan bangun selama 45 menit sampai 60 menit. Durasi tidurnya adalah 2-4 jam. Sehingga jadwal minum ASInya bisa sesuai permintaan, setiap 2-3 jam, atau 8-12 kali sehari. Untuk pumping eksklusif, lakukan 15-20 menit per payudara setiap 2-3 jam. Jika meminum susu formula, kamu bisa memberikan 45-90 ml setiap kali minum, lakukan sebanyak 8 kali sehari. Biasanya popok akan diganti 6-8 kali sehari, dan 2 popok yang kotor terkena BAB.

3. Pada minggu ketiga, durasi bayi setiap tidur akan lebih lama, tapi total jam tidurnya selama sehari justru berkurang

Masih suka tidur via www.monicap-photography.com

Di minggu ini, bayi setiap kali tidur akan menghabiskan waktu sebanyak 3-4 jam, tapi totalnya justru berkurang menjadi 14-17 jam saja sehari. Waktu untuk bangun sekitar 45-60 menit. Bayi sebaiknya diberi minum ASI setiap 2-3 jam, atau 8-12 kali sehari. Untuk pumping eksklusif lakukan selama 15-20 menit setiap payudara, lakukan setiap 3 jam sekali. Kamu bisa mengecek apakah bayimu mendapat minum yang cukup jika dia menghabiskan 6-8 popok dan dan 2 yang kotor karena terkena BAB.

4. Bayi mungkin akan minum lebih banyak di minggu keempat. Jadi siap-siap untuk membagi tugas dengan suami atau ART agar menyusui tetap lancar

Nyusu terooosss via raisingchildren.net.au

Advertisement

Saat mengalami growth spurt atau lonjakan pertumbuhan, bayi cenderung akan mengalami cluster feeding sehingga ibu harus lebih sering menyusui. Bayi akan terbangun sekitar 45-60 menit, tidur selama 3-5 jam dengan total 14-17 jam dalam sehari. Jadwal minum ASI bisa tergantung permintaan si bayi, setiap 2-4 jam atau 7-12 kali dalam  sehari. Untuk pumping eksklusif lakukan 15-20 menit per payudara setiap 3 jam sekali. Sedangkan setiap kali meberikan susu formula, berikan sebanyak 120-150 mL, sekitar 8 kali sehari.

Popok yang dihabiskan bayi usia ini berkisar antara 6-8 popok dan 2 yang kotor karena BAB.

Pada bulan pertama, bayi biasanya baru bisa makan, tidur, dan buang air, sehingga kamu harus sabar dan sering mengecek popok untuk memastikan bayimu ternutrisi dengan baik. Yang pasti, meski stres dan melelahkan, berusahalah untuk tetap mengambil waktu istirahat dan menikmati setiap fase yang ada. Minta tolong pada suami dan kerabat pun nggak dosa kok, demi sang ibu tetap bisa waras dan sehat. Semoga ‘bocoran’ jadwal ini bisa bantu masa-masa motherhood para newbie moms ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

CLOSE