5 Cara Paling Mudah Mengatasi Tulang Ikan Tersangkut di Tenggorokan Anak

Mengatasi Tulang Ikan Tersangkut

Saat anak udah bisa melakukan kegiatan sendiri tentunya menjadi kebanggaan tersediri bagi orang tua. Seperti halnya ketika anak bisa makan sendiri tanpa harus disuapin. Yang namanya anak-anak, mereka biasanya akan memasukkan apa saja dalam mulutnya. Termasuk ketika makan dengan ikan, mereka bahkan belum tahu kalau durinya bisa menyakitinya seperti saat tersangkut di tenggorokan. Hal ini tentunya membuat Moms panik juga, kan?

Advertisement

Meski anak udah bisa melakukan apa-apa sendiri, Moms tetap harus mengawasinya termasuk ketika ia makan. Setiap orang tua pasti ingin memberikan gizi yang cukup untuk anaknya, termasuk makan ikan. Namun, Moms perlu tahu kalau nggak semua anak bisa makan tanpa tersedak durinya. Ini biasanya akan tersangkut dan anak jadi nggak nyaman. Moms nggak perlu khawatir lagi karena Mamin akan berbagi tips untuk mengatasinya.

Inilah cara paling mudah mengatasi tulang ikan tersangkut pada anak;

1.Menggunakan minyak zaitun. Sebagai pelumas alami yang akan membantu mengatasi anak tersedak duri ikan


Sumber: Healthline

Kegunaan minyak zaitun memang nggak perlu diragukan lagi. Moms juga bisa memanfaatkan minyak zaitun saat si kecil tersedak duri ikan. Caranya adalah dengan memberikan 1 sendok minyak zaitun dan meminumkannya. Ini akan melapisi tenggorokan agar mudah mengeluarkan duri ikan.

Advertisement

2.Memakan marshmallow. Rasa lengketnya akan membawa duri ikan “pergi” dari tenggorokan

Photo by Tembela Bohle from Pexels

Siapa sangka kalau bentuknya yang lengket dan manis ini bisa mengatasi tersedak yang disebabkan oleh duri ikan. Moms hanya perlu meminta anak untuk mengunyahnya, maka perlahan akan membawa tulang ikan tersebut masuk ke perut.

3.Meminum air garam. Air garam hangat akan membantu melarutkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan

Photo by Artem Beliaikin from Pexels

Moms bisa menambahkan sedikit garam pada segelas air hangat. Kemudian bisa langsung memberikannya pada si kecil. Tapi, ingat ya Moms, jangan terlalu banyak meminumkannya.Cukup sedikit saja tulang ikan akan larut kok. Tenggorokan jadi terasa lega.

4.Menelan potongan pisang. Teksturnya yang agak keras dan lengket ternyata mampu mengatasi tulang ikan yang “nyangkut” di tenggorokan

Photo by Vanessa Loring from Pexels

Dilansir dari Healthline, pisang memiliki tekstur legit yang mampu meraih tulang ikan dan menarik ke dalam perut. Moms bisa memberikan sepotong pisang untuk anak. Dengan mengunyahnya secara perlahan nanti akan membantu melancarkan tulang ikan yang tersangkut di tenggorokan.

Advertisement

5.Meminta anak untuk batuk. Jika hanya tersedak tulang ikan yang kecil, maka bisa diatasi dengan meminta anak batuk

Sumber: haibunda.com

Jenis ikan tentunya juga berpengaruh dengan bentuk tulangnya. Ada jenis ikan yang tergolong memiliki jenis duri yang kecil dan tipis sehingga mudah diatasi hanya dengan batuk. Moms bisa meminta anak untuk batuk yang kuat agar duri ikan mulai bergerak dan tenggorokan bisa kembali nyaman.

Mengalami duri ikan yang tersangkut di tenggorokan ternyata nggak hanya dialami anak yang makan sendiri. Tanpa sadar, ketika Moms menyuapi anak juga bisa terjadi lantaran lalai. Untuk itu, Moms harus berhati-hati dan memastikan duri udah hilang sebelum memberikannya pada anak. Semoga cara alami ini bisa membantu ya. Moms!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE