6 Peran Penting Suami dalam Proses Menyusui; Bukan Sekadar Jadi Penonton!

Peran Ayah ASI

Momen menyusui memang selalu ditunggu semua wanita khususnya yang baru melahirkan sang buah hati. Semua perempuan yang sudah menjadi ibu pastinya ingin memberikan ASI eksklusif pada si kecil. Akan tetapi, asal tahu aja ya Moms, memberikan ASI ternyata bukan hanya tanggung jawab Moms saja, lo. Dads juga memiliki peranan penting untuk mewujudkan Moms dalam memberikan ASI secara eksklusif.

Advertisement

Hal ini dikenal dengan istilah Ayah ASI, di mana seorang ayah harus mendukung Moms agar dapat menyusui dengan lancar.

Peran penting Dads agar Moms lancar menyusui juga dikatakan oleh Dokter Anak sekaligus Ketua Sentra Laktasi Indonesia, Dr. Utami Roesli. Beliau mengatakan bahwa berdasarkan penelitian, dari sekitar 115 ribu suami yang tidak memberikan dukungan pemberian ASI, tingkat keberhasilan istrinya menyusui hanya sebesar 26,9%. Sementara bagi suami yang mendukung, tingkat keberhasilannya bisa mencapai 98,1%.

Berikut bentuk dukungan Dads agar ASI Moms lancar untuk si kecil. Simak, ya!

Advertisement

1.Nggak takut terlibat dalam menemani Moms saat sedang belajar menyusui. Hal sepele yang sering diabaikan Dads

Khususnya buat para Moms yang baru saja melahirkan, nggak ada salahnya untuk meminta Dads menemani saat moment pertama kali menyusui. Meski sering dianggap sepele, ternyata hal ini sangat berpengaruh pada kelancaran ASI.

2.Memberikan dukungan kepada Moms agar semangat menyusui. Banyak Dads yang belum melakukan ini

Photo by Rene Asmussen from Pexels

Menyusui bukan hanya moment antara Moms dan si kecil. Dads juga harus memberikan dukungan. Bahkan meski hanya dukungan kecil nyatanya mampu memberikan semangat tersendiri bagi Moms. Dukungan sekecil apapun sangat berpengaruh pada hormon yang nantinya mampu melancarkan ASI.

3.Ikut mengasuh si kecil saat tertidur setelah menyusu. Berikan waktu istirahat sejenak untuk Moms ya Dads!

Photo by Helena Lopes from Pexels

Menjadi Moms baru khususnya saat berada pada masa menyusui tentunya hanya punya waktu terbatas untuk melalukan hal lain seperti makan, mandi, ataupun istirahat sejenak. Di sini, Dads bisa ikut mengasuh si kecil agar Moms bisa memanfaatkan waktu istirahatnya meski hanya sebentar. Dengan begitu, Moms jadi lebih bahagia lo Dads.

Advertisement

4.Membantu membereskan rumah. Nggak ada salahnya lo Dads ikut membersihkan rumah yang mulai terbengkalai karena Moms sibuk mengurus si kecil.

Photo by cottonbro from Pexels

Melihat keadaan rumah yang semakin tak terurus tentu saja membuat Moms sedikit kepikiran. Kalau sudah begini akan berpengaruh pada kelancaran ASI. Dads harus bisa meminimalisir agar Moms nggak terlalu banyak pikiran dengan membantunya membereskan rumah. Ketika Moms happy, tentunya ASI juga lancar.

5.Memastikan Moms memiliki asupan yang sehat saat menyusui. Perhatian kecil yang mampu meningkatkan hormon kebahagiaan.

Photo by RODNAE Productions from Pexels

Nutrisi untuk Moms yang sedang menyusui harus benar-benar tercukupi nilai gizinya. Peran Dads di sini juga penting untuk memastikan asupan yang sehat saat menyusui. Nutrisi yang sehat juga akan berpengaruh pada ASI agar lancar.

7. Yang terakhir dan nggak kalah penting, hindari melontarkan kata-kata yang bersifat negarif untuk Moms. Perubahan setelah melahirkan dan saat menyusui seringkali membuat Moms kurang percaya diri di depan Dads.

Semenjak menyusui, kamu jadi makin gendut dan makannya banyak banget deh, Yang!

Mulai dari masa kehamilan sampai menyusui tentunya akan ada banyak perubahan pada fisik Moms. Nah..di sini tugas Dads adalah memberikan support terbaik dan menghindari perkataan yang menyinggung. Banyak di luar sana Moms yang mudah tersinggung lantaran perubahan fisik sehingga mempengaruhi keluarnya ASI jadi nggak lancar.

Menyusui dan memberikan ASI eksklusif untuk si buah hati adalah hal yang paling membahagiakan bagi orang tua baru. Tapi ingat ya Moms, peran seorang ayah saat sedang menyusui juga sangat penting. Nah..buat Moms yang sedang dalam masa menyusui, jangan lupa ajak Dads untuk berkolaborasi demi kelancaran ASI ya!

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

A professional Overthinker.

Editor

Seorang makmum yang taat :)

CLOSE