Maya Septha dikenal sebagai selebritas yang aktif membagikan informasi dan opininya tentang parenting dan kehidupan pernikahan. Nah, baru-baru ini Maya Septha kembali membagikan pengalaman tentang anaknya yang mengalami bingung puting melalui akun Instagram pribadinya.

Yap, meski sudah memiliki 3 orang anak, bukan berarti kali ini Maya Septha nggak mengalami kesulitan lo. Pasalnya, dari ketiga anaknya, baru anak keduanya yang sempat mengalami bingung puting. Tidak hanya Maya Septha, bingung puting ini juga bisa saja terjadi pada bayimu. Untukmu para ibu baru, kamu bisa menyimak ulasan tentang bingung puting berikut, agar nantinya kamu tidak panik ketika bayimu mengalami bingung puting.

1.Dalam unggahan di akun Instagramnya Maya Septha berbagi pengalaman tentang anak keduanya, Kathleen yang sempat mengalami bingung puting

View this post on Instagram

TENTANG BAYI BINGUNG PUTING. Bingung puting adalah kondisi anak menolak disusui seperti tidak mengenali puting payudara atau dot nya. Biasa terjadi sama anak yg menyusu 2 cara lewat botol dan dbf bersamaan (direct breast feeding). Tapi ngga semua anak mengalami bingung puting. Anakku 3. Devon itu semua cara mau aja ngga masalah. Bahkan dulu pake 3 merk botol beda beda semuanya mau dan gapernah bingung. Botol yg leher lebar atau standar juga dia semua ok. Waktu Kathleen dulu juga nyusu botol dan langsung. Tapi pada suatu hari dia disusuin kayak ngga nemu2. Nangis dan marah karena dikasih minum kayak ngga ketemu. Nah dari situ aku baru tau istilah bingung puting. Kalau anak bingung puting bisa di “reset” ulang dgn cara kasih asinya pake cup feeder diseruput gt (saya juga amazed bayi baru lahir punya keahlian ini dari sananya 🤣 di RS pas baru lahir juga suster RS kasih minum asi pake cara ini kok) Nah setelah bbrp hari/mgg nanti baru dbf lagi atau botol lagi. Tergantung ibunya prefer yang mana. Karena kadang akhirnya jadi harus pilih satu cara aja. Kalau ibu bekerja terpaksa pilih botol aja yg artinya anaknya jadi gamau nyusu langsung 😥 Repotnya kalo lagi pergi apalagi ke luar negeri, susah banget harus pompa dan cuci botol segala selama perjalanan. Nah kalau mau dbf, repotnya ya harus bawa anaknya kemana mana karena nggamau pake botol. Jadi sulit kalau harus pergi atau kerja yg gabisa bawa anak. Nah semua plus minus. Tergantung pilihan ibu2 sesuai kondisi dan situasi. 😊

A post shared by Maya Septha (@mayaseptha7) on

Advertisement

Dalam unggahan tersebut, Maya Septha mengungkapkan bahwa anak pertamanya nggak pernah mengalami bingung puting. Saat menghadapi anak keduanya, Kathleen, Maya Septha justru mendapati sang anak sempat ngamuk lantaran bingung disusui dengan botol dan disusui langsung (DBF atau direct breastfeeding). Hmm, kamu pasti baru tahu kan anak juga bisa bingung begini?

2. Dalam unggahan tersebut, Maya Septha juga berbagi pengetahuannya tentang bingung puting serta siapa saja yang bisa mengalaminya

Apa sih bingung puting via babyologist.com

Menurut Maya Septha dalam unggahannya, bingung puting merupakan kondisi di mana si kecil tidak bisa menemukan puting payudara atau dotnya karena bingung sehingga ia akan cenderung marah dan menangis. Dilansir dari laman Mother and Baby bingung puting biasanya terjadi pada anak  yang berusia 5 bulan dan bisa terjadi pada anak yang menyusu melalui 2 cara; lewat botol atau direct breast feeding secara bersamaan.

3. Meski demikian, kamu tetap bisa kok mengatasinya. Contohnya saja Maya Septha yang mengatasinya dengan me-reset ulang teknik pemberian susu dengan cara memberi ASI-nya memakai  cup feeder alias dengan diseruput

Atasi bayi bingung puting via mamapapa.id

Advertisement

Meski sulit, tentu kamu harus tetap menyusui bayimu bukan? Selain dengan cup feeder, kamu juga bisa menggunakan sendok untuk memberikan susu pada bayimu. Kamu bisa mencoba kedua cara ini untuk mengetahui mana yang lebih efektif untuk bayimu. Lama-lama, kamu tinggal kembali menyesuaikan bayimu akan menyusu langsung atau menggunakan botol. Intinya, pilih sesuai dengan kebutuhan, mau dua-duanya atau pilih salah satu saja.

Bersabar dan terus mencoba adalah kunci, kesal dan frustasi nggak akan jadi solusi~

4. Kedua cara di atas tentu memiliki kurang dan lebihnya. Dalam laman instagramnya Maya Septha pun turut berbagi kekurangan dari penggunaan cara di atas

Susui langsung atau dengan alat via hellosehat.com

Untuk ibu bekerja tentu mau tidak mau kamu harus memilih memompa ASI dan menyusui anakmu dengan botol bukan? Repotnya jika sedang bepergian kamu jadi harus ketergantungan mencuci botol dan memompa ASI-mu selama perjalanan. Nah, jika ingin menyusui langsung itu artinya kamu harus selalu siap membawa anakmu kemana-mana juga lo, sehingga relatif agak sulit jika suatu saat kamu harus pergi atau dinas ke luar kota atau ke luar negeri jangka waktu yang lama yang tidak memungkinkan untuk membawa bayi.

Bingung puting memang nggak menimpa semua bayi, tapi tidak menutup kemungkinan suatu saat anak pertama, kedua atau ketigamu mengalami hal ini. Intinya sih, jangan panik dan lakukan dulu beberapa trik yang sudah dijabarkan tadi. Kalau masih menemukan jalan buntu, jangan ragu berkonsultasi ke konselor laktasi di kotamu. Semangat terus mengASI-hi ya, Mama!

Advertisement

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya