Serba-Serbi Memilih Kantong ASI yang Tepat. Ibu-ibu Muda Harus Tau Nih Biar Nggak Salah Pilih~

Tips Memilih Kantong ASI

Menanti kedatangan si kecil itu memang anugerah terindah dalam hidup seorang calon ibu. Biasanya di masa-masa ini, calon ibu udah mempersiapkan banyak perlengkapan bayi. Mulai dari baju, dot, sampai aksesori yang gemes-gemes. Eh tapi jangan lupakan perlengkapan lain ya seperti perlengkapan yang mendukung tumbuh kembang si kecil. Selain pompa ASI, ibu juga harus mempersiapkan kantong ASI karena ini penting banget untuk memastikan si kecil mendapatkan asupannya dengan baik.

Banyak ibu yang memilih menyimpan ASI dengan kantong ASI karena ASIP memiliki daya tahan lebih lama dibandingkan botol. Sebab, kantong ASI didesain kedap udara dengan sistem zipper. Kantong ASI juga didesain sudah dalam kondisi steril sehingga bisa digunakan dengan praktis. Keunggulan lainnya, kantong ASI mudah dibawa kemana-mana dan disimpan di freezer dengan rapi karena tidak memakan banyak tempat. Udah tau keunggulannya, sekarang saatnya memilih kantong ASI. Yuk, ketahui serba-serbi memilih kantong ASI yang tepat.

1. Pastikan kantong ASI yang digunakan sudah lulus berbagai uji standar

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih kantong ASI (Foto: dok. Instagram @gabagindonesia)

Sudah banyak kantong ASI yang beredar di pasaran, tapi pilih kantong ASI yang sudah lulus berbagai uji standar. Misalnya lulus tes SGS internasional. Tes ini meliputi inspeksi dan verifikasi dari kuantitas, berat, dan kualitas dari sebuah produk. Bahkan juga meliputi pengujian kualitas dan performa produk terhadap berbagai peraturan keselamatan dan kesehatan demi memenuhi standar yang diterapkan oleh pemerintah dan lembaga standardisasi.

2. Nggak kalah penting, pilih kantong ASI yang sudah memiliki izin edar dan layak pakai

Untuk memastikan hal ini, ibu bisa mencari tahu apakah kantong ASI yang dipilih sudah terdaftar di Departemen Kesehaan RI dan lulus tes dari Kementerian Kesehatan RI. Artinya produk tersebut sudah dinyatakan aman untuk digunakan serta tidak mengandung suatu zat apapun yang dapat membahayakan kesehatan.

3. Pasti gemes sama desain kantong ASI yang warna-warni, tapi pilih desain yang bening aja ya

Pastikan kantong ASI bening ya biar bisa melihat kualitas ASI (Foto: dok. Instagram @gabagindonesia)

Nggak cuma aksesori bayi aja yang warna-warni menggemaskan. Kantong ASI pun banyak yang didesain warna-warni dengan ilustrasi yang lucu. Walaupun terlihat menarik, ternyata kantong ASI dengan desain bening lebih dianjurkan. Soalnya dengan warna bening, ibu dapat mengontrol kualitas ASI, apakah masih bisa digunakan atau tidak. Walaupun bening, pastikan kantong ASI tebal ya untuk mencegah kebocoran atau pecah kalau terjatuh.

4. Didesain dengan konsep direct pumping sehingga praktis ketika dipindahkan

Terakhir, pastikan kantong ASI tersebut didesain dengan konsep direct pumping yang rapat tanpa celah. Dengan begitu, ibu tidak perlu repot bolak-balik pindah dari botol setelah pumping dan pastinya ASIP lebih steril. Contohnya kantong ASI Gabag, Kolibri Breastmilk Storage, yang dapat langsung terhubung ke Kolibri Konektor. Jadi ada lubang khusus yang fungsinya agar kantong ASI terkait sempurna dengan Kolibri Konektor.

5. Dilengkapi dengan teknologi terkini

Canggih banget karena dilengkapi QR Code (Foto: dok. GabaG)

Kantong ASI GabaG juga dilengkapi dengan QR Code yang terkoneksi dengan aplikasi manajemen ASI, GabaG AplikASI Management. Hal ini bikin kantong ASI GabaG Kolibri Breastmilk Storage jadi brand kantong ASI digital pertama dan satu-satunya di dunia. Menariknya lagi, GabaG AplikASI Management ini dilengkapi dengan fitur-fitur yang memudahkan ibu untuk menggunakannya. Misalnya tersedia fitur Manajemen ASI, History, dan Report Detail.

Ibu juga nggak perlu khawatir lupa pumping, menyusui langsung, dan membekukan serta mencairkan ASIP. Soalnya aplikasi ini juga dilengkapi dengan alarm dan pengingat yang bisa diatu sesuai dengan kebutuhan pengguna. Jadi ibu menyusui akan lebih mudah mengontrol dan memantau stok dan umur ASI perah kapan dan di mana saja dari gadget. Bahkan ibu bisa mengetahui kualitas dan durasi menyusui langsung serta dapat membantu mempermudah kegiatan menyusui. Pas banget kan buat ibu menyusui yang bekerja.

Ini alasan kenapa ibu-ibu muda harus pilih kantong ASI Kolibri Breastmilk Storage dari Gabag (Foto: dok. Gabag)

Demi memenuhi kebutuhan para ibu akan kantong ASI, Gabag menghadirkan kantong ASI Kolibri Breastmilk Storage yang telah memenuhi empat syarat tersebut. Gabag yang merupakan produsen asli Indonesia ini mendesain kantong ASI berkualitas karena dibuat dengan material non-toxic, BPA-free, dan disertakan dengan double zip dan pelindung anti bocor samping. Jadi ibu bisa mencegah kebocoran ASI saat kantong ASI tak sengaja jatuh.

Kantong ASI Gabag Kolibri Breastmilk Storage juga didesain dengan Gamma Ray Sterilization. Perlu diketahui, sinar Gamma tidak sama dengan sinar UV. Sinar gamma memiliki sifat letal terhadap mikroorganisme karena paparan radiasi sinar ini dapat langsung membunuh mikroorganisme dengan menyerang DNA atau RNA-nya.

Keunggulan lainnya dari kantong ASI Gabag Kolibri Breastmilk Storage adalah tersedianya area untuk menulis keterangan nama dan waktu ASI diperah. Jadi ibu bisa lebih mudah mengatur penggunaan susu ketika disimpan di freezer. Tersedia dalam ukuran 100ml, kantong ASI Gabag ideal digunakan untuk bayi newborn sampai 4 bulan. Pada waktu ini, konsumsi ASI bayi maksimal hanya 100ml jadi penyimpanan ASIP lebih efektif. Ibu-ibu bisa membelinya secara online di official store Tokopedia dan JD.ID.

Jangan sembarang pilih kantong ASI ya, bu!

Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

Kopito Ergo Sum -- Aku minum kopi maka aku ada.