Sains telah membawa manusia ke tingkat peradaban yang lebih tinggi dari sebelumnya. Ya, sains lah yang bisa membawa manusia ke Bulan, mengirim robot ke Mars, menspekulasikan gimana cara dinosaurus punah, dan masih banyak lagi.

Tapi, kamu bakalan kaget ketika mengetahui bahwa ada beberapa pertanyaan simple yang sampai sekarang tidak bisa dijawab para ilmuwan.

1. Mengapa Kita Tidur?

Tidur bukan hanya untuk otak via gedlab.com

Para ilmuan belum bisa menjawab mengapa seluruh mahluk hidup di bumi membutuhkan tidur. Memang, ada beberapa teori yang menyatakan kalau tidur itu berperan penting untuk proses pembelajaran dan memori otak. Tapi bagaimana dengan makhluk tanpa otak seperti tumbuhan dan mikro organisme? Mengapa mereka juga memiliki kegiatan serupa dengan tidur?

Sebenarnya tidur itu berguna, nggak sih? Silakan ditebak karena ilmuwan aja baru bisa menebak-nebak.

2. Berapa Jumlah Planet Dalam Tata Surya Kita?

Advertisement

Coba hitung lagi via upload.wikimedia.org

Kita baru sadar kalau jumlah planet dalam tata surya bisa berubah sejak Pluto kehilangan gelarnya sebagai salah satu anggota planet. Ternyata kita hidup di sebuah ruang gelap, dan kita nggak tahu isinya apa aja.

Para genius di NASA (dan badan antariksa lain di dunia) belum sepakat soal jumlah planet di angkasa raya ini sebenarnya. Sebab, area di antara Merkurius dan Matahari itu terlalu silau  untuk diteliti. Sedangkan, area di belakang Uranus terlalu gelap. Bahkan teropong yang mungkin paling canggih, karena bisa saja alien punya yang lebih canggih, di jagat raya pun nggak bisa melihatnya.

3. Mengapa Es Itu Licin?

Dingin dan licin via www.alphapw.com

Kita tahu bahwa es itu licin seperti kita tahu bahwa air itu basah. Tapi, kenapa sebenarnya es itu licin? Mengapa manusia bisa bermain ski di atas es tapi bisa di atas tanah?

Ada teori yang mengusulkan bahwa es itu licin karena berasal dari air — ketika kita menginjaknya es itu “bersikap” lagi menjadi air. Sayangnya teori tadi langsung dimentahkan oleh eksperimen yang membuktikan kalau tekanan yang dihasilkan manusia tidak mampu mengubah es menjadi cairan.

Bikin bingung, ‘kan? Ilmuan juga bingung kok. Saking bingungnya, Dr. Salmeron berpendapat kalau sebenarnya es itu nggak licin sama sekali. Duh.

4. Gimana Cara Kerja Sepeda?

Tetap pada jalurnya via upload.wikimedia.org

Gimana cara sepeda berjalan? Apa yang membuat sepeda tetap stabil hingga bisa terus berjalan? Ketika diajukan pertanyaan kayak gini para ilmuwan sepeda (mereka dipanggil bikeologist, by the way) mengakui bahwa tidak ada jawaban pasti untuk menjawabnya.

Awalnya mereka percaya bahwa efek gyroscopic yang berperan dalam menjaga keseimbangan sepeda. Tapi teori itu dibantah oleh ilmuwan pada era 70-an. Lalu mereka beralih ke teori efek menggelinding yang dihasilkan roda membuat sepeda tetap stabil pada jalurnya. Lagi-lagi teori ini dibantah.

Tahun 2011, sekumpulan bikeologist menciptakan sepeda aneh yang tidak memiliki efek menggelinding dan gyroscopic sama sekali. Hasilnya, sepada tetap bisa meluncur dengan stabil.

5. Gimana Cara Supaya Menang Game Solitaire?

Mungkin Gambit bisa membantu via news.doddleme.com

Seorang ahli matematika mengakui ketidaktahuan mereka dalam membongkar rahasia Solitaire adalah hal yang paling memalukan dalam bidang matematika terapan.

Mereka tidak mampu menghitung kemungkinan menang layaknya di permainan lain seperti Blackjack atau Roulette. Banyak ahli komputer yang setuju kalau kita tak punya peluang besar untuk menang di game ini. Kecuali kalau kamu adalah Gambit.

6. Berapa Jumlah Spesies Binatang?

Boo! Leaf-tailed Gecko via d3lp4xedbqa8a5.cloudfront.net

Walaupun sudah ratusan tahun mencari dan menemukan sekitar 15,000 spesies baru tiap tahunnya, para taxonomist (ilmuan yang mencari dan meng-katalog binatang baru) tidak bisa menyebutkan jumlah pasti spesies yang ada di bumi. Mereka sebenarnya sudah mengenali sekitar 2 juta spesies, tapi jumlah spesies di planet ini bisa berkisar antara 5 juta hingga 100 juta spesies.

Apa yang bikin mereka kesulitan? Pertama, kebanyakan penemuan mereka terjadi di bumi belahan utara. Dengan kata lain, mereka belum bertemu dengan mahluk-mahluk seram di hutan Indonesia. Kedua, 50-80% bentuk kehidupan di bumi ditemukan di bawah lautan. Dan faktanya, lautan mencaplok 99% dari permukaan bumi.

7. Gimana Cara Kerja Gravitasi?

Jadi, begini cara mereka mengerjakan ‘Gravity’… via i1.ytimg.com

Gravitasi. Hal yang sangat mendasar, bahkan sudah dijelaskan oleh buku anak SD, namun masih menjadi misteri besar bagi para ilmuan. Mereka masih kebingungan ketika menyadari fakta bahwa gravitasi adalah kekuatan terbesar sekaligus terkecil yang pernah ada.

Gravitasi menyatukan alam semesta, memastikan planet tetap berada pada tempatnya. Kekuatan besar gravitasi mampu menarik meteor keluar dari orbitnya. Tapi, gravitasi juga merupakan kekuatan yang lemah. Ketika dua magnet didekatkan, dalam sekejap mereka akan saling menempel. Cepat dan kuat — dengan gaya yang 10^36 lebih kuat daripada gaya gravitasi.

Dunia kita masih menyimpan banyak misteri yang menunggu pemecahan-pemecahan brilian. Bagaimana menurutmu — kamu tertarik mengabdikan hidup untuk memecahkan masalah-masalah sains itu?