Siapa bilang jadi orang Indonesia itu gak enak? Selain punya kebiasaan unik, jadi orang Indonesia ternyata punya kelebihan sendiri dibandingkan warga negara lain. Pantas bule-bule mancanegara jadi berbondong-bondong kemari!

Sebenarnya apa aja sih hal-hal enak jadi orang Indonesia?

1. Biaya hidup murah

Makan murah meriah via www.sukabumiprasmanan.com

Di Indonesia, cukup dengan selembar Rp10.000 kamu udah bisa makan sampai kenyang di warteg. Kalo di Amerika Serikat, kamu harus merogoh kocek minimal $8 atau setara Rp95.000 untuk sekali makan. Selain itu, harga bahan bakar, transportasi, sandang dan papan juga lebih murah dibanding negara tetangga kita Malaysia.

2. Bisa beli barang berkualitas dunia dengan harga miring

Advertisement

Kalo kamu orang Indonesia, pasti kamu gak asing lagi dengan factory outlet. Di sini kamu membeli pakaian dan sepatu bermerk dengan harga miring, karena yang dijual adalah barang sisa ekspor. Barang-barang KW alias tiruan dengan grade KW-super, KW-1, KW-2 dan seterusnya dijual bebas dan mudah ditemui.

3. Punya ribuan destinasi wisata alam yang keren banget

Raja Ampat via ghozi25.wordpress.com

Indonesia itu surga. Dengan 17 ribu pulau, garis pantai mencapai 99.093 kilometer dan berada di Cincin Api Pasifik, Indonesia punya banyak destinasi wisata alam berupa gunung dan pantai yang bahkan gak bakalan habis dikunjungi satu per satu meski kamu traveling seumur hidup.

Gak cuma di permukaan, wisata bawah laut Indonesia pun oke banget karena Indonesia punya destinasi menyelam yang menjadi salah satu yang terbaik di dunia, seperti Bunaken di Sulawesi dan Raja Ampat di Papua.

4. Punya kesenian dan budaya yang beraneka ragam

Tarian khas nusantara via www.narwastu.org

Bukan rahasia lagi kalo Indonesia itu salah satu negeri yang memiliki keanekaragaman budaya paling kaya di dunia dengan lebih dari 750 suku dan 500 bahasa dan dialek daerah. Kesenian dan budaya Indonesia sudah diakui di mata internasional, bahkan gamelan diajarkan di sekolah-sekolah di luar negeri, seperti di AS dan Selandia Baru.

Batik Indonesia, wayang dan keris telah diakui UNESCO sebagai warisan budaya. Selain itu, Indonesia juga punya beraneka ragam rumah adat dan tarian daerah yang menjadi daya tarik wisatawan.

5. Bahasa Indonesia itu keren!

Bangga berbahasa Indonesia via megachilly.wordpress.com

Tahu, gak? Ternyata bahasa Indonesia sangat diminati sama orang asing lho, sampai-sampai sudah dipelajari di 45 negara di dunia dan termasuk dalam 10 bahasa yang paling banyak digunakan di dunia. Bahasa Indonesia juga sangat populer di Australia, bahkan digunakan sebagai bahasa resmi kedua di Vietnam. Wuiih!

6. Gak perlu beli pakaian musim dingin

Gak perlu begini di Indonesia via vicvapor.com

Ya. Karena Indonesia cuma mengenal dua musim, yaitu musim kemarau dan musim hujan, dan matahari bersinar sepanjang tahun. Mau pake kaos singlet sama celana kolor doang juga gak masalah.

7. Bisa makan tempe sepuasnya

Tempe goreng murah bergizi via triobebek.com

Tempe adalah makanan asli Indonesia yang enak dan kaya gizi. Yang lebih penting, tempe itu murah! Bersyukurlah kamu jadi orang Indonesia yang bisa makan tempe setiap saat.

8. Mau durian? Tinggal metik!

Sebagai orang Indonesia, kamu gampang banget mendapatkan durian si raja buah-buahan ini, apalagi kalo pas musimnya. Kamu juga pastinya lebih tahan sama aroma durian yang kuat itu daripada orang luar, yang sebagian menganggap aromanya menjijikkan, padahal kan enggak.

Selain durian, kamu orang Indonesia juga bisa dengan mudah mendapatkan beragam buah-buahan segar dengan harga murah di pasar-pasar tradisional.

9. Masakan Indonesia punya citarasa yang kaya

Dibandingkan masakan luar negeri – terutama negara Barat – masakan Indonesia lebih kaya citarasa karena menggunakan bumbu dan rempah yang beraneka ragam. Kalo kamu yang terbiasa makan masakan Indonesia mencicipi masakan luar negeri, mungkin kamu bakal gak doyan karena rasanya kurang kuat.

10. Indonesia punya sistem demokrasi yang berfungsi dengan baik

Demokrasi via indopolitika.com

Suara kamu sebagai rakyat sangat didengar lewat pemilu, baik pemilu legislatif, pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan presiden dan wakil presiden. Memang, mudah buat menganggap hak prerogatif ini biasa-biasa aja ketika yang kita tahu cuma zaman enak. Kalau mau mengerti betapa langkanya hak demokrasi ini, bayangkan aja situasi dimana kamu nggak bisa nge-tweet, buka Facebook, atau browsing situs apapun kecuali foto presiden Indonesia dipajang lebar-lebar jadi banner-nya. Risih banget ‘kan? Emang.

11. Kaya dengan kopi

Indonesia adalah salah satu produsen kopi terbesar di dunia, sehingga kamu bisa mendapatkan kopi dengan mudah dan murah. Kita punya beragam jenis kopi khas daerah yang tersebar di seluruh Indonesia, seperti kopi kintamani, kopi jawa, dan kopi toraja. Indonesia juga satu-satunya produsen kopi luwak, kopi termahal di dunia.

12. Bisa beli apapun secara kredit

The power of ngutang via ramalanintelijen.net

Kamu gak perlu repot-repot menabung bertahun-tahun biar bisa punya rumah, mobil, sepeda motor, atau ponsel pintar terbaru, karena semuanya bisa dibeli secara kredit alias mencicil. Dengan sistem kredit, kamu bisa mendapatkan barang yang kamu inginkan saat itu juga, lalu tinggal menyisihkan penghasilan bulanan untuk membayar cicilan.

12. Punya trik basa-basi yang lebih oke

Halo, apa kabar? via www.indo5.net

Basa-basi seperti “dari mana/mau ke mana?” itu tetep lebih enak diucapkan daripada basa-basi bule yang biasanya kayak gini: “Nice weather, huh?”

Ya terus kenapa kalo cuacanya bagus.

13. Indonesia salah satu masyarakat yang paling ramah di dunia

Orang Indonesia murah senyum via ayotradefx.com

Di Indonesia, kamu masih sering menjumpai orang yang menyapa atau tersenyum padamu saat berpapasan di jalan. Ini karena kebiasaan orang Indonesia yang komunal membuat kita lebih terbuka, bahkan cenderung ingin tahu, pada orang asing.

14. Masih banyak peluang usaha

Mudah buka usaha kecil-kecilan via www.himasif.com

Wiraswasta di Indonesia masih sedikit, padahal pasar masih terbuka sangat lebar. Jadi sebenarnya gampang jadi wirausaha di Indonesia, yang penting kreatif. Orang Indonesia juga pintar melihat peluang mendapat tambahan uang meski cuma modal dengkul.

15. Kamar mandi basah

Kamar mandi basah via rumahmodelsekarang.blogspot.com

Kebanyakan rumah tangga di Indonesia masih berupa kamar mandi basah minimalis yang terdiri dari bak mandi dan toilet jongkok. Dengan gaya seperti ini, kamu gak harus mengorbankan tempat yang luas untuk dijadikan kamar mandi, mandimu lebih fleksibel, dan yang jelas kamu punya alat mandi paling serbaguna yang menghemat banyak air, yaitu gayung.

15. Masih bisa negosiasi sama aparat

Damai itu indah via lpbphotography.blogspot.com

Kalo suatu hari kamu ditilang sama polisi, kamu masih bisa “damai” dengan modal selembar 50 ribuan. Atau kalo kamu cewek yang cukup cantik, kamu bisa ngasih nomor ponsel kamu sebagai syarat damai. Hehehe.

16. Denda pelanggaran sangat ringan

Denda pelanggaran minimal via sofyanakbar.wordpress.com

Kalo kamu ketahuan melanggar peraturan lalu lintas, paling-paling dendanya di pengadilan cuma 30 ribu sampai 100 ribu. Coba kalo berani kayak gitu di Singapura, kamu bisa didenda jutaan dan SIM kamu bisa dicabut. Denda buang sampah di Indonesia juga murah, bahkan seringkali dibiarkan gitu aja.

17. Masih gampang banget dapat barang bajakan

Pembajakan di mana-mana via nrmnews.com

Di Indonesia, kamu masih bisa dengan mudah mendapatkan barang-barang bajakan seperti film, lagu, bahkan game dan perangkat lunak, baik dengan beli dvd bajakannya maupun mengunduh dari internet. Bahkan ada banyak warnet yang telah menyediakan film, lagu, game, dan perangkat lunak di servernya agar bisa langsung disalin oleh pengguna warnet.

Meski sebenarnya undang-undang melarang kamu menggunakan atau memperjualbelikan barang bajakan, kenyataannya pengawasan terhadap penggunaan barang-barang bajakan masih sangat lemah tuh.

18. Remaja di bawah umur masih bisa membeli rokok dan minuman beralkohol

Jangan ditiru ya! via komikfisika.blogspot.com

Udah jelas-jelas tercantum peraturan bahwa remaja di bawah 18 tahun gak diizinkan untuk merokok dan minum minuman beralkohol, tapi tetap aja tuh mereka bisa merokok dan minum dengan bebas di pinggir jalan, di warung, bahkan di sudut sekolah. Ini terjadi salah satunya karena sebagian besar orang Indonesia masih permisif, dan juga gak ada ketegasan baik dari pihak penjual, orang tua maupun penegak hukum. Haduh!

(Oke, kalau yang ini jangan dijadiin budaya.)

Nah, setelah tahu enaknya jadi orang Indonesia, kamu masih belum merasa bangga? Yuk jadi orang Indonesia yang cerdas dan bermartabat, jaga dengan baik potensi bangsa Indonesia dan hindari menikmati sesuatu yang enak tapi gak positif.