Hari pernikahan selalu menjadi hari yang paling dinanti-nanti semua orang. Gak jarang kamu akan menyiapkannya dari jauh-jauh hari agar acara sekali seumur hidup ini berjalan lancar. Karena sakralnya acara, gak jarang kamu sampai menghabiskan waktu 7-12 bulan untuk mulai menyiapkan lamaran hingga tiba resepsi pernikahan.

Nah, sebelumnya Hipwee pernah menguraikannya secara lengkap apa saja yang harus kamu lalui selama 12 bulan menjelang hari sakral disini. Tapi ternyata untuk melancarkan acara pernikahan itu kamu gak hanya harus menyiapkan barang dan undangan — kondisi psikis pengantin juga menjadi kunci agar acaramu bisa selalu dikenang. Dikenang dalam arti baik lho, bukan dikenang karena kamu pingsan atau muntah waktu resepsi.

Supaya kamu dan pasangan bisa lebih tenang di hari pernikahan, coba terapkan 11 tips yang Hipwee berikan di artikel ini. Simak baik-baik yaa.

1. Foto selfie pada detik-detik melepas masa lajang akan membuatmu ingat pentingnya bersenang-senang. Stresmu pun jadi bisa redam.

Selfie dulu via instagram.com

Menikah adalah momen penting yang akan mengubah hidupmu sepenuhnya. Nggak aneh jika kamu akan merasa grogi menjelang pengucapan janji setia di depan pemuka agama. Sambil menunggu tampil di hadapan umum, gak ada salahnya kamu selfie terlebih dahulu di balik layar. Misalnya saat sedang dandan, saat sedang menunggu calon pasanganmu datang, atau saat sarapan pagi.

Advertisement

Boleh jadi kamu sudah menyewa fotografer profesional untuk mengabadikan semua momen, tapi tetap bergaya selfie dengan kameramu sendiri akan membuatmu merasa lebih santai, rileks, dan ingat lagi kalau senyum dan bersenang-senang itu penting. Kamu juga akan punya kenangan yang terekam sempurna melalui foto selfie yang apa adanya. Dengan ini, dijamin stresmu akan berkurang!

2. Hari pernikahan adalah saatnya kamu jadi raja dan ratu sehari, maka menanggalkan handphone setelah selfie bisa membuatmu lebih khusyuk menjalani prosesi.

Tinggalkan HP barang sehari via bridalimage-sf.com

Menikah adalah momen dimana kamu dan calon teman hidupmu akan menjadi raja dan ratu sehari. Jadi kalau kamu ingin benar-benar menikmatinya, pastikan kamu tidak mengantongi handphone di saku celanamu. Kamu gak mau ‘kan saat hari pernikahan malah dibikin kesal oleh penawaran kartu kredit dari bank? Nggak mau juga ‘kan kekhusyukanmu jadi buyar hanya karena ditanya tentang pekerjaan kantor yang tertunda? Nah, agar hari istimewamu bisa dilalui dengan khidmat, jagalah jarak dengan handphone saat hari pernikahan. Orang-orang juga paham kok kalau kamu gak bisa dihubungi hari ini.

Di hari pernikahanmu, gak ada hal yang lebih penting kecuali kamu dan pasanganmu, oke?

3. Pastikan kamu tidur lebih awal pada malam menjelang pernikahan, jadi bisa tampil sumringah saat jadi pusat perhatian.

Jangan tidur malam-malam yak via myhandsmadeit.com

Hari pernikahan adalah hari yang ditunggu-tunggu sepanjang hidupmu. Tapi kadang saking pentingnya acara ini, semua kebutuhan acara nikah membuatmu sering begadang. Boleh sih, kamu wajib untuk tidur lebih awal dan tidur dengan nyenyak. Lupakan semua hal tentang keperluan untuk acara besok pagi, karena sekarang sudah bukan waktunya lagi mengkhawatirkan soal materi. Sekarang adalah saatnya kamu menyiapkan mental dan kondisi badan yang fit.

Tidurlah dengan nyenyak, makan yang bergizi, dan jangan biarkan orang lain mengganggu waktu istirahatmu. Dengan begitu kamu bisa terlihat lebih segar dan sumringah di hari pernikahan esok pagi. Tidur nyenyak juga bisa membuatmu lebih fresh dan menghasilkan mood positif jadi auramu juga akan terlihat lebih segar saat jadi raja dan ratu pesta seharian.

4. Sarapan dengan makanan kaya protein dan karbohidrat bisa membuatmu tetap kuat saat harus salaman dengan ratusan tamu undangan.

Menu sebelum nikah, protein dan karbohidrat via www.buzzfeed.com

Menjadi pengantin, itu artinya kamu harus rela berdiri seharian di gelaran pesta untuk menyalami ratusan tamu undangan. Nah, agar kamu tidak mudah ambruk dan kecapaian, cobalah sarapan dengan menu yang tepat. Disarankan kamu konsumsi makanan yang kaya protein seperti daging, telur, sosis, ikan, dan susu. Jika kamu ingin makan sayuran, pilihlah menu kacang-kacangan. Jangan lupa konsumsi makanan kaya karbohidrat seperti roti, nasi, ubi, atau havermut. Menu makanan ini akan menghasilkan banyak kalori dan energi, jadi kamu tidak akan ambruk atau lemas saat harus seharian berdiri dan senyum pada semua orang.

Jangan sampai kamu pingsan hanya gara-gara kelelahan, atau berkali-kali harus ke toilet karena sering kebelet buang air kecil. Nah, pastikan kamu sarapan terlebih dulu dengan menu yang tepat ya.

5. Pasti kamu berharap baju pernikahanmu tak tercela di hari istimewa. Karena itu, kenakan kemeja katun ketika didandani di depan kaca.

Gunakan kemeja saat dandan biar kamu gak kuatir gaunmu rusak via bengkelweddingmodernmake-upartist.blogspot.com

Seringkali banyak pengantin yang tidak menikmati hari pernikahannya hanya karena dandanan yang tak sempurna. Mungkin saja baju yang selama ini dijaga baik-baik, gak sengaja kena taburan bedak atau jas hitam yang dirawat dengan hati-hati pas hari H malah gak sengaja kena minyak rambut. Untuk mengantisipasi itu semua, kamu bisa coba dandan tanpa mengenakan baju pesta terlebih dahulu.

Saat make up, gunakanlah kemeja katun yang berkancing. Jika dandanan wajah dan rambutmu sudah selesai, kamu bisa dengan mudah melepas bajumu tanpa takut dandananmu akan berantakan. Selain itu kamu juga bisa tampil lebih meyakinkan dan percaya diri tanpa khawatir ada noda di bajumu. Nah, dengan begitu kamu bisa melenggang ke altar dengan rasa bahagia dan tenang.

6. Tampil sempurna saat pesta pernikahan memang keharusan. Tapi bukan berarti kamu harus pakai parfum berlebihan.

Jangan pakai parfum berlebihan via blog.shopious.com

Hari pernikahan adalah hari yang kamu harapkan hanya sekali seumur hidup terjadi. Tentu kamu akan berusaha keras untuk tampil sempurna di hari itu. Tidak seperti biasanya, beberapa hiasan rambut agar lebih cantik, rambut klimis, sampai baju rapi tidak pernah alpa untuk diaplikasikan saat kamu jadi pengantin. Tapi lain ceritanya jika tentang parfum. Tampil sempurna bukan bukan berarti kamu harus pakai parfum secara berlebihan ya, karena wangi yang terlalu menyengat justru bisa membuatmu mual. Apalagi saat wangi ini bercampur dengan keringat yang kamu hasilkan saat harus berdiri seharian.

Nah, jika kamu ingin tetap nyaman dan merasa percaya diri, gunakanlah parfum secukupnya. Pilih parfum dengan aroma yang segar dan tidak menyengat. Dengan begitu, teman-temanmu juga akan lebih nyaman saat memelukmu.

7. Di hari pernikahan kamu harus bahagia, bukannya dipenuhi kecemasan. Berhentilah bertanya pada panitia tentang kesiapan acara — cukup kontak ketuanya jika kamu memang penasaran.

Pastikan kamu bersenang-senang di hari pernikahan via www.tuxandtalesphoto.co.uk

Tidak dapat dipungkiri, kamu bisa resah karena memikirkan kelengkapan keperluan pernikahan. Misalnya, bagaimana katering buat para tamu, bagaimana kalau kondisi bangku, bagaimana para tamu-tamu penting untuk dijamu. Hal-hal seperti ini secara gak langsung kadang menghantui pikiranmu. Apalagi saat beberapa jam menjelang pernikahan.

Kamu gak perlu merepotkan dirimu sendiri dengan menghubungi setiap panitia yang bertugas, karena gak jarang hal ini malah bikin kamu panik. Jika memang terlalu penasaran, cobalah hubungi ketua panitia pernikahan atau koordinator WO. Cukup bertanya pada mereka, supaya kamu bisa menjalani hari pernikahan dengan lega.

8. Merasa tegang di hari pernikahan itu wajar. Namun, kehadiran sahabat di sampingmu bisa menjadi obat yang menenangkan.

Ajak teman-temanmu untuk mengurangi keteganganmu via www.weddingtipsforall.com

Menghadapi hari pernikahan memang gak jarang akan membuatmu merasa tegang. Hal ini karena tanggung jawab setelah menikah yang tak gampang. Namun, hari istimewa itu masih bisa kamu jalani dengan tenang saat ada sahabat-sahabat dekat disampingmu menjelang acara dimulai. Coba biarkaan bridemaids dan groomsmen membantu mengatasi keteganganmu dan membuatmu menjadi lebih santai.

Mungkin kalian bisa bercanda atau berfoto selfie bersama, atau mungkin kalian bisa membicarakan hal lain yang bukan tema pernikahan. Biarkan sahabatmu melontarkan lelucon yang akan memubuatmu tertawa. Dengan cara-cara seperti ini, gak jarang kamu bisa lebih rileks saat mengucap janji suci di depan banyak orang.

9. Kecelakaan kecil mungkin saja bisa terjadi, jadi siapkan wedding day survival kit agar kamu tidak perlu repot mencari pertolongan.

Siapkan wedding survival kit biar tenang via www.flickr.com

Meskipun semua persiapan dari awal sudah sempurna, namun gak jarang hal-hal kecil masih terjadi pada hari H. Misalnya tiba-tiba peniti jilbabmu lepas, kakimu lecet karena sepatumu terlalu pas, keringat membuat dandananmu rusak, sampai ada rasa lapar yang tidak tertahankan. Untuk mengantisipasi itu semua, kamu bisa menyiapkan wedding day survival kit. Isinya meliputi:

  • Sapu tangan atau tissue jika tiba-tiba air matamu jatuh,
  • Plester luka jika kakimu terluka karena sepatu baru,
  • Peniti atau jarum jika beberapa bagian baju pengantimu ada yang lepas,
  • Lipstik untuk membuat penampilanmu tetap apik seharian,
  • Obat maag atau obat sakit kepala,
  • Permen mint untuk membuat napasmu tetap segar dan relaks,
  • Cermin kecil untuk memastikan dandananmu tidak berantakan,
  • dan kudapan seperti biskuit untuk mengganjal perut saat merasa lapar.

Nah, kamu bisa letakkan barang ini di belakang kursi pelaminan. Jadi sewaktu-waktu kamu membutuhkannya, kamu tidak perlu minta pertolongan banyak orang. Dengan begitu, kamu juga bisa menikmati setiap prosesi dengan lebih menyenangkan dan hikmat.

10. Beberapa wanita tidak terbiasa mengenakan sepatu high heels. Jika kamu salah satunya, siapkan sepatu flat cantik jika kamu merasa kakimu sudah tak tahan.

Siapkan flat shoes jaga jaga kalau kakimu sudah kelelahan via ipunya.com

Gak sedikit pengantin wanita yang mengeluhkan kaki sakit karena memakai sepatu high heels sehari penuh. Selain karena bentuknya yang kadang menyiksa tumit, memakainya seharian penuh juga bisa membuat kakimu bengkak. Nah, untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, gak ada salahnya kamu siapkan sepatu flat cantik yang senada dengan gaunmu agar sewaktu-waktu saat kakimu sudah merasa kesakitan, kamu bisa menggantinya dengan segara tanpa perlu panik mencari sepatu pengganti.

11. Kebahagiaanmu akan lebih lengkap dengan ucapan terima kasih pada orang-orang terdekat. Tak terkecuali, orang yang menemanimu duduk di pelaminan nanti.

Ucapkan terima kasih pada pasanganmu via www.bridalguide.com

Menikah memang bukan acara kamu dan pasanganmu semata, tapi acara keluarga besar. Nah, jika kamu ingin kebahagianmu lebih lengkap, cobalah untuk mengucapkan terima kasih pada orang-orang terdekat. Sebelum kamu melenggang untuk mengucapkan janji menjadi bagian hidup orang lain, gak ada salahnya kamu temui orang tuamu, kakekmu, nenekmu, dan keluarga besarmu “terima kasih telah mengantarkanmu hingga momen ini”.

Dan tidak lupa, katakanlah terima kasih pada seseorang yang bersedia duduk menemanimu di pelaminan dan seterusnya. Dengan begitu, kebahagiaanmu menjadi lebih lengkaplah sudah. Kamu tidak akan grogi lagi saat menjalani prosesi dan berhadapan dengan banyk sekali tamu undangan.

Menikah adalah momen sekali seumur hidup yang wajib kamu lalui dengan cara yang menyenangkan. Selain perlengkapan yang siap, mental yang tenang juga menjadi hal penting yang harus ada. Jadi, kamu bisa terapkan tips-tips ini agar kamu tak lagi panik dan deg-degan saat menjalani semua prosesi. Semoga acara pernikanmu nanti lancar, ya.

Bahagia selamanya.