Apa arti sahabat tanpa persamaan? Tapi, apa keistimewaan persahabatan tanpa perbedaan? Persamaan atau perbedaan tak bisa jadi dasar orang untuk mencintai, memberi kasih, kebaikan satu sama lain. Sementara persamaan dan perbedaan sendiri hak lahir sekumpulan manusia, yang pada akhirnya membentuk rasa kemanusiaan sebagai dasar kenapa kita perlu sahabat dan saling peduli. Tapi, kapan kita tahu kalau aku dan kamu sahabatan? Nggak cuma saling follow di Instagram doang lah

Teman dan sahabat bukan perkara kebetulan, itu sebuah takdir yang sudah digariskan. Kamu akan bertemu dengannya, sahabat yang nggak pernah kamu sangka-sangka sebelumnya. Tapi juga tak bisa dimungkiri kita senantiasa, mencari teman sedekat mungkin untuk persahabatan, kadang dicurangi dan dikhianati lalu kita cuma bisa bilang ‘sakitnya tuh di sini’. Mungkin kamu nggak perlu bingung, kalau kamu sudah merasakan beberapa tanda di bawah ini, kamu dan dia bersahabat!

1. kamu dan dia sering tak sengaja menggosipkan orang yang sama, jadi bukti kalian punya kecurigaan yang juga sama

Gosip yang kamu tunggu datang dari sahabatmu, buruan samperin via unsplash.com

Banyak hal yang bisa jadi bahan obrolan dengan teman. Saat nggak sengaja kamu dan dia merasa curiga dengan seseorang yang sama, kamu seketika mengumbar gosip satu sama lain dan menemukan keasyikan itu. Kalau sudah begini, mau bicara apapun kayaknya jadi asyik, tapi jangan sampai kebablasan ya, kebanyak gosip nggak jelas malah bahaya.

2. Dia merasa kamu tempat terbaiknya untuk curhat, karena kamu atau dia tak pernah takut rahasia itu dibocorkan ke orang lain

Nggak ada lagi rasa malu, satu sama lain sudah tahu keburukkan masing-masing… via unsplash.com

Advertisement

Dia datang kepadamu dan memilihmu sebagai tempat terbaik untuk melepas segala curahan perasaan. Dari masalah cinta, follower Instagram yang berkurang sampai rahasia-rahasia kecil yang tabu jika diutarakan ke orang-orang. Saat kamu mulai nggak merasa khawatir jika rahasia itu akan dibocorkan temanmu itu, kamu dan dia bisa dipastikan sudah jadi sahabat!

3. Meski kadang garing, kamu dan dia punya selera humor yang sama. Sederhananya kalian punya candaan internal

Sebenarnya nggak lucu, sumpah via unsplash.com

Tertawa adalah hal paling sederhana dari cerminan keakraban. Kadang, walau bertemu dengan seseorang yang asing, hanya dengan guyonan kamu dan dia jadi semakin akrab. Kamu dan dia punya selera humor yang sama, walau kadang sama-sama garing, kalian tetap menertawakan kegaringan itu. Persahabatan yang mengesankan.

4. Kamu dan dia selalu asyik untuk membicarakan apapun, tanpa kamu merasa takut diomongin di belakang

Sudah saling percaya nih via unsplash.com

Padahal baru kenal satu dua hari, tapi rasanya sudah layaknya saudara sendiri. Kamu bebas mengungkapkan apapun, dari pemikiran kritis sampai gosipin teman kelas. Kalau kamu sudah merasa nyaman begini, sudah merasa nggak malu lagi lakuin segala hal konyol, jelas banget kamu dapatkan sahabat yang selama ini kamu cari.

5. Sering beda pendapat lalu berusaha buat menghargai pendapat masing-masing, meski bete sebentar tapi setelahnya kamu dan dia sadar diri

Pas maaf-maafan malah nangis via unsplash.com

Sahabat nggak selamanya harus punya pemikiran sama, justru kalau kamu dan dia punya pandangan beda malah bikin suasana lebih meriah layaknya keluarga. Kamu kerap marah, begitu juga dia, tapi paling cuma makan waktu sebentar dan setelahnya semua kembali seperti semula. Yang lebih spesial lagi kala kamu atau dia merasa bersalah, ada permintaan maaf yang mengurai air mata dan hal ini saling mendekatkan kalian.

6. Ngobrolin soal cita-cita sampai karir tanpa pernah merasa khawatir tersaingi, yang ada kalian justru saling mendukung!

Awas! Friend zone! via unsplash.com

Kamu dan dia punya kemampuan yang berbeda, di satu sisi dia unggul, di sisi lain mungkin kamu yang unggul. Saat ngobrolin masa depan yang penuh harapan dan cita-cita kalian tanpa segan beradu argumen dan malah saling mendukung. Nggak ada lagi rasa takut tersaingi, malah kalian melangkah bersama ke depannya. Kalian hebat!

7. Meski kalian beda gaya penampilan, tapi kalian saling memberi masukan tanpa membuat salah satu tersinggung atau berkeberatan

Beda tapi tetep kompak! via unsplash.com

Dalam hal apapun yang namanya penampilan pasti jadi hal yang bisa langsung dilihat mata. Kalau kamu dan dia punya selera yang beda, tak masalah, meski kadang saling cerewet memberi komentar dan masukan toh itu untuk kebaikan kalian. Yang jelas kalian jadi tambah kompak, beda gaya tapi punya cinta yang sama, persahabatan jadi semakin lucu kalau dikit-dikit marah dan dikit-dikit minta maaf menye-menye. Kalian kelihatan kompak walau beda gaya!

Ketika persahabatan sudah berjalan dengan baik, di depan sana nantinya akan ada banyak gejolak yang bisa saja meruntuhkan kekompakkan kalian. Semoga nggak ada persahabatan parasit yang bikin teman makan teman, merasa dikhianati dan jadi musuh selamanya. Semoga juga kalian para cowok yang punya sahabat cewek nggak terjebak dari ganasnya friend zone, baiknya persahabatan kalian jangan dipaksakan buat jadi pacaran, kalau satu menolak mending jadi sahabat saja. Langgeng ya!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya