Seperti yang udah dibahas Hipwee sebelumnya, cewek itu penuh rahasia — dikelilingi jutaan kode yang sulit untuk dibongkar. Kamu bisa melihat di raut wajahnya bahwa ada yang salah, tapi kamu gak tahu apa. Dari cara dia bicara, kamu tahu ada yang janggal. Tapi dia selalu bilang:

“Aku gak apa-apa, kok

Itu adalah kalimat yang paling membingungkan bagi cowok Indonesia. Kita tanyain terus nanti dia marah, kita diemin dia malah tambah marah. Untungnya bagi cowok (yang gak bisa baca kode), cewek selalu menunjukkan tanda-tanda kalau dia lagi menyimpan amarah. Ini dia gejala yang bisa kamu diagnosis untuk mengetahui apakah hubungan kalian masih sehat atau sedang memburuk.

1. Dia Gak Menghubungi Kamu Duluan

Tidak Memulai Komunikasi via images.askmen.com

Biasanya chat dari dia sudah nangkring di ponsel kamu pagi-pagi. Setelah dia selesai dengan aktivitasnya, dia yang duluan nelpon kamu. Sebelum tidur dia menyempatkan diri untuk mengucapkan selamat malam padamu. Tapi cewek yang lagi marah gak mau buka jalur komunikasi duluan. Kamu akan heran ketika melihat ponselmu sepi dari dia dan akhirnya kamu duluan yang kirim chat atau menelepon.

2. Merespon Dengan Datar dan Dingin

Advertisement

Sedingin Es via askmen.com

Akhirnya kamu memulai pembicaraan, tapi respon dari dia selalu pendek, dingin dan langsung ke intinya. Membaca chat dari dia seperti menerima SMS kuis dari operator ponsel: ‘Ya’ & ‘Nggak’. Kalau cewek kamu mulai gak mau bicara panjang lebar dan gak detail berarti dia sedang kesal dengan sesuatu. Suatu hal yang bahkan gak sedang kalian bicarakan. Dan jika responnya cuma satu-dua kata, maka kamu harus siap-siap menyambut masalah besar!

3. Balas SMS-nya Lama, Itu Pun Kalau Dibalas

Malas dan gak minat via images.askmen.com

Masih untung kalau dibalas, tapi untuk ukuran ceweak yang selalu nge-cek ponselnya dia lama banget cuma untuk balas SMS, chat, atau semacamnya. Padahal biasanya dia paling cepat dan rajin balas. Kenapa lama? Karena dia sebenarnya gak terlalu berniat untuk balas SMS kamu. Kalau pun dibalas itu hanya karena dia gak mau dianggap kejam.

4. Pembicaraan Kalian Gak Bisa Nyambung

No More Words via images.askmen.com

Obrolan kalian gak bisa nyambung karena dia gak lagi berusaha “mengimbangi” pembicaraan. Padahal, cewek biasanya suka banget ngomongin sesuatu, entah itu rencana buat weekend depan atau sekedar ngomentari restoran yang barusan kalian datangi. Kamu harus terima berusaha melanjutkan percakapan sendirian. Semakin keras kamu mencoba, semakin terasa bahwa ini adalah komunikasi satu arah. Kamu kayak ngobrol sama aplikasi Siri.

5. Tingkah Laku Dia Mulai Aneh

Ketawa Sarkastik via images.askmen.com

Kamu udah kenal dia cukup lama jadi kamu bisa membedakan apakah dia benar-benar bahagia atau terlalu ‘bahagia’. Dia mulai bertingkah berlebihan, ‘bahagia’ yang dia tunjukkan agak diluar batas bahkan menjurus ke sarkasme. “Oh, akhirnya. Aku kira kamu gak mau lagi ajak aku jalan-jalan.”

Kelakuan seperti ini menunjukkan kalau dia memang lagi gak senang sama sesuatu. Tapi karena kamu gak sadar apa yang salah, dia jadi bertingkah. Ketawa keras-keras untuk menunjukkan ke kamu bahwa dia kesal, dan/atau semacamnya.

6. Gak Ada Lagi Pegang-Pegangan Tangan

No more touching via images.askmen.com

Selain kontak komunikasi yang tersendat-sendat kontak fisik kamu dengan dia juga berkurang drastis dan bahkan hilang. Sentuhan adalah bagian penting dari sebuah hubungan yang sehat. Gak perlu pikir yang macam-macam, ambil contoh pegangan tanga aja. Masih sering gak kalian lakukan? Jika gak ada lagi sentuhan yang datang dari dia selama berhari-hari berarti dia benar-benar marah sama kamu.

7. Dia Gak Peduli Lagi Dengan Kesukaanmu

Nggak peduli! via www.dapur-uang.com

Karena udah kenal dan sayang sejak lama, dia selalu hapal makanan apa yang kamu suka, film seperti apa yang akan kamu tonton, atau jadwal pertandingan tim sepakbola favorit kamu.Tapi jika pada suatu malam dia datang membawakan makanan yang jelas-jelas kamu gak suka dan mengganti pertandingan sepakbola di TV dengan sinetron yang bikin kamu muntah, itu bukan tanda-tanda dia sudah pikun. Dia sedang gak peduli dengan hal-hal favoritmu.

8. Membesar-Besarkan Hal Sepele

Mudah Meledak via images.askmen.com

Akibat akumulasi amarah yang dia pendam selama ini, masalah sekecil lupa nama sepeda motornya (iya, dia namain sepeda motornya) bisa bikin cewek kamu meledak. Ini juga bisa jadi akibat kecuekan kamu terhadap gejala-gejala yang dia tunjukkan di atas. Bila kalian sudah mencapai level ini, segera cari akar masalahnya. Kalau nggak, akibatnya bisa fatal.

9. Manggil Kamu Pake Nama Asli

Siapa namamu? via images.askmen.com

Biasanya kalian punya panggilan kesayangan “Yang”, “Say”, “Hun” atau apa lah. Tapi, sekarang kamu gak pernah lagi dengar dia manggil kamu dengan panggilan sayang. Udah beberapa hari ini dia manggil kamu dengan nama, nama lengkap pula. Tega.

10. “Aku Nggak Peduli.”

Terserah lo deh. via i.brta.in

Ini jauh lebih tega. Yeah, ini kalimat yang bikin leher kamu berasa dicekik. Ketika kamu tanya pendapat dia tentang suatu hal, dia cuma jawab, “Terserah, aku nggak peduli”.

Dia sebenarnya tetap peduli sih. Cuma, dia gak mau ngasih komentar karena lagi marah berat sama kamu. Pada akhirnya sih dia tetap akan cerita apa yang sebenarnya bikin dia kesal, apa yang buat dia marah. Kalau kamu penyebabnya, segera selesaikan.

Tapi jika dia tetap gak mau cerita kenapa dia sedingin es selama ini, maka hubungan kalian sedang di ujung tanduk.