1. colokan

dokumentasi pribadi via https://www.facebook.com

Kenapa wajib? emangnya gak ribet?

Nah, itu dia masalahnya. jangan menyepelekan benda satu ini. bila kamu berfikir bahwa colokan itu ribet dan kamu gak bawa, maka sewaktu kamu berpergian atau kkn nanti pasti kamu akan kesusahan sendiri karena, sekarang udah zama gadget, udah pada punya Smartphone, laptop, kamera, hp nokia 1300 (yang bisa gebukin orang itu lo hehe) itu semua butuh listrik, dan daripada rebutan colokan mending dibawa deh colokan portabel kayak gini, bisa ngecas gadget mu sekaligus dan bisa menghindari sakit hati dari orang yang pelit hihihi.

2. Baju Batik

google Image via https://www.google.com

Ngapain bawak batik? berat tau

Advertisement

Tunggu dulu..

batik ini penting banget loh dibawa ketika kkn karena kita gak tau loh kondisi dilapangan gimana, jangan-jangan di salah satu desa ada acara dan mahasiswa kkn kudu dateng sedangkan kamu gak punya baju yang formal?? makanya, wajib deh kamu bawa baju batik, kalau kamu merasa berat membawa batik ini satu lembar aja, kamu bisa pilih bahan yang lebih ringan. mana tau di desa ada kondangan, lumayan makan gratis.

3. Flashdisk

google image via https://www.google.com

kalau ini penting banget loh. Mana tau ni ya, kamu butuh data-data dari kantor desa, atau nyimpan foto narsis sewaktu kkn karna memori kamera yang penuh? ya si kecil Flashdisk ini primadonanya

4. Catatan Kecil

google image via https://www.google.com

Nah ini juga penting karna disini kamu bisa bikin jadwal kamu, catat informasi supaya gak lupa, dan catat data-data dari masyarakat yang menurut kamu penting, atau jadi diary juga boleh asal jangan di coret-coret gak penting dikertasnya, sayang kertasnya.

5. Sendal Jepit

google image via https://www.google.com

Sendal jepit merupakan barang yang penting saat dibawa sewaktu kkn, karena gak mungkin kamu bakal sering pakai sepatu kan? kalau kamu takut sendal kamu ada dicuri, kamu bisa nandain sendal kamu seperti gambar di atas hihihi…

Nah, itu deh baranng- barang yang wajib kamu bawa sewaktu KKN, semoga kamu gak lupa ya.. oh iya jangan lupa share ke teman-teman se kkn mu ya.

Oh iya kamu punya pengalaman buat kkn ? tulis komentarmu disini!

Dan semoga sukses kknnya ya.