Di antara kita mungkin ada yang pernah mengalami penipuan dengan modus minta dikirimi pulsa, minta transfer sejumlah uang, atau yang lebih bahaya yaitu hipnotis via obrolan di telpon. Pada kasus yang lebih profesional lagi, akhir-akhir ini banyak hacker yang dengan mudahnya mengakses data pribadi kita mulai dari obrolan, lokasi, data diri dan sebagainya. Tentunya, siapa pun tidak menginginkan privasi kita disalahgunakan bukan?

Era digital di mana kebanyakan orang cenderung menuangkan segala aktivitasnya ke dalam gadget, membuat arus informasi tersimpan di dalamnya rawan sekali terkena sadap. 5 cara berikut ini membuatmu tetap nyaman menjadi pengguna gadget. 

1. Bercakap-cakap di Aplikasi Chatting Terenkripsi

Aplikasi terenkripsi via http://pixabay.cm

Saat ini banyak sekali aplikasi smartphone yang memfasilitasi kita untuk melakukan percakapan. Namun sebelum menggunakannya, pastikan aplikasi itu memiliki pengaturan enkripsi. Enkripsi merupakan cara mengamankan informasi sehingga hanya dapat diakses dengan bantuan khusus.

Kalau sistem tersebut tersimpan pada aplikasi chatting, tak perlu khawatir obrolan kita dibaca oleh pihak tak bertanggung jawab. Karena sistem enkripsi mengubah pesan asli menjadi bentuk yang lebih rahasia atau disebut chiperteks. So, apa kamu sudah cek aplikasi chatting favoritmu?

2. Cari Lokasi Secara Offline

Search location offline via http://pexels.com

Advertisement

Banyak sekali pengguna gadget yang mencari lokasi dalam keadaan online. Dan banyak yang tidak tahu kalau dalam keadaan offline pun kita dapat menemukan tempat yang kita tuju. Biasanya aplikasi pencarian lokasi menyediakan fitur pencarian offline alias tanpa terkoneksi jaringan internet pun kita tetap dapat menelusuri suatu tempat. Unduh saja satu wilayah yang sering dan mungkin akan kamu lalui.

Dengan cara ini kemungkinan informasi pribadi diakses oleh pihak penyedia jasa pencarian akan semakin kecil. Keuntungan lainnya, dapat menghemat kuota internet dan tak perlu khawatir terkena gangguan sinyal karena memang tak terhubung dengan jaringan.

3. Hindari Menggunakan Keyboard Virtual Tambahan

Keyboard virtual via http://pexels.com

Jangan mengira fitur keyboard virtual tambahan hanya sekedar penghias saja dan dapat meningkatkan kecepatan keyboard. Kamu perlu waspada bagaimana cara kerja sistem yang ada di dalamnya. Karena ada beberapa jenis keyboard virtual yang diam-diam menyimpan kata-kata yang kamu ketik pada papan keyboard.

Sebenarnya mudah saja mengetahui apakah keyboard bantuan itu berbahaya atau tidak. Apabila pada saat menginstal terdapat pemberitahuan tentang adanya bahaya yang ditimbulkan, maka jangan sekali-kali mengabaikan peringatan tersebut.

Oleh karena itu ada baiknya kamu tidak memasang keyboard virtual tambahan. Karena sistem bawaan keyboard virtual pada smartphone telah didesain untuk bekerja secara optimal dan aman.

4. Kurang-kurangi Berbagi Lokasi di Media Sosial

Update berlebihan via http://pexels.com

Senang sekali rasanya jika banyak yang tahu ketika kita berada di sebuah tempat yang mewah. Biasanya yang kita lakukan ialah meng-update lokasi tersebut ke media sosial. Selain itu, aktivitas di kantor, kampus, atau tempat-tempat hang out kerap kali kita publish.

Adanya fitur share location pada hampir setiap aplikasi membuat kita cenderung membagi informasi lokasi tanpa memikirkan efek depannya. Hal ini akan dimanfaatkan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab untuk membaca pola mobilitas kita.

Saat ini memang belum begitu banyak kejahatan dengan modus seperti ini, namun kejahatan akan menempuh berbagai cara untuk bisa mendapatkan keuntungan. Alangkah baiknya jika kita batasi kecenderungan berbagi lokasi hanya untuk keperluan yang penting saja bukan untuk pamer atau ekspresi yang berlebihan.

5. Simpan Data-data Penting di Penyimpanan Awan

Penyimpanan awan lebih aman via http://pexels.com

Sering kali kita melakukan transaksi atau pertukaran informasi di gadget. Dengan mudahnya data-data penting tersimpan pada perangkat ini seperti foto, dokumen kerja, pasword email, nomor pin dan sebagainya. Setelah itu kita merasa aman. Padahal, gadget rawan sekali dicuri atau disadap. Untuk menghindari risiko ini, baiknya kita menyimpan data penting tersebut pada aplikasi penyimpanan awan.

Sekarang banyak sekali penyedia jasa penyimpanan awan mulai dari yang gratis sampai berbayar. Keuntungan lainnya, penyimpanan ini menjadi solusi ketika kamu lupa membawa gadget saat keluar rumah. Kamu tetap dapat mengakses data-data di gadget melalui perangkat komputer asalkan tidak lupa pasword dan email akun penyimpanan tersebut. Dengan cara ini maka kita akan tetap nyaman beraktivitas via gadget.