Tidak memiliki pasangan bukan berarti tidak ada hal menarik yang dapat kamu lakukan. Justru terkadang beberapa hal tidak bisa kita lakukan saat memiliki pasangan. Utamanya kegiatan-kegiatan yang terkait dengan diri sendiri. Apalagi dengan pasangan hidup atau pasangan yang telah menikah, di samping mungkin keterbatasan waktu, tak jarang banyak pasangan yang memberikan larangan-larangan. So, sebelum kamu terikat pada sebuah hubungan, ada baiknya melakukan hal-hal berikut ini. Di samping nyenengin, juga akan berguna bagi diri kamu!

1. Saatnya kamu mengeksplorasi diri sendiri, dan melakukan hal-hal yang kamu sukai

Bisakah kamu menyebutkan apa saja hobi yang kamu sukai? Banyak lho dari kita yang tak mengetahui apa sebenarnya hobi atau kegiatan yang disukai. Lebih-lebih bagi kamu yang terlalu banyak sibuk dan rajin dengan hal-hal berbau sekolah. Jika pun tahu, pas kamu memiliki pasangan terkadang hanya dapat dilakukan dalam intensitas yang minim.

Cari hobi, passion, atau apapun hal positif yang kamu sukai. Lakukanlah dengan tekun dan tentu saja bahagia. Eits, jangan pernah meragukan hobi karena bisa jadi hobi itu merupakan masa depan kamu.

2. Saatnya kamu buat review hal-hal menyangkut kehidupan kamu

Mereview diri via http://ignitumtoday.com

Pernahkah kamu mencoba untuk me-review kehidupan kamu? Hal-hal yang terjadi dalam diri kamu, apa saja yang pernah kamu inginkan dan cita-citakan, upaya apa yang kamu lakukan untuk meraihnya, pencapaian-pencapaian yang telah kamu raih atau apa saja yang menyangkut diri sendiri. Jika belum, cobalah untuk melakukannya.

Advertisement

Buatlah sebuah gambaran utuh tentang diri sendiri yang benar-benar kamu tulis atau dituangkan dalam sebuah mindmap. Dengan melakukan hal ini, kita bisa mengenal bagaimana sebenarnya karakter kita. Apa-apa yang menjadi kekurangan dan mana saja yang perlu kita perbaiki dari diri sendiri. Mengetahui secara pasti apa saja yang sebenarnya kita inginkan dalam hidup. Berfungsi pula agar hal-hal penting yang semestinya kita lakukan tidak terlewat. Hal ini juga akan berguna bagi masa depan, membuat jalan meraihnya menjadi lebih terarah dan fokus.

3. Saatnya kamu membahagiakan orang tua dan orang sekitar

Membahagiakan Orang Tua via http://google.com

Kita sebenarnya sadar bahwa orang yang paling harus dibahagiakan dalam kehidupan kita adalah orangtua. Namun diakui atau tidak, kita seringkali jauh dari itu. Untuk pasangan, kita sanggup melakukan apapun demi membuatnya bahagia. Rela mengorbankan banyak hal untuk membuat mereka terkesan.

Ya, meskipun kita tidak akan pernah sanggup membalas kasih sayang orangtua kita, namun menjadi kewajiban kita untuk membuat mereka bahagia. Selain kamu berusaha membanggakan orangtua lewat prestasi, kamu bisa melakukan banyak hal yang dapat membuat mereka bahagia.

Tak melulu soal materi, banyak hal-hal sederhana yang dapat kamu lakukan. Misalnya saja memberi kejutan-kejutan kecil berupa hadiah yang kamu buat sendiri di hari-hari spesial. Misalnya saja puisi, lukisan, atau hasta karya yang kamu buat sendiri. Atau bisa juga dengan meluangkan waktu untuk sekedar menemani aktivitas mereka dan bercengkerama dengan mereka. Dijamin deh, orangtua kamu pasti akan seneng banget.

4. Saatnya kamu buat banyak-banyak traveling dan menjelajah

Kita semua sepakat traveling adalah hal yang menyenangkan. Aktivitas ini kadangkala menjadi terbatas apalagi bagi kamu yang telah menikah dan dikaruniai momongan. Traveling tetep bisa sih dilakukan saat itu, namun menjadi sangat terbatas.

Nah, beruntung bagi jombloers yang dapat melakukan aktivitas ini tanpa larangan dari siapapun.

Dapat dengan hangout sama temen-temen, atau menjelajah sendiri. Jangan salah, banyak orang yang senang dengan traveling sendiri. Karena biasanya saat sendiri, kamu benar-benar bebas untuk mengeksplor banyak hal. Kamu bisa mengetes sejauh mana nyali kamu, kamu bisa berkenalan dengan siapapun, atau mengunjungi tempat-tempat yang bikin kamu exited.

Mempelajari banyak hal di tempat-tempat baru, kearifan lokal, maupun budaya setempat.

5. Saatnya kamu memperbanyak doa untuk memperoleh pasangan yang baik

Berdoalah via http://google.com

Jika kamu belum memiliki pasangan itu berarti memang belum waktunya kamu dipertemukan. Pada saatnya nanti, percayalah Tuhan akan memberikan takdir berupa pasangan yang terbaik.

Ada sebuah kata bijak, lelaki yang baik untuk wanita yang baik dan sebaliknya. Maka cobalah untuk merefleksikan diri sendiri, sudah baikkah kita sebagai pribadi?

Bercerminlah dahulu terhadap banyak sisi dalam kehidupan kamu. Secara karakter, perilaku, pemikiran dan lain-lain. Lalu kemudian sisipkan harapan dari tiap-tiap doamu agar mendapatkan pasangan yang baik serta membahagiakanmu.