Banyak orang menganggap Bitcoin adalah hal yang menakutkan dan membingungkan. Apakah Bitcoin adalah bentuk investasi yang sesuai dengan kamu?

Saya adalah Claristy, Country Analyst Luno (sebelumnya BitX) Indonesia - salah satu platform global untuk jual beli Bitcoin yang sekarang hadir di Indonesia. Artikel ini akan memaparkan fakta-fakta yang harus kamu ketahui sebelum membeli Bitcoin pertama kamu.

Bitcoin adalah mata uang digital yang dapat kamu gunakan sebagai bentuk investasi dengan harapan nilai Bitcoin akan semakin mahal, untuk transaksi, atau untuk mengirimkan uang ke luar negeri tanpa biaya apapun. Tujuh tahun setelah pertama kali diluncurkan - Bitcoin semakin populer, dan orang-orang mulai menggunakan Bitcoin karena berbagai alasan.
Apapun alasannya, ada beberapa hal penting sebelum kamu membeli Bitcoin pertama kamu. Berikut adalah 7 hal yang perlu kamu ketahui:

 

1. Harga Bitcoin didasarkan pada supply and demand

Buy and Sell

Buy and Sell via http://media.giphy.com

Tidak seperti uang pada umumnya, yang diproduksi oleh bank sentral dan dikendalikan oleh pemerintah - TIDAK ada satupun perusahaan atau institusi yang mengontrol Bitcoin. Harga Bitcoin hanya berdasarkan penawaran dan permintaan yang ada di antara orang-orang yang membeli dan menjual Bitcoin di pasar Bitcoin. Jadi, kalau kamu melihat harga Bitcoin berubah setiap detik, hal tersebut mencerminkan bahwa seseorang baru saja melakukan jual dan beli Bitcoin di pasar.

2. Jumlah Bitcoin terbatas

Jumlah Bitcoin yang terbatas dimaksudkan untuk menjaga nilai mata uang tersebut. Hanya ada 21 juta Bitcoin yang tersedia di dunia. Jumlah ini telah dikonversikan dalam bentuk kode-kode programming dan Bitcoin terakhir diperkirakan akan ‘ditambang’ sekitar tahun 2140.

Dengan begitu, Bitcoin mirip seperti emas - yang jumlahnya terbatas di seluruh dunia. Keterbatasan emas menjadikan nilai emas selalu berharga, dan Bitcoin sama dengan Bitcoin dalam hal tersebut.

3. Setiap transaksi yang dilakukan dengan Bitcoin 100% transparan

I see you

I see you via https://giphy.com

Semua transaksi Bitcoin dicatat pada sebuah ‘buku’ yang disebut blockchain, bahkan dari transaksi Bitcoin pertama yang pernah dilakukan. Jumlah Bitcoin yang kamu kirim dan alamat dompet (tujuan), semua dicatat dan dapat dilihat pada rantai blok, oleh semua orang. Namun, transaksi hanya dapat diidentifikasi melalui ‘kunci pribadi’ sehingga tidak ada yang bisa melihat atau mencuri informasi pribadi kamu.

4. Pilih akses yang sederhana dan mudah ke Bitcoin Kamu

Kalau kamu ingin membeli Bitcoin, kamu perlu menemukan ‘dompet’ untuk menyimpan Bitcoin tersebut. Pilihlah dompet yang sederhana dan terpercaya agar kamu dapat dengan mudah membeli, menjual, dan menyimpan Bitcoin kamu. Dompet tersebut harus menawarkan kemudahan dalam membeli Bitcoin dengan Rupiah dan juga menjual Bitcoin untuk mendapatkan Rupiah.

5. Menyimpan Bitcoin kamu dengan aman

security

security via https://giphy.com

Keamanan dompet Bitcoin yang kamu pilih harus menjadi salah satu prioritas utama kamu. Beberapa dompet Bitcoin memungkinkan kamu untuk menyimpan Bitcoin pada perangkat kamu (komputer, hp, atau hardware lainnya). Namun hal ini bisa berbahaya karena jika kamu kehilangan ponsel atau laptop tersebut, Bitcoin kamu akan hilang selamanya. Oleh karena itu, sangat penting bagi kamu memilih tempat penyimpanan Bitcoin yang terpercaya dan aman, seperti ketika kamu memilih bank ketika akan menyimpan Rupiah kamu.

Biasanya penyedia jasa Bitcoin Wallet gratis dan tidak dikenakan biaya apapun. Sebaiknya kamu memilih penyedia Bitcoin Wallet yang telah ada di berbagai negara, karena biasanya mereka menyimpan Bitcoin kamu dengan hot and cold storage, otentikasi multi-faktor, dan berbagai protokol keamanan lainnya.

6. Kamu tidak harus membeli 1 Bitcoin. Kamu bahkan bisa membeli 0.00000001 Bitcoin!

1 satoshi bernilai 0.00000001 Bitcoin. Jadi, satoshi adalah term yang digunakan untuk jumlah terkecil Bitcoin. Banyak orang tidak membeli Bitcoin karena mereka tidak memiliki jutaan Rupiah untuk membeli 1 Bitcoin, namun sebenarnya kamu bahkan bisa membeli Bitcoin dengan 10.000 Rupiah!

7. Beli Bitcoin sebagai bentuk investasi, namun jangan habiskan seluruh pendapatan Anda untuk Bitcoin.

A little bit

A little bit via https://giphy.com

“Do not commit all to one boat” - pepatah Latin ini sempurna menggambarkan saran dalam melakukan investasi dalam bentuk apapun, termasuk Bitcoin. Diversifikasi portofolio adalah praktik terbaik untuk investasi kamu. Bitcoin dianggap oleh banyak investor sebagai aset yang tidak ada korelasi ke bentuk investasi lainnya (saham, emas, dan sebagainya). Hal ini menjadikan Bitcoin pilihan sempurna bagi seseorang untuk diversifikasi aset investasinya. Sebaiknya untuk memiliki beberapa Bitcoin murni karena Bitcoin adalah bentuk investasi yang tidak seperti aset lainnya yang kamu miliki.