Mendaki gunung adalah olahraga sekaligus hobi yang sedang digandrungi masyarakat Indonesia saat ini. Entah itu sekedar ikutan trend atau memang sudah hobi dari dulu, hampir semua gunung di akhir pekan atau libur panjang selalu penuh oleh para pendaki. Lini sosial media pun tak sepi dari eksistensi para pendaki pendaki hits nan kekinian. Banyak foto-foto dengan latarbelakang pemandangan gunung yang keren dan Instagram-able.

Yuk, simak beberapa aksesoris yang dapat dibawa oleh pendaki, bukan hanya untuk menunjang kebutuhan foto semata, tapi juga berguna untuk perjalanan pendakian. Cekidot!

1. Mumpung naik gunung, cobalah untuk PD memakai topi demi perlindungan dari sinar matahari

Tuh kan jadi makin kece via https://pexels.com

Selain berguna untuk menambah kekecean dalam berfoto, membawa topi juga dapat melindungi kepala dari panas yang menyengat. Jadi nggak ada salahnya untuk menjadikannya sebagai salah satu daftar barang yang wajib kamu bawa ke gunung!

2. Syal, bukan sekedar gaya, ini juga bisa menghangatkan tubuhmu

Nah siapa sih yang nggak tahu fungsi dari aksesoris yang satu ini? Selain dapat memberikan kehangatan di udara dingin saat pendakian, syal juga berguna lho buat foto kece a la-a la drama Korea. Dijamin deh foto-fotomu makin terlihat menawan.

3. Selimut yang nggak terlalu tebal, tapi tetap hangat buat di pendakian

Bisa banget a la a la Bollywood via https://pexels.com

Advertisement

Ini dia yang lagi trend di banyak foto para pendaki! Selimut dengan motif ethnic ini lagi banyak digandrungi kalangan pendaki. Selain fungsinya yang dapat memberikan kehangatan di tengah cuaca gunung yang tak menentu, selimut ini juga dapat digunakan untuk foto foto kekinian yang membuat kualitas fotomu makin juara.

4. Payung pun nggak boleh luput dari barang bawaan. Praktis dan bisa melindungimu dari cuaca tak menentu

Sini bang payungan sama adek via https://pexels.com

Siapa bilang bawa payung saat mendaki itu lebay? Nggak juga kok. Saat musim hujan, membawa payung juga berguna, karena memakai jas hujan saja sepertinya tidak cukup. 

Tapi ingat ya, jangan pakai payung di gunung saat ada petir. Material payung yang beberapa terbuat dari besi dapat menyebakan sesorang tersambar petir, seperti kasus pendaki di Gunung Arjuno tempo hari.

5. Bawa juga kacamata hitam biar perjalananmu nggak terganggu karena silau

Pakai kacamata biar gak silau via https://www.google.com

Kali ini pasti sepakat kalau benda yang satu ini memang paling nggak luput dari aksesoris yang wajib dibawa oleh pendaki. Selain fungsi yang sebenarnya untuk melindungi mata dari paparan langsung sinar matahari, kacamata juga dapat digunakan sebagai aksesoris dalam berfoto biar fotomu makin ciamik.

6. Gelang Paracord, selain membuat tampilan keren, ini juga bisa digunakan saat kondisi darurat

Bisa untuk Suvival Kit via https://hardposttravel.com

Gelang yang terbuat dari tali paracord ini, selain modelnya yang keren, ternyata juga tali yang menjadi bahan gelang ini dapat digunakan saat kondisi darurat atau sebagai survival kit seperti pengganti tali sepatu, tali tenda dan menghentikan aliran darah saat terluka atau mengikat barang bawaan di keril.

Nah itu lah beberapa aksesoris perlengkapan gunung yang dapat dibawa saat mendaki, tetap perhatikan kegunaan dan efisiensi barang bawaan ya. Jangan sampai membawa barang barang yang tidak perlu hingga menyebabkan bawaan over kapasitas. Tetap jaga keselamatan, jangan hanya karena ingin terlihat hits di foto justru membahayakan diri sendiri.

Selamat mendaki!