Anak fisika ya? Wah keren... Pasti pintar..

Buat kamu-kamu yang memilih jurusan fisika pasti udah gak asing lagi dengan pujian-pujian yang malah terdengar seperti sindiran ditelingamu itu. Fisika memang selalu menjadi momok menakutkan di dunia pendidikan, jadi ya wajar saja bagi kamu yang bergelut di dunia Einstein ini bakalan dipandang wah dan pintar. Padahal kenyataan di lapangan mah berbeda.

Tidak semua mahasiswa fisika itu pintar loh, banyak juga yang pintar-pinta. Termasuk aku...^^ Nah beberapa langkah di bawah ini akan membantu kita memahami fisika.. Yuk Check it...

 

1. Sukai Dulu Pengajarnya..

Sukai dulu pengajarnya ya...

Sukai dulu pengajarnya ya... via http://log.viva.co.id

Ibarat kata orang ni ya..

Tak kenal maka tak sayang. Tak sayang maka tak cinta dan bla bla bla..

Nah sebelum berusaha menyukai fisika yang emang ngejelimet itu, lebih baik kenali dan sukai dulu pengajarnya. Buang jauh-jauh deh pikiran jelek tentang pengajarnya, karena itu akan membuat kamu sulit untuk memahami pelajaran yang akan diajarkannya. Ntar yang ada malah apa yang diajarkannya cuma bakalan ngantul-ngantul depan muka tanpa masuk and stay di otak...

2. Buang Pikiran bahwa Fisika itu Sulit

Buang pikiran jelek tentang fisika

Buang pikiran jelek tentang fisika via http://informasitips.com

Setelah pikiran jelek tentang pengajarnya hilang, yang harus dilakukan adalah membuang pikiran bahwa fisika itu sulit. Pikirkan saja bahwa fisika itu asik dan menyenangkan. Pikiran jelek yang ada akan memberikan sugesti yang buruk pada diri kita dan membuat kita sulit membuka diri dan pikiran terhadap fisika loh...

3. Jangan Hapal Rumus

Jangan pernah menghapal rumus ya..

Jangan pernah menghapal rumus ya.. via http://mh-foundation.blogspot.com

Rumus-rumus di Fisika itu emang ribet (kayak cewek lagi PMS ^^), banyak, dan terlihat menyeramkan. Soo, jangan pernah berpikiran untuk menghapal rumus. Sehebat apapun kita dalam menghapal, kita tetap gak akan pernah bisa mengingat rumus fisika dalam jangka waktu yang lama dengan metode menghapal.

Cara terbaik adalah pelajari rumus dan kerjakan soal sebanyak-banyaknya. Mengerjakan soal akan membantu kita memahami rumus, dan dengan sendirinya tuh rumus bakalan nempel di kepala.

4. Catat Rumus di Buku Saku dengan Penuh Warna

Catat rumus dengan warna-warna ceria..

Catat rumus dengan warna-warna ceria.. via http://sitinurhalimah80m2k.wordpress.com

Warna akan membantu mempermudah mengingat rumus fisika..

Catat semua rumus penting di dalam buku saku agar mudah dibawa kema-mana. Jangan lupa untuk menggunakan pena warna-warni dalam menulisnya ya... Ini akan membantu kita mengingat rumus-rumus rumit itu...

5. Tulis

Tulis... Jangan hanya dilihat..

Tulis... Jangan hanya dilihat.. via http://tipsmanfaat.com

Tulissssss

Ketika ada soal jangan hanya di lihat, tapi tulislah apa yang diketahui dari soal. Ini akan membantu kamu mencari tau inti permasalahan dalam soal. Setelah mengetahui inti dan permasalahan soal, maka akan lebih mudah untuk mengetahui rumus apa dan yang mana yang akan digunakan sebagai penyelesaian.

Menulis juga membantu daya ingat loh. Biasakan memperhatikan lalu menuliskan informasi yang penting, agar kamu mampu mengingatnya lebih lama.

6. Cari dan Baca Buku Fisika yang Lebih Berwarna

Cari dan baca buku fisika yang berwarna..

Cari dan baca buku fisika yang berwarna.. via http://grahaiptek.blogspot.com

Membaca buku yang berwarna pasti lebih asik dan menyenangkan daripada buku dengan warna yang monoton. Carilah buku fisika yang lebih berwarna agar dapat menarik minat untuk membaca dan mempelajarinya.

7. Bakar dan Minum

Bakar dan minum aja lagi...

Bakar dan minum aja lagi... via http://informasi-pendidikan.com

Bakar bukunya dan minum abunya...

Sumpah ini cara paling putus asa yang bisa dilakukan. :p