Dalam suatu masakan, selain sehat dan bergizi, tentunya kita juga harus mempertimbangkan rasa. Walapun masakan tersebut termasuk masakan sehat, tetapi jika rasanya kurang enak, maka selera makan kita bisa menurun, bahkan akibat fatalnya adalah kita bisa GAGAL makan *yah!!*. Tentunya, hasil masakan tidak terlepas dari bahan-bahan yang dibutuhkan dalam proses pembuatan, entah bahan-bahan tersebut mudah atau sulit diperoleh.

Nah, kalian perlu tau bahwa terdapat bahan-bahan masakan yang selalu ada atau mungkin kalian perlu menyiapkannya terlebih dahulu sebelum menentukan menu masakan apa yang akan disajikan. Bahan-bahan inilah yang sangat penting dan berpengaruh dalam cita rasa suatu masakan. Jadi, jika kalian tidak ingin kegagalan di atas terjadi, maka list bahan-bahan masakan berikut harus ada di dapur sebelum kalian mencoba iseng memasak atau yang ingin menyalurkan hobby memasak! Let us check it out.

1. Garam

Garam Dapur via http://www.rumahku.com

Garam menjadi hal penting dalam urusan cita rasa masakan. Selezat apapun masakan, jika takaran garam kurang sesuai, maka masakan menjadi hambar. Dalam hal ini, garam berperan penting untuk menggurihkan suatu masakan. Selain itu, garam memiliki kandungan sodium dan potassium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Beberapa pejuang diet sehat mungkin menghindari si 'gurih' ini, tetapi apakah kalian yakin sebuah masakan yang dihasilkan akan terlepas dari campur tangan bahan yang satu ini?

2. Gula Pasir

Gula Pasir via http://ulampegaga.com

Gula pasir berperan dalam mengimbangi rasa suatu masakan jika masih terasa hambar. Gula pasir menjadi bahan dasar alami untuk menambah rasa manis masakan. Selain itu, gula berperan sebagai pewarna, misalnya karamel yang digunakan dalam pembuatan kue sarang semut. Gula juga dapat digunakan menjadi hiasan dan menambah cita rasa dalam donat gula dan kue putri salju. Mungkin sebagian orang akan menghindari masakan yang manis-manis karena alasan kesehatan. Walaupun beberapa masakan tidak memerlukan gula, tetapi gula akan selalu hadir di dapur kalian.

3. Minyak Goreng

Advertisement

Minyak Goreng via http://panduanhidupsehat.com

Minyak goreng seolah-olah menjadi tuan rumah di dapur. Banyak masakan yang menggunakan minyak goreng, misalnya menumis sayuran, menggoreng ayam, ikan, ataupun telur. Secara umum, terdapat beberapa jenis minyak goreng, di antaranya yaitu minyak sayur (vegetable oil) dan minyak sawit (palm oil). Mungkin sangat jarang sekali, terutama di negara kita jika suatu sajian masakan terdapat menu yang terlepas dari minyak goreng.

Selain itu, minyak goreng juga cukup membantu dalam proses pembuatan kue. Minyak goreng digunakan sebagai pelicin loyang / cetakan kue agar kue yang telah matang tidak lengket, sehingga loyang / cetakan dapat dengan mudah digunakan kembali sebagai wadah adonan kue yang siap dipanggang.

4. Kecap dan Saus Sambal

Kecap dan Saus Sambal Botol via http://berbagiceritaceritaseru.blogspot.co.id

Kecap dan saus sambal botol menjadi bahan pelengkap dalam sebuah masakan. Walaupun begitu, kehadiran mereka di dapur tetap eksis, lho. Keduanya memiliki manfaat "praktis" dalam penggunaannya. Kecap selain memberi rasa manis, ia juga memberi warna kehitaman dalam suatu masakan, misalnya semur dan nasi goreng. Sehingga di sisi lain, kecap memberikan daya tarik para konsumen terhadap masakan yang disajikan.

Kemudian, saus sambal juga memiliki manfaat "praktis" dalam pembuatan suatu masakan. Jika masakan terasa kurang pedas, maka kita tidak perlu lagi menghaluskan cabai. Kita hanya perlu ambil botol saus sambal dan tuang secukupnya dalam olahan masakan.

5. Penyedap Rasa

Penyedap Rasa via http://www.royco.co.id

Penyedap rasa bisa dikatakan sebagai aksesoris / pelengkap agar masakan menjadi lebih lezatt. Penyedap rasa menjadi bahan yang selalu sedia di dapur walaupun setiap orang tidak selalu menambahkan bahan ini ke dalam olahan masakan. Penyedap rasa diperlukan jika peran garam dan gula pasir kurang berhasil dalam menggurihkan masakan, sehingga bahan ini digunakan sesuai dengan selera setiap penikmatnya. Namun, perlu diingat walaupun bahan ini selalu ada di dapur, kalian perlu menggunakannya secara bijak agar kesehatan tubuh tetap terjaga ya.