Kos atau indekos menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) berarti tinggal di rumah orang lain dengan atau tanpa makan (dengan membayar setiap bulan). Di Indonesia kos merupakan suatu yang sangat lumrah khususnya di kalangan pelajar atau mahasiswa. 

Dengan kos, maka jarak antara rumah dengan sekolah atau kampus yang jauh dapat tersiasati. Kebanyakan pengguna jasa kos-kosan adalah para pelajar atau mahasiswa yang sebagian besar kebutuhan hidupnya masih ditanggung oleh orang tuanya.

Di sinilah masalah kadang muncul. Di hari-hari pertama anak kos menerima subsidi dari orangtua memang belum terasa, namun jika menjelang hari-hari terakhir, kebanyakan anak kos merasakan suatu keadaan di mana kuota subsidi dari orangtua menipis sementara kebutuhan sehari-hari tidak bisa dielakkan. Untuk mengatasi defisit subsidi, mungkin bisa disiasati dengan cara berikut ini

 

1. Masak makanan sendiri

mandiri dengan masak sendiri

mandiri dengan masak sendiri via http://www.kokisuper.com

Makan di warung atau di kantin memang lebih praktis, tapi kalau setiap hari jelas kurang sehat buat kantong anak kos. Jadi sebisa mungkin memasak untuk makan sendiri. Atau rame-rame bareng dengan teman-teman satu kos. Dengan begitu kamu akan sedikit-sedikit menghemat pengeluaranmu. Sekali-kali boleh makan di luar, tapi catat sekali-kali tidak setiap kali.

 

2. Hindari me-laundry

indonesia tanpa loundry

indonesia tanpa loundry via http://www.lautanindonesia.com

Setiap kali mandi sempatkanlah mencuci pakaian yang habis kalian pakai. Dengan begitu kita selalu punya stok pakaian bersih yang bisa dipakai kapan saja. Jangan sampai pakaian kotor dibiarkan menumpuk karena ujung-ujungnya yang ada malah males. Dan laundry jalan keluarnya.

3. Scroll timeline Mading

Selalu update info mengenai beasiswa atau semacamnya yang ada di kampusmu. Siapa tahu lolos dan bisa buat perpanjang kos beberapa bulan. Tapi ingat jangan sampai kalian tertarik dengan flyer yang nawarin sukses saat kuliah, bisa secepatnya naikin haji orangtua atau tawaran-tawaran mapan lainya biasalah modus MLM, menipu lewat mulut.

4. Maksimalkan fasilitas kampus

carilah tempat bertanda ini

carilah tempat bertanda ini via http://m.infospesial.net

Gunakan semaksimal mungkin fasilitas yang ada di kampus atau sekolahmu untuk melancarkan kebutuhanmu. Kebutuhan primer anak muda saat ini, jaringan internet, ingat sebuah dalil yang baru saya buat "hotspot area khoiru mina al-warnet" dari pada kamu kewarnet yang sekarang biaya nggak ketulungan, untuk kebutuhan tugas atau social media jaringan wi-fi merupakan pilihan yang lebih baik.

 

5. Usahakan selalu sehat

anda memasuki kawasan dilarang sakit

anda memasuki kawasan dilarang sakit via http://goldenadi-gambarfotokatalucu.blogspot.co.id

Kesehatan sangat penting, apalagi buat anak kos yang jauh dari keluarga. Selain sakit bisa menghambat semua kegiatan dan menjadikan kita tidak produktif. Sakit juga butuh biaya men, kalau sakitkan mesti periksa kedokter atau minimal ke apotek beli obat. Jadi anak kos dilarang sakit.

Apalagi buat anak kos dengan predikat jomblo, jagalah baik-baik kesehatan anda. Sehat aja nggak ada yang merhatiin apalagi kalo sakit.