Tiap orang pasti selalu punya kenangan dalam setiap perjalanan, apalagi perjalanan itu dilakukan bareng sama orang-orang terdekat, kayak sahabat. Setiap perjalanan selalu memberikan pelajaran baru, tentang bagaimana kita menikmati.

Meskipun susah-susah di awal, tapi mendaki gunung selalu bikin nagih orang-orang yang mencobanya. Bagi kalian yang pernah naik gunung, mungkin bakal kangen ketika persiapan packing, dari mulai "siapa yang bawa kompor?", "siapa yang bawa tenda?", sampai "siapa yang bawa kartu?". Berikut adalah momen-momen yang pasti bakal dirindukan sama yang pernah naik gunung bareng, dari mulai packing, kacapean pas mendaki, sampai sama-sama takjub karena pemandangan di puncak gunung.

1. Nunggu Kereta

Aduh, lama banget keretanya.

Eh, kereta kita jam 11 kan ya?

Huah, akhirnya gerbangnya dibuka.

Momen nunggu kereta adalah momen awal yang biasa bikin kangen. Misalnya aja, ketika kalian akan melakukan pendakian ke Gunung Merbabu, tentunya kalian akan menggunakan bis atau kereta untuk sampai di tujuan. Momen menunggunya ini bisa jadi hal yang asyik juga bisa jadi hal yang bosen, pasalnya kadang ada kereta yang berangkat tengah malam biar pas sampai di stasiun terdekat dengan lokasi pendakian pagi hari, abis itu biasanya langsung ke basecamp untuk memulai pendakian.

Tumpukan carrier yang gede-gede biasanya akan terlihat di Stasiun Senen ketika bulan-bulan kering, di mana kalian akan menemukan orang-orang yang akan pergi mendaki ke daerah Jawa Tengah atau Jawa Timur.

Advertisement

Momen menunggu ini bisa diisi sama tidur, main kartu atau bahkan ngobrol sama pendaki lain yang kebetulan menunggu kereta yang sama.

2. Tidur di Stasiun

Lihat, dia tidur. Foto, foto!

Haha, mangap. Buruan foto!

Tidur adalah salah satu kegiatan yang bisa diisi ketika kalian menunggu kereta di stasiun, katanya biar besok pagi nanjaknya semangat, jadi malam sebelum naik kereta kadang ada yang tidur di stasiun, gak peduli lantai itu kotor atau tidak yang penting tidur dulu. Dan kalau kalian punya teman yang agak jahil, hati-hati aja kalau tidur, apalagi bagi kalian yang suka gak kontrol alias mangap ketika tidur, bisa-bisa kalian jadi bulan-bulanan dia.

3. Main Kartu dan Ngobrol

Momen ketiga adalah main kartu dan ngobrol dan ini kadang bisa jadi sarana mendekatkan anggota pendakian satu sama lain. Kalau kalian niat, biasanya bawa bedak, biar pas main kartu ada yang kalah, bedaknya bisa dipake sebagai hukuman. Ketika ngobrol ini kadang kalian akan menceritakan kembali peristiwa-peristiwa lucu yang terjadi selama perjalanan di kereta, dan biasanya momen ini adalah momen yang paling berkesan karena bisa saja kalian tertawa terpingkal-pingkal meski ceritanya diulang-ulang.

4. Kecapean Pas Jalan

Bro, istirahat dong 5 menit aja. Gue capek.

Bro, bentar dong, engap nih gue.

Oke, istirahat 5 menit yah.

Ini momen yang bikin greget. Ketika salah satu teman kalian kecapean dan meminta istirahat dan dia tiba-tiba ketiduran. Apa yang kalian lakukan? Mau gak mau tetap harus ditunggu, kadang sampai 30 menit atau bisa aja kalian menunggunya cuma 5 menit, habis itu kalian bisa membangunkan dia lagi. Dan tetap hati-hati jika dalam perjalanan kalian punya teman yang jahil.

5. Bangun Tenda

Gotong royong bangun tenda via http://siorangutankeren.wordpress.com

Bro, ayoo dong bangun tenda dingin nih.

Bentar, capek nih gue

Gue juga capek tapi ntar keburu ujan loh

Momen kelima adalah ketika kalian sampai di sebuah lokasi untuk menginap. Pasti setelah perjalanan yang cukup melelahkan kalian akan 'mager' buat bangun tenda. Momen ini biasanya kadang jadi momen adu mulut karena semua anggota sama-sama capek. Disinilah tugas ketua pendakian atau ang dituakan untuk meredam emosi timnya. Kadang ada aja yang 'mager' gak mau bantuin bangun tenda, padahal tenda buat dia tidur. Tapi tenang, habis ini biasanya suasana balik cair lagi bahkan kadang ada juga yang ketawa-ketawa ketika bangun tenda. Seperti ketika, salah pasang ke besi, atau ketika tenda tiba-tiba terbang karena ada angin.

6. Makan Bareng

Momen yang paling seru. Makanannya sih sederhana, paling nasi, telur, mie goreng atau yang rada mewah dikit biasanya ada yang bawa daging sama spageti. Makan beralaskan kertas nasi tanpa ada sekat, saling rebutan lauknya, ah seru pokoknya.

7. Ngobrol Dalam Tenda

Suasana dalam tenda via http://siorangutankeren.wordpress.com

Gue abis jalan sama gebetan gue nih.

Duh, cewek gue khawatir nih kalau gue gak ngasih kabar.

Biasanya momen ini diisi sama sesi curhat, ada yang curhat tentang cita-cita, mimpi, pacar, sampai gebetan yang gak bisa digebet-gebet. Dia yang bercerita biasanya akhirnya bakal diledekin sampai turun balik ke bawah. Kasian yah!

8. Yeay, Foto di Puncak!

Foto. Banyak orang-orang sepakat bahwa berfoto di suatu tempat bertujuan untuk mengingatkan bahwa kita pernah mengunjungi tempat tersebut. Tidak salah juga sih, memang itu salah satu tujuannya kita difoto. Apalagi poto dipuncak gunung yang harus dibayar dengan mendaki gunung tersebut yang tidak mudah, kadang ada yang melakukan pendakian selama tiga hari baru sampai puncak. Oleh karena itu, foto dipuncak adalah momen yang paling dinanti.