Menurutmu apa bahasa universal yang akan dapat diterima dimanapun, tak peduli dengan batasan geografis, yuridis, ataupun politik? Jika jawabanmu adalah bahasa Inggris, kamu salah besar guys!

Nah, bahasa universal yang akan diterima di segala penjuru dunia adalah musik. Walaupun tidak selalu mengerti lirik di dalam sebuah lagu, hampir setiap orang akan tetap bisa menikmati emosi yang terkandung dalam musik. Musik memiliki kekuatan magis yang akan bisa membuatmu merasa sedih, gembira, tenang, marah atau bersemangat.

Musik memang mengagumkan, tapi akan lebih mengagumkan lagi ketika kamu juga bisa memainkan salah satu alat musik guys! Entah itu piano, biola, harmonika, gitar atau alat musik tradisional seperti angklung, gamelan, dan kecapi. Dan dibawah ini, Hipwee akan berikan manfaat-manfaat luar biasa yang akan kamu dapat dari mempelajari musik, beberapa bisa mengubah hidupmu lho! Simak satu per satu, yuk…

1. Musik Merupakan Ekspresi Jiwa Manusia

musik mampu mempengaruhi suasana hati via 4.bp.blogspot.com

Seringkali, dibanding dengan kata-kata, musik lebih lihay dan lebih tepat untuk mengungkapkan perasaan yang sedang kamu rasakan. Kamu bisa saja menangis tak tertahankan hanya dengan mendengar lagu “When I was Your Man” milik Bruno Mars, berubah semangat ’45 saat mendengar lagu “Selamat Pagi”-nya Ran, hingga merasa berbunga-bunga saat mendengar lagu “Not a Bad Thing” dari Justin Timberlake.

Advertisement

Musik apapun yang kamu dengarkan pasti akan menggoyang emosi dalam dirimu. Inilah kekuatan terbesar dari musik. Dia adalah ekspresi jiwa manusia yang tentu akan mempengaruhi emosi manusia lainnya.

2. Belajar Musik Akan Membuatmu Berkenalan Dengan Berbagai Budaya di Dunia

belajar musik membuatmu mengenal berbagai budaya via s929.photobucket.com

Ketika kamu serius belajar tentang musik, kamu tidak akan puas hanya dengan bisa memainkan satu atau dua gubahan dari musisi favoritmu. Kamu mungkin akan tertarik untuk lebih mendalami tentang musik itu sendiri dan mencari tahu segala hal terkait dengan musik, tak terkecuali dengan sejarahnya.

Setiap negara memiliki budaya musik sendiri-sendiri, termasuk juga di Indonesia. Di negara kita ini, kamu bisa rasakan budaya khas yang berbeda tiap daerah. Bahkan Jawa Tengah dan Jawa Barat yang masih satu pulau saja memiliki nuansa musik yang berbeda! Hal ini berarti saat kamu mempelajari musik, kamu akan tahu betapa kaya budaya-budaya yang ada di dunia.

3. Belajar Musik Akan Melatih Konsentrasi dan Mengajarimu Pentingnya Ketekunan

melatih konsentrasi dan mengajarimu makna ketekunan via images.forwallpaper.com

Mempelajari musik bukanlah suatu hal yang akan bisa kamu lakukan tanpa keseriusan dan ketekunan. Belajar musik menuntut konsentrasi, ketekunanmu dan keseriusan untuk benar-benar bisa menguasainya. Saat belajar piano misalnya, kamu harus benar-benar konsentrasi agar jari tidak terpeleset pada tuts yang salah bukan?

Selain itu kamu tidak akan bisa menguasai salah satu jenis alat musik hanya dengan belajar satu hari kan? Kamu harus meluangkan waktu untuk mempelajari seluk-beluk instrumen yang kamu mainkan. Rata-rata orang membutuhkan waktu berbulan-bulan untuk bisa menguasai biola, dan bertahun-tahun untuk bisa memainkan gubahan kompleks seperti Chaconne from Partita No. 2 dari Bach.

4. Mempelajari Musik Akan Membuatmu Lebih Peka dan Sensitif

membuatmu lebih peka dan lebih sensitif via www.robertgoldenpictures.com

Hal ini terutama jika kamu bermain musik bersama-sama dengan temanmu, atau kamu ikut gabung dalam sebuah band. Melalui musik yang kalian mainkan bersama, kamu akan merasakan ikatan batin yang terjalin diantara teman-teman bandmu. Kalian tidak perlu lagi harus bicara melalui kata-kata, karena melalui musik kalian telah saling bicara dan saling mengerti.

5. Belajar Musik Mengajarimu Rasa Tanggung Jawab

bermusik mengajari rasa tanggung jawab via images6.fanpop.com

Belajar musik akan membuatmu semakin mengerti tentang kekuatannya: bagaimana musik dapat menembus batasan-batasan perasaan manusia dan mengubah mereka. Karena itu kamu seharusnya lebih bisa bertanggung jawab dengan musik yang kamu mainkan, atau bisa juga terhadap semua tindakan yang akan kamu lakukan.

Belajar musik akan membuatmu mengerti bahwa kekuatan yang besar juga akan dibarengi dengan tanggung jawab yang besar.

6. Mempelajari Musik Mengajarimu Untuk Mendengar

berlatih mendengarkan via i.huffpost.com

Musik adalah salah satu jenis audio yang untuk bisa menikmatinya kita harus mau mendengarnya. Karena itu berlatih musik sama halnya dengan berlatih mendengarkan. Entah itu latihan mendengar nada, not, lirik hingga saran dan kritik dari penampilan-penampilanmu. Bahkan seorang musisi yang hebat sekalipun perlu mendengar dengan baik agar dia tetap bisa hebat.

7. Belajar Musik Meningkatkan Koordinasi Tubuhmu

melatih koordinasi anggota tubuh via www.jamminwithyou.com

Salah satu keuntungan pasti yang akan kamu dapatkan saat kamu belajar alat musik adalah akan membantu meningkatkan koordinasi tubuhmu. Misalnya saja saat kamu belajar gitar, di awal belajar kamu mungkin masih tertatih-tatih untuk pindah dari satu kunci ke kunci lainnya. Namun dengan latihan yang terus menerus, jari jemarimu akan lebih piawai untuk berpindah-pindah kunci.

8. Belajar Musik Membantu Mengurangi Rasa Stresmu

membantu mengurangi rasa stres via losanimesdemagrat.files.wordpress.com

Selain bisa membuatmu merasakan emosi, musik juga mampu mengurangi emosimu. Bahkan saat kamu sedang mengalami hari yang buruk dan merasa stres mendengarkan musik-musik instrumental mungkin akan mampu membuatmu merasa lebih baik dan lebih rileks. Kalau hanya dengan mendengar saja sudah bisa mengurangi rasa stresmu, apalagi jika kamu mempelajarinya?!

9. Mempelajari Musik Menumbuhkan Kreativitasmu

membuatmu lebih kreatif via safiisanatos.ro

Mempelajari musik akan membantu menumbuhkan dan mengembangkan kreativitasmu. Apalagi saat kamu telah mnguasai dasar-dasar dalam bermusik. Kamu bisa saja mulai gatal untuk mencoba menulis dan membuat sendiri lagu yang mewakili perasaanmu. Atau mungkin kamu ingin membuat sebuah lagu spesial untuk menembak ataupun melamar gebetan hatimu.

10. Belajar Musik Membantumu Untuk Mengingat

membantu ingatan via www.modalmusiclessons.co.uk

Tidak hanya belajar untuk menjadi lebih kreatif, belajar musik akan membantu untuk melatih ingatanmu. Betapa tidak belajar musik mengharuskanmu untuk mengingat puluhan lagu. Selain itu kamu juga bisa mengubah rumus-rumus pelajaran yang sulit kamu kuasai menjadi sebuah lagu agar lebih nyantol bagimu.

11. Belajar Musik Membuatmu Lebih Menghargai Waktu

membuatmu menghargai waktu via ingaza.files.wordpress.com

Jika kamu saat ini mengambil kursus musik, kamu akan lebih mengerti betapa berartinya waktu yang kamu gunakan untuk latihan musik.

Waktu yang terbatas selama kursus akan membuatmu lebih memperhitungkan waktu belajar musik di tengah-tengah harimu yang padat. Selain itu, untuk menghemat biaya kursus kamu juga harus mencari cara agar waktu kursusmu ini menjadi seefisien mungkin. Pokoknya dalam setiap pertemuan kamu harus ada perkembangannya.

12. Mempelajari Musik Mengajarkanmu Tentang Kerja Keras

musik mengajarimu kerja keras via filmint.nu

Tentu saja butuh waktu dan usaha keras jika kamu bermimpi untuk menjadi seorang musik yang handal. Kamu diharuskan untuk berdisiplin dan pantang menyerah agar terampil menguasai instrumen musik. Dan ketika kamu berubah menjadi seorang musisi ternama, kamu mulai menyadari bahwa kerja kerasmu itu tidaklah sia-sia.

13. Menampilkan Keahlianmu Dalam Bermusik Membangun Percaya Dirimu

membuatmu lebih percaya diri via blogs.pioneerlocal.com

Setelah belajar memainkan alat musik, tak akan lengkap donh jika kamu nggak menunjukkannya kepada orang lain. Nah, saat kamu tampil di hadapan orang lain inilah saatnya kamu menaklukkan tantangan berat lainnya. Kamu harus mengatasi rasa takutmu sendiri, dan hal ini tentu saja bukan hal yang mudah.

Dengan belajar bermusik, kamu tidak hanya mempelajari tentang bagaimana cara memainkan alat musik, namun kamu juga harus mengerti bagaimana menampilkannya dengan baik untuk orang lain dan mengatasi rasa gugupmu.

14. Mempelajari Musik Itu Menyenangkan

belajar musik itu menyenangkan via 33.media.tumblr.com

Mulai tanamkan pikiran bahwa musik itu menyenangkan, termasuk juga mempelajarinya. Kamu memang harus tahu pakem-pakem dasar yang ada dalam musik, tapi kamu tidak harus selalu mematuhinya. Mempelajari musik adalah saat dimana kamu membebaskan dirimu untuk berkreasi dan bereksresi sebebas-bebasnya.

Lagipula, kata kerja yang sering kita gunakan untuk mendeskripsikan kegiatan yang berhubungan dengan musik adalah ‘bermain’, bukan? Oleh karena itu bebaskan imajinasimu dan buat karakter musikmu sendiri.

15. Musik Membantumu Untuk Bersosialisasi

musik membantumu bersosialisasi via 31.media.tumblr.com

Adalah keuntungan besar jika kamu selalu bisa menjadi pemecah dan pemeriah suasana dengan kemampuan musikmu. Kamu bisa mengiringi temanmu bernyanyi sembari bermain gitar, atau membuat teman-temanmu tersihir dengan permainan harmonikamu.

16. Belajar Musik Akan Membuatmu Bisa Diterima Dimana Saja

musik membuatmu bisa diterima dimana saja via covermyfb.com

Musik adalah bahasa universal yang akan diterima di berbagai belahan penjuru dunia manapun. Kamu tidak harus mengerti bahasa Inggris, bahasa Jepang, atau bahasa Latin. Cukup tunjukkan kemampuan bermusikmu dan mereka akan memberi apresiasi padamu.

17. Mempelajari Musik Memberimu Kesempatan Untuk Bangga Pada Dirimu Sendiri!

membuatmu bangga pada dirimu sendiri via www.visitwesthollywood.com

Setuju ‘kan dengan anggapan kalau musisi itu keren? Kalau nggak, bagaimana mungkin mereka bisa punya banyak penggemar dari seluruh dunia?! The Beatles, yang hingga kini namanya masih berkibar, adalah salah satu contohnya. Dengan belajar musik, kamu otomatis juga memberikan kesempatan bagi dirimu sendiri untuk bisa sekeren mereka.

Nah, itu dia manfaat-manfaat luar biasa dari belajar musik untuk kehidupanmu. So tunggu apa lagi guys, cepetan ambil instrumen musik yang menarik perhatianmu dan mulailah berlatih sekarang juga!