Bangun tidur udah bad mood gara-gara tugas yang menumpuk?

Pagi-pagi udah gak semangat karena khawatir ketemu dosen pembimbing?

Rasa khawatir pada apa yang akan terjadi di masa depan adalah penyakit kronis yang menyerang banyak orang. Misalnya kamu sering dilanda rasa cemas kalau saja dosen pembimbing tak bisa ditemui atau pekerjaan yang tak selesai sesuai target. Kekhawatiran ini membuatmu merasa takut, mengeluh, gundah, dan tak tenang saat bangun pagi. Alih-alih mencoba menikmati hari, gak jarang kamu malah terserang bad mood.

Padahal, pada kenyataannya gak semua yang kamu khawatirkan itu benar-benar akan terjadi. Karena kerapkali rasa cemas itu hanyalah ulah pikiranmu saja. Nah, daripada produktivitasmu menurun gara-gara bad mood – yang sebenarnya gak jelas dan gak ada gunanya – maka mulai sekarang kamu coba lakukan hal-hal sederhana yang bisa bikin kamu merasa tenang dan bahagia dalam menghadapi hari. Jika kamu bisa mengaplikasikan hal ini di pagi harimu, gak heran hidupmu menjadi lebih menyenangkan tanpa rasa cemas yang melanda saban hari.

1. Banyaknya tugas yang menumpuk boleh jadi membuatmu sibuk. Tapi, menyapa orang-orang tercinta bisa membuat harimu sekejap lebih bahagia

Sapa orang-orang tercinta via www.yourtango.com

Mungkin kamu setiap pagi tak tenang dengan tanggungan pekerjaan kemarin yang masih belum kelar atau tumpukan tugas kuliah yang masih menunggu untuk digarap. Banyaknya tanggung jawab yang kamu emban seringkali membuat perhatian, waktu dan tenagamu banyak tersita. Hingga kamu hanya terlarut di situ saja dan lupa pada yang lainnya.

Agar harimu menyenangkan, gak ada salahnya kamu coba mulai memperhatikan lingkungan sekitar dengan menyapa orang-orang tercinta. Kamu berikan senyuman manis pagi hari pada orangtuamu, sekedar menjahili adikmu, menyapa selamat pagi pada sang kekasih. Meski waktumu terenggut, dengan sikap sederhana ini bahagiamu tidak akan mudah luntur. Jadi, kamu juga bisa merasa lebih enjoy  dalam memulai harimu.

2. Kesiapan matang adalah sumber ketenangan. Maka, siapkan perlengkapan kerja/kuliahmu sejak semalam atau minimal sejam sebelum berangkat.

Siapkan barangmu dari sekarang via www.youtube.com

Mungkin selama ini kamu seringkali tergesa-gesa dalam menyiapkan perlengkapan kuliah atau kerjamu. Alasannya, kamu bangun kesiangan. Alih-alih merasa semangat bekerja, kamu justru harus terburu-buru waktu dan mood-mu jadi memburuk. Rasa cemas terlambat, urusan gak beres, hingga macet perjalanan akan menghantui pikiran.

Jika kamu ingin harimu lebih menyenangkan, cobalah kamu bisa persiapkan baju dan segala perlengkapan dari sejak semalam. Jika kamu tak sempat, kamu bisa mempersiapkannya semuanya satu jam sebelum berangkat, usahakan semua barang sudah dari tas.  Jadi kamu tak perlu lagi tergesa-gesa dan takut ada barang yang tertinggal jika bangun kesiangan. Dengan begitu, kamu akan merasa lebih tenang dan tidak dilanda kecemasan.

3. Minum air putih di pagi hari tak hanya membuat pencernaanmu lancar, namun juga otakmu segar.

Minumlah air putih via galleryhip.com

Hari yang menyenangkan bisa kamu dapatkan dengan hidup sehat, salah satunya dengan tercukupinya cairan. Jadi minum air putih di pagi hari adalah hal yang wajib kamu lakoni. Sembari menikmati minuman kesukaan seperti kopi, susu, atau teh hangat, jangan lupa kamu minum air putih minimal segelas.

Selain bisa bikin pencernaan lancar, kamu juga terhindar dari dehidrasi. Rasa cemas berlebihan, pikiran yang tegang, atau wajah yang muram tak akan menempel lagi. Karena minum air putih ampuh membuat otakmu lebih tajam, lebih fokus dan badanmu lebih bugar. Kamupun lebih mantap melangkah dan merasa siap untuk keluar hari ini.

4. Jika kamu ingin menghilangkan bad mood di pagi hari, bergegaslah mandi dan gunakan sabun wangi. Dijamin, mood-mu bisa sedikit terobati.

Bergegaslah mandi via www.hansgrohe.co.uk

Banyaknya tugas dan masalah yang menghimpit seringkali membuatmu bad mood tiap kali bangun pagi. Bukannya bisa menikmati mentari pagi, kadang kamu malah mengeluh kenapa waktu berjalan cepat sekali. Nah, daripada hanya tergeletak diranjang dan menabung rasa malas, kamu bisa segera beranjak, mengambil handuk, dan mandi. Gunakanlah air dingin dan sabun yang wangi, seperti sabun aromaterapi. Dan jangan lupa bersenandung.

Meski terdengar sepele, mandi sangat bermanfaat untuk membuat harimu lebih menyenangkan. Mandi air dingin di pagi hari bukan hanya membuat badanmu bersih, tapi juga lebih berenergi. Aroma wangi bisa membuatmu lebih relaks dan tenang.  Sehingga, mood-mu bisa menjadi lebih baik dan kamu merasa siap untuk menghadapi tantangan hari ini.

5. Kondisi mood juga bisa dipengaruhi penampilan, jadi pastikan kamu pakai baju yang bersih dari lemari ya.

Pakai busana yang bersih dan rapi via www.news.com.au

Mood pagi hari tak hanya dipengaruhi oleh kondisi pikiran, karena sandangan juga jadi faktor penentunya. Secara gak sadar perasaan tak tenang bisa terjadi karena pakaian yang tak nyaman dan tak bersih. Mungkin kamu sering gunakan baju yang sudah pernah dipakai pada dua hari yang lalu yang belum dicuci. Alih-alih ingin hemat dalam mencuci, menggunakan baju dua kali justru bisa membuat tak nyaman dengan bau keringat yang membekas. Selain itu, baju yang dipakai dua kali juga bisa menyurutkan rasa percaya dirimu.

Nah, jika kamu ingin lebih happy dalam menjalani hari, kamu wajib menggunakan busana yang bersih. Gunakanlah baju dari lemari yang sudah di setrika dengan rapi. Dengan begitu, kamu bisa melenggang dengan percaya diri dan rasa cemas tak ada lagi.

6. Meski terdengar sepele, meninggalkan kamar dalam kondisi rapi ampuh memantapkan langkah kakimu untuk meraih impian.

Bersihkan kamarmu via www.mirror.co.uk

Hari yang menyenangkan itu ada karena diciptakan kamu sendiri. Tak melulu harus mendamba hidup yang tanpa masalah, kamu justru bisa memusatkan perhatianmu pada hal-hal yang positif.  Tanpa harus berkutat dengan kecemasan yang tak beralasan, sekarang kamu bisa manfaatkan energimu untuk membereskan kamar.

Mungkin kamu bisa menata ulang meja belajarmu agar lebih rapi, merapikan kasurmu agar lebih enak dipandang, atau membersihkan kamarmu dari bekas makanan semalam. Sebenarnya membereskan kamar yang mungkin hanya berukuran 3 x 3 meter itu tidak lama kok. Hanya dengan 10 menit tindakan sepele ini ampuh untuk menambah semangat pagi ini. Kamar yang sudah rapi membuatmu lega dan pikiranmu lebih legaw. Gak jarang kamu jadi lebih mantap untuk melangkah kaki dan pergi meraih mimpi. Selain itu, jika kamu pulang dan mendapati kamarmu rapi, kamu juga jadi merasa lebih happy. 

7. Sarapan atau mengantongi makanan sehat bisa menghindarkanmu dari rasa lapar yang bikin gemetaran.

Jangan tinggalkan sarapan via www.corbisimages.com

Hari yang menyenangkan tak hanya soal kesiapan, tubuh yang sehat juga jadi faktor sangat menentukan. Agar harimu lebih menyenangkan, sarapan adalah ritual yang wajib kamu lakukan. Kamu bisa santap makanan-makanan sehat yang pas untuk sarapan seperti ini. Namun, jika kamu memang tidak sempat sarapan di rumah, cobalah untuk membawa bekal atau makanan ringan. Mungkin kamu bisa membawa bekal roti sandwich, cereal bar, atau camilan sehat. Sarapan di pagi hari ampuh untuk meningkatkan konsentrasi dan metabolisme tubuhmu juga menjadi lebih baik. Selain itu, tubuhmu juga lebih berenergi. Jadi perasaan resah, jantung berdebar dan gemetaran akibat rasa lapar tak akan kamu rasakan lagi, karena sekarang nutrisi seimbang yang sudah terpenuhi.

8. Hari yang menyenangkan mustahil didapatkan jika pikiranmu resah. Maka, berdoa atau meditasilah agar harimu lebih mudah.

Bermeditasi dan berdoa via www.huffingtonpost.com

Hidup tanpa masalah adalah hal yang mustahil. Namun bukan juga berarti kamu harus mencemaskan hidup tiap pagi. Karena kadang masalah yang sebenarnya terjadi tak sebanding dengan buah pikiranmu sendiri. Nah, agar pikiranmu tetap terjaga dan tak dipenuhi hal-hal negatif, kamu bisa coba lakukan meditasi atau berdoa di pagi hari. Saat matahari baru terbit, kamu bisa sholat subuh atau membaca Al-Qur’an setiap pagi. Saat masih sepi, kamu bisa baca doa pagi dan Al kitab saban hari.

Berdoa bukan hanya membuatmu menjadi lebih dekat dengan Tuhan, ketentraman hati juga akan kamu dapatkan. Udara pagi yang kaya oksigen juga bisa kamu nikmati dengan khusyuk. Dengan begitu, pikiranmu lambat laun akan lebih positif dan nyaman. Dan sesulit apapun jalan yang harus ditempuh, kamu tak akan merasa frustrasi atau cemas berlebihan lagi.

9. Jangan pergi keluar sebelum kamu berpamitan. Hanya dengan memeluk orang-orang tercinta selama 20 detik sebelum pergi, kamu bisa mendapatkan energi positif.

Pelukan 20 detik via photo.net

Kesibukan bekerja atau tugas yang kudu diselesaikan seringkali membuatmu tak punya lagi waktu untuk orang-orang tersayang. Semakin lama, kadang kamu jadi merasa tak bersemangat lagi untuk menjalani rutinitas. Gak jarang semua itu akan terasa makin berat karena kamu terlalu sibuk dan jauh dari keluarga atau orang-orang yang kamu cintai.

Nah, sebelum frustrasi melanda, gak ada salahnya kamu mulai mempererat lagi hubungan dengan mereka. Misalnya dengan pelukan pagi yang hangat. Berdasarkan penelitian, berpelukan selama 20 detik bisa menurunkan hormon kortisol -hormon yang membuatmu stress- secara efektif.  Tak hanya itu, pelukan juga bisa menumbuhkan rasa percaya diri.

Jadi, mulai sekarang cobalah berpamitan dan peluk orang-orang tersayang di rumah. Rasa aman dan energi yang berlipat-lipat juga akan membuatmu tak takut menjalani hari yang berat. Karena kamu tahu, bahwa masih ada orang-orang tersayang yang akan kamu buat bangga.

10. Semua hal akan berjalan baik-baik saja jika kamu mempercayainya akan baik-baik saja sejak awal.

Selalu berfikir positif via pixshark.com

Hal-hal yang baik seringkali terjadi karena kamu berprasangka baik. Maka, jika kamu ingin harimu menyenangkan, cobalah redam rasa cemas dan pikiran negatif yang selama ini memenuhi pikiran. Mungkin hari ini kamu akan ketemu dosen killer yang biasanya menciutnya nyali, atau mungkin presentasi pekerjaan yang memberatkan. Tanpa harus cemas, kamu bisa investasikan pikiranmu pada rasa optimis bahwa semua akan berjalan lancar karena kamu toh sudah mempersiapkannya dengan matang. Pikiran yang positif tak hanya membuatmu tenang, wajah cerah nan riang juga bisa membuat orang-orang di sekitarmu jadi ketularan senang. Dengan begitu, apa yang kamu takutkan akan lenyap dan tak terjadi.

Kepastian apa yang akan terjadi 1, 2, 3 4, jam atau besok tidak ada yang tahu. Nah, daripada hanya mencemaskan apa yang belum terjadi, maka gak ada salahnya kamu investasikan energi pada hal-hal positif. Karena hari yang menyenangkan itu diciptakan. Jadi pastikan kamu juga tahu cara membuatnya ya. Dan 10 hal sederhana ini wajib kamu lakukan untuk mewujudkannya.

Semoga harimu bahagia.