Let's be honest here.

Siapa sih, yang mau hidup sendiri di masa tua? Apalagi ketika lo beranjak tua, orang tua dan saudara lo yang lainnya pasti juga udah lebih tua dari lo. Dan mereka nggak akan mungkin nemenin lo juga kan. Hal ini sering banget jadi momok yang cukup besar buat orang tua lo, apalagi pas tau kalo lo masih mutusin untuk sendirian, alias jomblo. Mereka pasti bertanya-tanya, kenapa anak yang cantik satu ini masih seneng sendirian, ketika temen-temennya sibuk gelar acara pernikahan di gedung-gedung yang harga sewanya puluhan juta rupiah?

Terus lo cuma bisa jawab gini, 'ya, doain aja ya… belum ketemu yang pas nih.' Padahal alasan sebenarnya sih, cuma karena lo belum bisa move on dari mantan lo. Ngaku deh. Semakin bertambahnya usia lo, ketakutan itu semakin keliatan ketika temen-temen lo udah punya anak semua. Dan lo pun akhirnya menikah (hanya) karena lo takut bikin malu keluarga lo atau takut dicap sebagai perawan tua. Padahal sebenarnya ngga ada yang salah dengan being single di usia lo yang udah seperempat abad. Oke, lo makin ketakutan juga nih kayanya, so here is some thoughts kenapa lo ngga perlu takut jadi jomblo di usia 25 tahun:

Pertama, lo punya kontrol akan kebebasan yang tidak dimiliki oleh mereka yang memiliki pacar

Kecuali lo adalah seseorang yang punya bakat mengasuh orang lain, mungkin akan merasa hampa ketika usia jomblo lo mencapai 7 hari, alias 1 minggu. Tapi yang jelas, lo bisa melakukan hal apapun yang lo mau, kapanpun, di manapun dan tanpa perlu ijin dari siapapun (kecuali orang tua).

Advertisement

Kedua, lo bisa bebas jalan-jalan

Siapa yang pernah punya pengalaman dilarang pacar untuk naik gunung hanya karena temen-temen hiking lo kebanyakan laki-laki? Coba angkat jarinya. Well, if you're single, congratulations. Lo bisa naik gunung sama temen-temen tersebut.

Ketiga, lo bisa fokus di karir atau passion lo

It's time to break some rules. Ya, maksudnya sih, lo harus bisa teguh dengan tatapan nyinyir ibu-ibu komplek yang melihat lo setiap hari berangkat subuh, pulang malem untuk kerja. Sendirian pula dan nggak pernah dianter sama pria. Mereka akan selalu menemukan kelemahan lo, mau lo punya anak atau masih sendirian kaya sekarang ini. Padahal lo cuma seneng sama karir yang udah lo punya sekarang, tapi kenapa masih ada aja orang yang nggak suka sama kebahagiaan orang lain? Intinya sih, cuekin aja omongan orang lain dan fokus dengan yang ada di depan lo.

Keempat, pelan-pelan lo jadi wanita mandiri dan tangguh

Mandiri di sini maksudnya bukannya jadi nggak perlu belaian dari lawan jenis, lho. Salah banget. Kadang banyak pria-pria yang jadi minder dengan wanita tipe gini nih. Padahal harusnya mereka bersyukur kalau akhirnya meminang wanita mandiri dan tangguh kaya lo gini. Lo biasa menjadi tumpuan orang lain, karena lo juga usudah terbiasa untuk menyelesaikan masalah dengan baik tanpa bantuan orang lain. Dan yang jelas, mereka lebih mudah diajak hidup susah, karena mereka sempat merasakan sulitnya membangun kehidupan yang mapan sebelum menikah. Tapi tetep lah, lo juga pasti berusaha keras untuk bikin maju keluarga kecil lo nantinya.

Kelima, lo bisa jagain orang tua dan adik-adik lo dengan lebih nyaman dan tanpa batasan

Bukan berarti mereka yang udah menikah nggak bisa bantu saudaranya lagi sih… Masalahnya di sini lebih ke kehadiran lo. Quality over quantity. Dengan menjadi wanita jomblo yang happy, lo bisa lebih deket lagi sama orang tua lo, 100% full time. Lo juga bisa bonding time sama adik cewek lo. Seru lho, bisa shopping di mall, ngabisin bonus dan gaji untuk nyenengin adik lo.

Keenam, lo bisa 'jalan' sama siapa aja

Dengan jam terbang lo yang lumayan tinggi di masalah percintaan dan juga jaringan pertemanan lo yang semakin luas, lo jadi bisa dengan mudahnya menentukan apakah orang ini orang yang tepat untuk menjadi calon lo nantinya. Bukannya jadi judgemental sih, tapi dengan lo jalan sama banyak jenis pria di dunia, mata lo semakin terbuka lebar tentang sifat dan personality mereka. Lo pun akhirnya bisa menemukan definisi dan kriteria yang cocok yang bisa jadi 'the one' di mata lo. Ya, nggak?

Ketujuh, lo bisa streaming drama Korea pas weekend tanpa gangguan

Kadang seseorang itu perlu waktu untuk sendiri. Tapi hal itu susah lo dapetin kalo lo punya pacar. Am I right? Istilahnya, lo jadi punya hal yang harus lo urus setiap harinya, non stop, karena kalo ngga yang ada lo diputusin. Nah, coba kalo lo jomblo? Kapan lagi lo bisa streaming drama Korea non stop pas hari Sabtu sama Minggu?

Yang terakhir, lo bisa belajar untuk nentuin, mau jadi wanita seperti apa lo nantinya

Take your time to learn more. Jangan sampai lo minder karena lo jomblo. Lo bisa gunain waktu tersebut untuk terus memperbaiki diri, sampai lo bisa menjadi wanita yang ideal untuk suami dan anak-anak lo nantinya.

Nah, itu tadi 8 alasan kenapa lo nggak perlu takut jadi jomblo di usia lo yang udah lumayan tua (menurut mereka). Jangan panik, karena kan lebih baik lo sendirian, daripada tercebur ke hubungan yang kurang sehat. Atau, udah kelamaan pacaran tapi ujung-ujungnya nggak dinikahin.

Percaya deh, great things take time. Setuju?