Tren busana Muslimah saat ini udah menjamur di mana-mana. Nggak hanya di Indonesia dan negara-negara yang bermayoritas penduduknya Muslim, tapi juga negara Barat. Bahkan, beberapa rumah mode terkenal Eropa juga sudah mengeluarkan produk yang ditujukan untuk para wanita Muslim. Mereka juga memakai model yang memang sehari-hari berhijab.

Merebaknya tren busana Muslimah di dunia mempermudah kamu dalam berpenampilan. Kamu bisa memilih sesukamu, dari yang casual untuk sehari-hari hingga formal untuk ke acara resmi.

Nah, untuk kamu yang pingin selalu memakai rok atau dress sebagai alternatif dari celana, nggak perlu bingung lagi. Kamu bisa melihat referensi rok dan dress yang macam-macam di bawah ini!

1. Alternatif paling mudah ya maxi dress lengan panjang. Bisa untuk acara resmi, bisa juga dibuat kasual

simple dan gak ribet 'kan?

simple dan gak ribet ‘kan? via www.outfittrends.com

Maxi dress model begini tentu nggak bikin kamu ribet. Kamu yang terburu-buru oleh waktu pas banget untuk pakai dress model ini. Tinggal pakai jilbab, kamu bisa langsung ke luar rumah!

Advertisement

Maxi dress yang ada sekarang juga kian beragam. Ada yang berkancing di bagian depan, beraksen pita bagian depan maupun belakang, berempel, sampai berbrukat dan berenda.

Kamu bisa memakai maxi dress ini untuk tampil casual maupun resmi. Tentunya maxi dress yang terlihat casual ini berbeda dengan yang digunakan ke pesta. Bahan dress yang cocok untuk tampilan casual yaitu kaos, jersey, spandek, satin, katun lokal, dan katun Jepang. Sedangkan untuk resmi bisa juga memakai katun, jersey, satin, velvet, dan spandeks. Tinggal bagaimana kamu memadupadankan dengan luaran resmi, salah satunya yaitu blazer.

Kamu juga dapat menambahkan aksesoris berupa ikat pinggang sebagai pemanis penampilan. Jangan lupa perhatikan juga warna pekaian yang dikenakan senada atau cocok dengan kerudungmu ya.

2. Bosan sama maxi dress lengan panjang, saatnya pakai yang tanpa lengan. Padukan dengan luaran yang stylish, ya!

kurang apa kerennya?

kurang apa kerennya? via hijabenka.com

Maxi dress juga ada yang tanpa lengan. Nah untuk maxi dress model ini dan terlihat casual, kamu bisa memadupadankannya dengan cardigan maupun sweater. Model cardigan dan sweater saat ini sudah beragam, jadi nggak usah takut bosan atau terlihat cupu ya.

Sebagai penunjang penampilan casualmu nggak ada salahnya juga pakai sneakers. Casual nggak melulu berarti “standar”, kan?

Untuk penampilan resmi, kamu bisa memadankan maxi dress ini dengan luaran blazer. Kalau yang casual pakainya sneakers, untuk yang resmi, pilihlah antara wedges dan heels.

3. Ada rok model payung buat kamu yang suka berjalan cepat, mau pakai rok tapi nggak mau repot

swing-swing

swing-swing via roemahbajoechacha.net

Banyak yang berpendapat saat sedang terburu-buru jangan memakai rok, atau kalau senang jalan kaki dan memiliki langkah yang lebar-lebar, maka hindari menggunakan rok. Alasannya karena rok itu ribet dan bisa bikin kamu jatuh karena bahannya terinjak orang lain. Untuk menghidari insiden tersebut, kamu harus jeli melihat ukurannya yang lebar dan panjangnya sesuai tubuhmu.

Namun, ada juga kok rok model payung yang semakin membuat penampilanmu terlihat manis. Kamu tinggal pilih, ada yang bermotif dan ada juga yang polos. Rok model payung ini nggak akan mempersulitmu melangkah karena bentuk bagiannya yang melebar ke bawah. Jadi semakin mudah dalam berjalan bukan? Apalagi kalau ada angin, rokmu akan melebar sendirinya tertiup angin dan, ehem… bagus untuk foto lho ;p.

4. Biar ada nuansa back to school, kenapa gak coba rok rempel?

pakai rok rampel yuuk

pakai rok rampel yuuk via www.justtrendygirls.com

Inget nggak rok rempel pernah kamu pakai saat berseragam putih-merah? Nah, kamu bisa bernostalgia kembali ke masa SD dengan memakai rok yang berempel. Rok model ini biasanya berbahan spandek sutera lembut. Terdiri dari berbagai warna dan kadang ada pemanis tali berupa pita dibagian pinggang yang semakin mempercantik penampilanmu.

5. Rok batik warna cerah juga bisa kamu andalkan. Dipakai di kantor bisa, begitu pun buat jalan-jalan

rok model ini bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari

rok model ini bisa dipakai untuk aktivitas sehari-hari via hijab.pinkemma.com

Batik nggak melulu harus dipakai saat acara resmi. Kamu bisa menggunakannya saat sedang bersantai lho. Misalnya saat ke kampus, mall, kantor, bahkan pergi ke pantai.

Untuk pemilihan rok batiknya, sesuaikan dengan acaramu juga ya. Kalau kamu ke acara resmi seperti kondangan atau perhelatan ulang tahun perusahaan, kamu bisa menggunakan rok batik span. Sedangkan untuk bersantai, kamu bisa memilih rok model A-line yang melebar di bagian bawahnya. Agar lebih terlihat kasual, kamu bisa memadukannya dengan t-shirt panjang.

6. Kalau gak mau pakai celananya, coba pakai rok jeans yuk

cocok dipadukan dengan apa aja

cocok dipadukan dengan apa aja via www.pinterest.com

Ketika kamu lagi bingung mesti pakai baju dan warna apa saat ingin jalan dengan teman, apalagi dadakan, rok jeans bisa menjadi penyelamatmu lho. Dengan warna biru jeans kesukaanmu yang cocok dipadukan dengan warna apapun, nggak akan mengecewakan penampilanmu deh. Walaupun hanya rok jeans, tapi penampilanmu nggak kalah kece dengan teman. Ditambah lagi dengan model jilbab modis yang kamu gunakan dan bajumu. Jadi semakin kece!

7. Pastikan kamu juga punya benda satu ini di lemari: rok span yang cocok untuk acara-acara resmi

pas untuk ke pesta

pas untuk ke pesta via dianpelangi.net

Rok span memang nggak akan membuat penampilanmu menjadi minus one saat ke pesta. Kamu bisa menggunakan rok span bermotif maupun polos berbahan waffle yang lembut dan elastis ini. Untuk ke kantor juga cocok dipakai, apalagi ditambah dengan menggunakan blazer, jadi semakin ciamik penampilanmu.

Dengan beragamnya model rok dan bahan-bahannya yang menunjang penampilan, kamu nggak perlu pusing memikirkan lagi deh kalau mau pergi sewaktu-waktu. Tinggal sesuaikan selera dan acara yang akan didatangi. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan warna, mulai dari kerudungnya, atasan, dan bawahan ya. Selamat mencoba!