Akhir-akhir ini, sudah banyak perempuan Muslim dewasa yang memutuskan menutup rambutnya dengan hijab. Berbagai tutorial berhijab pun kini bisa mudah kamu temui di internet: baik di blog pribadi, Instagram, maupun Youtube. Banyak juga lho hijaber yang akhirnya menghasilkan uang sendiri berkat popularitas tutorial berhijab dan style fashion mereka.

Namun, pernahkah kamu menginginkan tutorial berhijab yang sederhana saja? Mungkin kamu adalah orang yang rindu kepraktisan, termasuk dalam konteks berhijab. Jangan khawatir lagi! Hipwee sudah mengumpulkan berbagai tutorial yang bisa kamu coba. Nggak perlu ribet buat tampil memukau!

1. Daripada menggunakan jarum pentul, kamu bisa membuat jilbabmu rapi dengan sebuah ring atau cincin

Cincin untuk penggunaan hijab

Tampil gaya dengan ring sederhana via instagram.com

Kamu paling gak telaten kalau memakai jarum atau peniti? Pakai saja sebuah ring atau cincin untuk mempercantik hijabmu. Kamu hanya butuh inner ninja dan pashmina berbahan katun. Pertama, kenakanlah pashmina, lalu julurkan sisanya hingga ke bagian depan. Setelah itu, masukkan setiap ujung pashmina pada ring yang berdiameter sekitar 5 cm. Lalu rapikan ujung yang menjulur. Jadi deh, kamu siap beraktivitas.

PS: Jika kamu ingin mengaplikasikan tutorial ini pada hijab berbahan chiffon, polyester, atau rayon, sebaiknya tetap gunakan peniti kecil di dekat telinga.

2. Jangan sampai motif indah kain pashminamu tersembunyi!

Advertisement
Cantik dengan hijab menutup dada

Cantik dengan hijab menutup dada via www.pingje.org

Kamu punya pashmina bermotif indah? Gak ada salahnya kamu mulai coba julurkan kain ini buat menutupi dadamu.

Caranya cukup gampang. Pertama, pasang pashmina ini pada kepala, lalu putar kebelakang. Setelah itu, pilinlah ujung pashmina pada bagian pinggir. Jangan lupa selipkan kebagian dalam kainnya dan jepit dengan peniti. Motif indah pashminamu akan membuat penampilanmu tampak cantik.

3. Untuk acara formal dan pergi ke pesta, kamu tak harus memakai aksesoris besar di kepala, lho…

Gaya turban buat yang mau ke acara formal

Gaya turban buat yang mau ke acara formal via www.jmggroup.co.id

Mau ke acara formal tapi gak mau ribet dengan beraneka ragam aksesoris di kepala? Kamu bisa coba gaya turban satu ini. Pashmina yang berbahan spandek, licra, atau kaos lebih mudah untuk dibentuk.

Pertama, pasanglah pashmina di kepala, lalu tarik silang dari belakang. Setelah itu, putar kain ke atas kepala hingga bagian telinga, lalu sematkan peniti agar balutannya tidak mudah lepas. Lakukan hal yang sama pada sisi lainnya, namun putar pada bagian samping untuk memberikan variasi bentuk. Pasanglah peniti yang kedua supaya terlihat lebih rapi. Dandananmu cukup sampai disini. Ayo buruan ke pestanya!

4. Gimana caranya memasang hijab yang cantik kalau nggak ada kaca? Lihat deh tutorial di bawah ini!

Gaya santai buat yang mau ke supermarket

Gaya santai buat yang mau ke supermarket via www.pinterest.com

Kamu mau ke supermarket? Buru-buru? Atau lagi gak ada kaca? kamu bisa pakai pashmina dengan cepat dan singkat. Pertama, gunakan inner lalu pasangkan jilbab. Belitkan ujung bagian yang pendek ke atas kepala. Bagian yang panjangnya bisa kamu belitkan di leher hingga mencapai dada. Agar lebih rapi, kamu bisa gunakan peniti pada bagian leher. Jadi, deh kau siap pergi keluar.

Kamu juga bisa merentangkan sisi yang panjang untuk menutupi bagian dada, kemudian sampirkan begitu saja ke belakang. Mudah, bukan? Meskipun buru-buru, gaya ini membuatmu tetap bisa tampil santai dan cantik.

5. Pashmina Dua Warna Pun Bisa Kamu Pakai Hanya dengan Tiga Jarum Saja

Tampil kece dengan dua jarum pentul

Tampil cantik dengan tiga jarum pentul via mastinews.com

Gak mau ribet tapi berkeinginan tampil anggun? Atau, kamu punya pashmina dua warna tapi bingung gimana cara pakainya? Nah, coba saja model hijab satu ini. Caranya cukup mudah. Jarum yang kamu butuhkan pun hanya tiga buah.

Pertama, pasang inner ninja-mu. Pasang pashmina sehingga sebuah ujungnya jatuh di samping telinga kanan. Peniti. Nah, sisa kain yang terjulur panjang di samping kepalamu bisa kamu putar ke atas hingga menutup dada. Setelah selesai, pasanglah peniti di telinga kiri. Lalu ambil kain yang terjurai di belakang dan sematkan dengan jarum terakhir di atas kepalamu. Jadi deh!

6. Kamu Bingung Menyiasati Kain Hijabmu yang Tipis dan Transparan? Coba Saja Gaya Ini…

Gaya buat kain atun yang bikin hangat dimana saja

Gaya buat kain atun yang bikin hangat dimana saja via distilleryimage10.ak.instagram.com

Kadang kita bingung bagaimana seharusnya memakai kain hijab yang terlalu tipis. Nah, tutorial satu ini bisa membantumu. Pertama, pasanglah kain seperti biasa dan peniti kain itu di bawah dagumu. Sematkan ujung kain yang lebih pendek di atas kepala. Lalu sematkan juga bagian panjangnya, searah dengan bagian yang pendek tadi. Ingat, sebelumnya kamu lipat terlebih dulu bagian sisinya agar kain yang nampak diatas kepalamu bisa terlihat lebih tebal. Pasangkan peniti di atas telinga, lalu tarik bagian itu ke belakang. Voila! Kamu siap pergi ke luar sekarang!

7. Ingin tampil anggun tanpa perlu membenarkan hijab tiap 15 menit?

Yang mau tampil anggun dan cantik, cobalah model ini

Yang mau tampil anggun dan cantik, cobalah model ini via tutorialhijab.org

Buat kamu yang ingin tampil anggun, kamu bisa coba cara ini. Pertama pasang kain di seperempat bagian. Lalu, pasang bagian sisi yang panjang dibagian telinga kiri. lantas, masih ada sisanya kan? Ambillah sisa kain yang lebih panjang, dan letakkan di bagian atas kain yang pendek. Kemudian, tarik ke kiri dan pasang ujungnya di bagian belakang kepala. Jangan lupa rapikan sisa kain di bagian kanan. Agar lebih cantik, tambahkan saja brosnya di telinga kiri. Anggun, bukan?

8. Jilbab segiempat pun juga bisa kamu gunakan untuk berkreasi, lho…

Tapil gaya dan santai dengan jilbab paris

Tapil gaya dan santai dengan jilbab paris via collec.to

Bosan dengan pemakaian jilbab segi empat yang gitu-gitu aja? Kamu bisa coba model satu ini. Caranya gampang! Pertama, kamu pasang kain pada bagian tengah, lalu ambil bagian yang terjulur di belakang. Setelah itu ambil bagian ujung kiri bawah kain, kemudian selipkan di sisi kanannya. Putar ke belakang, lalu ikatkan. Mudah ya? Kabar baiknya, kamu gak butuh jarum sama sekali untuk ini!

Nah, ternyata buat tampil beda gak perlu ribet berlama-lama di depan kaca, atau memasang begitu banyak jarum di atas kepala. Gak perlu juga putar sana-sini sampai bentuk jilbabmu sudah kayak punuk unta.

Tutoral hijab ini bisa kamu terapkan buat acara apa saja. Jika kamu mau kepesta, kamu tinggal pilih kain yang agak mengkilat, mewah, atau bisa kamu tambahkan bros biar lebih indah. Selamat mencoba!