Menjaga penampilan bukan kodrat dan kewajiban para cewek saja, lho. Kalian, para cowok, juga perlu tahu bagaimana sebaiknya mengatur penampilan. Lebih lagi – di balik mitos bahwa para cewek tak terlalu memperhatikan penampilan cowok – sebenarnya meluangkan sedikit waktu untuk memperhatikan apa yang kamu pakai bisa membuatmu lebih menarik di mata cewek.

Cara menjaga penampilanmu sendiri tidaklah sulit. Apalagi, di sini Hipwee sudah mewawancarai 10 cewek mengenai gaya berpakaian cowok yang selama ini menjadi favorit mereka. Apa saja ya? Dan kira-kira, apakah gayamu sudah termasuk di dalamnya?

1. “Untuk Penampilan Sehari-Hari, Kemeja Tidak Pernah Gagal Membuat Kalian Tampak Menarik.”

Keenan Pearce. Kemeja tak pernah gagal membuat penampilan kalian lebih menarik.

Keenan Pearce. Kemeja tak pernah gagal membuat penampilan kalian lebih menarik. via instagram.com

Kalau ditanya apa fashion item cowok yang disukai para cewek, jawabannya adalah kemeja. Ya, bukan tas, sabuk, atau sepatu — kemeja.

Kemeja bisa membuat kalian terlihat begitu menarik karena pakaian ini dengan mudah dapat memberikan kesan rapi, namun tetap santai dan tidak kaku. Di sisi lain, kemeja juga menunjukkan sisi maskulinmu dengan sempurna.

Advertisement
Kemeja kotak-kotak: cara instan untuk tampil menarik

Kemeja kotak-kotak: cara instan untuk tampil menarik via instagram.com

“Untuk sehari-hari, aku suka liat cowok kalau pakai kemeja dan celana jeans. Kemejanya lebih suka yang motif kotak-kotak. Santai, tapi tetap rapi.”

Tissa, 22 tahun

Untuk mendapatkan penampilan ini, kemeja motif kotak-kotak bisa menjadi pilihanmu. Kemeja motif ini mudah dipadukan dengan apa saja, seperti kaos polos dan sweater. Jangan lupa untuk melengkapi tampilanmu ini dengan celana jeans berwarna netral dan sepatu kets favoritmu. Yakin deh setelah ini akan lebih banyak mata cewek yang melirikmu.

2. “Penampilan Santai Dengan Kaos dan Celana Jeans Pun Bisa Menarik. Yang Penting Jangan Gombrong, ya!”

Memakai kaos dengan ukuran yang pas

Memakai kaos dengan ukuran yang pas via instagram.com

Tidak semua cowok suka mengenakan kemeja. Beberapa di antaranya lebih nyaman berpenampilan kasual dan sederhana dengan kaos dan celana jeans saja. Berpenampilan seperti ini sah-sah saja. Kami para cewek pun cukup menikmatinya. Namun untuk terlihat lebih menarik, carilah kaos yang sesuai dengan postur tubuhmu.

“Suka banget liat cowok pakai kaos sama celana jeans. Apalagi kalau kaosnya jatuh dengan bagus di badan, dan dipadukan sama sepatu kanvas.”

Dila, 22 tahun

Tidak usah banyak gaya. Sederhana.

Tidak usah banyak gaya. Yang penting kaos kamu nggak gombrong. via instagram.com

Jika kamu bertubuh kurus, pakailah kaos yang jatuhnya pas pada badan dengan ukuran bagian lengan yang sedikit panjang. Ini akan membuatmu terlihat lebih berisi. Kaos dengan motif garis-garis horizontal juga bisa menjadi pilihan karena akan memberikan efek volume pada tubuhmu.

“Cowok pakai kaos sama celana jeans sudah cukup oke kok buatku. Kaosnya yang berwarna netral dan pas sesuai badannya. Nggak ketat tapi nggak kelonggaran juga.”

Yanti, 22 tahun

Untuk yang bertubuh besar, hindari kaos yang ketat ataupun kebesaran. Pilihlah kaos yang sedikit longgar dan berbahan lemas sehingga menutupi tubuhmu dengan sempurna. Perhatikan pula jatuhnya kaos tersebut pada tubuhmu. Usahakan panjangnya tidak sampai melebihi ukuran kantong celanamu karena akan membuat tubuhmu terlihat lebih pendek dan gempal.

3. “Kami Sangat Menghargai Jika Kalian Memilih Mengenakan Sepatu dan Menanggalkan Sandal Saat Akan Pergi Kencan Bersama.”

Pakai sepatu, bukan sandal

Pilih sepatu, daripada sandal via instagram.com

Kencan memang tidak harus selalu makan di tempat mahal nan romantis dan berpenampilan formal. Justru di beberapa situasi, kencan yang santailah yang memiliki kesan tidak terlupakan. Misalnya, menonton menonton film di bioskop atau sekadar makan sate di kaki lima. Tapi walaupun santai, bukan berarti kamu bisa berpenampilan seadanya hanya dengan bercelana pendek atau bersandal jepit.

Kami lebih menyukai penampilanmu dengan sepatu

Kami lebih menyukai penampilanmu dengan sepatu via www.nowtes.com

“Menurutku, cowok bersepatu lebih terlihat menarik dibandingkan yang pakai sandal. Apalagi saat sedang pergi bareng gitu. Rapi dan lebih merasa dihargai aja waktu kencannya.”

Astri, 22 tahun

Saat akan berkencan dengan kalian, para cewek akan berusaha tampil serapi mungkin. Selain supaya terlihat cantik di mata kalian, kami juga menghargai kalian, teman berkencan kami. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kalian juga melakukan hal yang sama. Tidak perlu tampilan yang necis, cukup bercelana panjang dan mengenakan sepatu ternyaman. Penampilan yang rapi akan membuat kami merasa begitu beruntung dan tersanjung bisa berjalan berdampingan dengan kalian setiap minggunya.

4. “Pakai Celana yang Pas di Kaki dan Berpotongan Lurus, Deh! Penampilan Kalian Bakal Terlihat Lebih Keren! :)”

Celana yang baik adalah yang utama ;)

Celana yang baik adalah yang utama 😉 via instagram.com

Tidak hanya pakaian atasan saja yang berperan dalam penampilan kalian, celana yang kalian pakai juga cukup menarik perhatian kami. Model celana yang para cewek sukai tidak macam-macam, cukup berpotongan lurus saja. Entah yang berbahan jeans atau katun seperti chino, kami kurang menyukai saat kalian memakai celana yang terlalu ketat atau skinny jeans. Mengapa? Karena kalian jadi terlihat kurang maskulin di mata kami.

Celana berpotongan lurus adalah kunci.

Celana berpotongan tepat ukuran adalah kunci. via instagram.com

“Kalau untuk atasan, standar aja sih: kemeja. Yang penting itu celananya. Jangan gombrong, apalagi ketat. Yang potongannya lurus dan pas aja di kakinya.”

Dita, 23 tahun

Di sisi lain, celana yang terlalu gombrong juga cukup mengganggu penampilan kalian. Memakai celana yang gombrong seringnya akan membuat tubuh kalian menjadi terlihat bantet dan lebih pendek dari yang seharusnya. Pokoknya, kurang gagah deh di mata kami. Namun, kalau memang kamu anak hip-hop sejati, memakai celana gombrong mungkin bisa kami maklumi karena itu merupakan jati dirimu.

5. “Rapi Bagi Kami Sangatlah Sederhana. Sesederhana Pakaian yang Dikenakan Tidak Lusuh ataupun Lecek.”

Yang penting tidak lecek!

Yang penting tidak lecek! via twitter.com

Cewek: “Nanti malam jadi pergi ‘kan? Pakai baju yang rapi, yaa.”

Mendengar kata ‘rapi’, biasanya pikiran cowok sudah ke mana-mana. Kalian seakan diharuskan ‘berdandan’ dan terpaksa mengenakan pakaian yang menurut mereka tidaklah nyaman. Pasti tidak jarang deh kalian menganggap pergi dengan para cewek itu ribet karena harus berpakaian ini dan itu.

“Menurutku, yang penting itu bajunya nggak lecek. Pokoknya nggak terkesan asal ambil saja dari lemari.”

Manda, 22 tahun

Hei, kami tidak seribet itu, kok! Justru sebenarnya penampilan rapi yang cewek inginkan sangatlah sederhana, sesederhana kaos atau kemeja yang telah disetrika dengan baik. Tidak lagi ada lipatan yang memberi kesan lecek atau lusuh. Hal kecil seperti ini cukup membuat kami terkesan, lho. Karena kamu memperlihatkan bahwa kamu tidak sekadar asal ambil baju dari lemari.

6. “Jika Menghadiri Acara Formal, Kami Senang Melihat Kalian Tampil Menggunakan Jas yang Pas Dengan Tubuh Kalian.”

Lebih baik punya jas yang tailor-made, jangan beli jadi.

Lebih baik punya jas yang tailor-made, jangan beli jadi. via instagram.com

Tidak hanya cewek saja, lho, yang harus pintar menyesuaikan pakaian dengan acara yang dihadiri. Cowok pun juga perlu memiliki kemampuan serupa, terutama untuk acara yang cukup formal. Tapi beruntunglah kalian para cowok, modal kalian untuk tampil formal tidak terlalu memusingkan.

Slim fit dan jas yang pas. :)

Slim fit dan jas yang pas. 🙂 via instagram.com

“Kalau untuk acara formal, aku suka lihat cowok pakai jas yang pas badan. Tetap kelihatan muda dan modern. Dipaduin sama kemeja slim fit lebih bagus lagi.”

Febia, 22 tahun

Untuk mendapatkan penampilan ini, kalian hanya perlu sebuah jas yang cukup resmi. Eh, tapi tidak sembarang jas, ya. Pilihlah jas yang pas dengan tubuh kalian atau bermodel slim fit. Jas model ini cocok untuk segala postur dan bentuk tubuh. Padukan jas ini dengan kemeja resmi yang juga pas di badan sehingga tidak ‘balapan’ dengan jas yang dikenakan.

7. “Rambut Panjang Tidak Masalah, Tapi Jangan Pakai Bando Juga…”

Tetap rapi walau berambut panjang :)

Tetap rapi walau berambut panjang 🙂 via instagram.com

Sebenarnya, sangat jarang sih cewek yang suka melihat cowok berambut panjang atau gondrong. Alasannya simpel: berantakan. Melihatnya saja kadang sudah merasa gerah.

“Cowok berambut gondrong nggak masalah, sih. Kalau panjangnya sebahu, digerai aja. Tapi kalau lebih dari bahu, bagusnya sih diikat. Oh iya, jangan pakai bando. Nanti jadi lebih girly dari cewek-cewek.”

Tika, 22 tahun

Namun, jika memiliki rambut yang gondrong adalah keinginan dan impian kalian, kami tidak akan menolaknya mentah-mentah, kok. Kalian hanya perlu tahu bagaimana cara menatanya dengan baik. Kalau panjangnya hanya sebatas bahu, nikmati saja rambut panjangmu itu dengan mengurainya. Tapi jika panjangnya sudah melebihi bahu, ada baiknya untuk diikat. Kalau tidak, bisa-bisa nanti tertukar siapa yang cewek dan siapa yang cowok :p .

8. “Penampilan yang Rapi Memang Menarik. Tapi Jika Ditambah Tubuh yang Wangi, Level Cool Kalian Akan Bertambah di Mata Kami!”

Tak hanya rapi, kamu juga harus wangi!

Tak hanya rapi, kamu juga harus wangi! via instagram.com

Coba tebak, apa yang alasan para cewek betah berada di dekat kalian? Yap! Salah satu alasannya adalah karena wangi. Tubuh yang wangi akan membuat kami, para cewek, lebih nyaman berada di dekat kalian. Selain itu, keharuman juga sebagai tanda kalau kalian adalah cowok yang bersih.

“Aku lebih suka kalau rapi dan juga wangi. Percuma aja rasanya kalau sudah rapi, tapi bau tubuhnya kurang enak.”

Mutia, 22 tahun

Tubuh yang wangi tidak hanya bisa didapat dari parfum saja, kok. Justru beberapa cewek lebih suka wangi tubuh yang segar seperti habis mandi. Lebih alami dan memberi kesan maskulin. Jadi, cowok-cowok, jangan malas mandi lagi, ya!

9. “Jika Mata Kalian Minus, Jangan Malu Memasang Kacamata. Kalian Justru Terlihat Tampan Saat Mengenakannya :’)”

Geeky dan serius: kesan yang terpancar ketika kalian mengenakan kacamata.

Geeky dan serius: kesan yang terpancar ketika kalian mengenakan kacamata. via photos-e.ak.instagram.com

Keadaan mata yang rabun jauh atau minus memang mengganggu, belum lagi harus menggunakan kacamata supaya bisa melihat dengan jelas. Tapi tidak semua orang suka memakai kacamata dan lebih memilih pakai lensa kontak, mungkin begitu juga dengan kamu, para cowok. Lensa kontak lebih praktis dan tidak mengganggu penampilan.

“Aku suka lihat cowok dengan penampilan geeky gitu. Apalagi kalau pakai kacamata. Jadi, kalau memang matanya minus ya pakai aja kacamatanya. Lebih terlihat keren dan pintar.”

Dian, 22 tahun

Namun, coba deh sesekali kalian memakai kembali kacamata. Mungkin menurut kalian, kacamata membuat penampilan menjadi seperti seorang kutu buku tapi bagi para cewek, kacamata justru menambah tingkat ketampanan kalian, lho. Kacamata memberikan kesan pintar dan zaman sekarang, siapa sih yang tidak suka cowok pintar? Jadi, jangan minder lagi ya untuk kamu yang berkacamata. 😀

Begitulah kira-kira gaya berpakaian cowok yang disukai para cewek. Pada intinya, para cewek menyukai penampilan cowok yang rapi dan bersih. Tidak seribet yang dibayangkan, ‘kan? Nah, untuk itu, jangan malas lagi ya menjaga penampilan. Tidak ada ruginya dan justru kalian semakin terlihat keren! 😀