Bagi kamu yang sudah terbiasa menggunakan make-up, mungkin akan sulit membayangkan pergi ke luar rumah tanpa polesan sedikitpun. Make-up bagi sebagian cewek memang membuat mereka merasa lebih percaya diri, karena terlihat lebih menarik. Hidungmu yang semula datar bisa tampak lebih mancung sedikit, hanya dengan polesan make-up. Pipi yang tembem bisa dibuat lebih tirus dengan menciptakan bayangan dari alas bedak. Seolah, semua persoalan kecantikan seolah bisa diselesaikan dengan make-up!

Berbeda halnya dengan kamu yang nggak bisa atau bahkan belum pernah mencoba memakai make-up sama sekali. Bagaimanapun keadaannya kamu nggak mau repot-repot menutupi jerawat, bekas jerawat, atau pori-pori yang terbuka. Kamu lebih memilih untuk tampil apa adanya. Dan kabar baiknya, kamu yang seperti ini, sebenarnya tidak akan kalah cantik lho dari mereka yang pandai bersolek.

Journal of Experimental Psychology menyebutkan bahwa laki-laki maupun wanita berpikir kalau seorang wanita akan terlihat lebih baik jika memakai make-up yang tidak terlalu banyak. Bahkan penelitian Alex Jones membuktikan bahwa make-up hanya mempengaruhi penilaian daya tarik wanita sebesar 2% saja. Justru, banyak faktor lain yang berperan lebih besar dalam mempengaruhi penilaian apakah seorang cewek itu menarik atau tidak. Apa saja ya kira-kira? Berikut Hipwee Tips rangkumkan untukmu!

1. Cewek terlihat semakin menarik bukan karena kualitas make-up-nya. Faktor terbesar justru terletak pada seberapa simetri wajahnya

simetri wajah via youbeauty.com

Face research yang sudah banyak dilakukan selalu menunjukkan hasil bahwa orang lebih tertarik pada wajah-wajah yang simetris. Hasil penelitian tersebut mengungkap bahwa wajah yang simetris terlihat lebih menarik karena tampak lebih sehat dan sempurna. Jadi mereka yang simetris wajahnya cenderung lebih enak atau menarik dipandang.

Advertisement

Simetris di sini bukan berarti wajah tirus seperti dambaan semua orang. Wajah simetris yang dimaksud adalah, caramu menggerakkan beberapa bagian wajah seperti; pipi, bibir, mata atau dagu. Jika semuanya kamu gerakkan dengan proporsional dan pada tempatnya, wajah yang simetris pun bisa kamu dapatkan!

2. Kondisi kulit tubuhmu juga mempengaruhi seberapa besar daya tarikmu. Meski tiap orang punya standar yang beda untuk menilainya

Kecerahan kulit mempengaruhi daya tarik juga via sinclairwellnesscenter.com

University of Bristol meneliti tentang pengaruh warna kulit, tekstur kulit, dan kecerahan kulit terhadap tingkat daya tarik seorang wanita. Hasilnya berbeda-beda tergantung latar belakang orang yang diteliti.

Misalnya, orang kulit hitam dan kulit putih cenderung mengatakan warna yang sama dengan mereka lebih menarik. Intinya sih kamu cukup memastikan kalau kulitmu itu sehat dan terlihat segar, salah satu caranya dengan makan buah dan sayuran yang mengandung antioksidan, serta menjaga pola hidup yang sehat.

3. Menarik atau tidaknya kamu sebenarnya bisa kamu atur sendiri. Ini karena, daya tarik muncul dari cara wajahmu berekspresi

cowok akan lebih tertarik padamu kalau… via instagram.com

Perempuan lebih menarik ketika mereka memiringkan kepala sedikit ke atas. Sementara laki-laki terlihat lebih menarik kalau dimiringkan sedikit ke bawah.

Katanya sih, ini karena persoalaan perbedaan tinggi badan. Laki-laki melihat perempuan dari atas, sementara perempuan melihat mereka dari bawah. Coba deh dibuktiin pakai angle yang kamu ambil saat selfie 🙂

4. Salah satu faktor penentu daya tarik yang tak bisa kamu kendalikan tapi nyata adanya adalah; hormon! Pandai mengatur emosi saat PMS, misalnya

pandai atur mood via instagram.com

Hormon yang ada di dalam tubuh kita mempengaruhi persepsi dalam banyak cara. Biasanya ini terjadi terutama saat siklus menstruasi. Kamu yang sudah pernah dan jeli mengamati, pasti akan tahu perbedaan aura wajahmu saat sedang mestruasi dan tidak.

5. Bukan seberapa tebal bedak serta lipstikmu, orang lain khsususnya cowok justru lebih concern pada bau badanmu. So, jaga baik-baik hal yang satu ini!

jaga bau badan via jpninfo.com

Bau badan kita berkaitan dengan Major Histocompatibility Complex (MHC), yaitu keragaman respon kekebalan tubuh terhadap penyakit. Makin beragam, makin menarik lah orang tersebut. Bau ini sering kali secara tidak sadar mempengaruhi penilaian seseorang terhadap daya tarik kita sebagai cewek. Hmm…. jadi, kamu jangan sampai malas mandi, lalu pakai minyak wangi, ya!

Anyway, pakai make-up itu tetap sah-sah saja, kok. Kamu hanya perlu menjadikan dirimu itu manusia yang berharga dan nggak bikin orang lain ilfeel; dengan caramu bertindak dan berbicara. Jadikan juga dirimu sebagai orang yang menyenangkan, sehingga orang lain dapat merasa nyaman. Cheers!! 🙂

Suka artikel ini? Yuk, follow Hipwee di mig.me!