Siapa sih yang nggak suka mi instan? Mungkin memang ada, tapi presentasenya nggak sebanyak penggemar mi instan, ‘kan?

Setiap orang pun bisa memasak mi instan. Namun sayangnya, kebanyakan orang nggak bisa menikmati mi instan buatan sendiri dengan kepuasan yang maksimal. Meski bahan bakunya sama, rasa mi instan buatan burjo akan terasa lebih enak ketimbang buatan sendiri. Setuju nggak sih?

Berdasarkan hasil penelusuran Hipwee Tips di beberapa burjo ternama, beginilah cara membuat mi instan yang jadi favorit para pelanggannya. Kamu bisa tiru nih!

1. Untuk mi rebus, sesuaikan takaran kuah, usahakan nggak kekeringan juga nggak ‘kebanjiran’. Yang pas-pas saja ~

secukupnya aja via www.berrykitchen.com

Di antara dua jenis mi instan, mi rebus adalah yang paling favorit dan bisa diukur kadar kelezatannya. Langkah pertama yang harus kamu ingat dan lakukan adalah menyiapkan kuah.

Advertisement

Siapkan kuah secukupnya saja, jangan terlalu banyak jangan juga terlalu sedikit. Kamu yang punya selera makan mi rebus dengan banyak kuah atau dengan kuah sedikit nggak masuk dalam kriteria mi rebus enak ala burjo. Menambahkan bumbu karena terlalu banyak air juga HARAM hukumnya. Jadi, tetap harus pas takarannya, ya.

2. Kunci kenikmatan mi instan buatan burjo adalah air rebusan yang nggak diganti. Kamu harus pahami ini

airnya jangan dibuang via belanjasehat.com

Hal yang paling penting ketika kamu mau memasak mi rebus seperti di burjo adalah jangan buang air rebusannya. Air rebusan di burjo adalah air yang dipakai untuk merebus berulang-ulang, seperti halnya air rebusan di warung mi ayam. Hal ini akan membuat air rebusan menjadi lebih kental.

Inilah rahasia mi rebus ala burjo terasa berbeda dan lebih nikmat. Memang ini nggak dianjurkan, tapi asal nggak sering-sering, sah-sah saja, ‘kan?

3. Telur jadi pelengkap wajib pertama. Usahakan nggak pecah saat direbus, ya!

telur tetap utuh via risfaneltasia.wordpress.com

Nah, telur menjadi salah satu bahan pelengkap utama mi instan ala burjo. Caranya dengan memasukkan telur pertama kali setelah air mendidih. Biarkan telor bulat seperti mata sapi, hindari untuk mengaduknya juga. Sekali telur pecah, maka mi instan buatanmu bakal gagal alias nggak akan seenak buatan burjo! 🙁

4. Usahakan mi instan nggak terlalu matang, lebih enak lagi kalau nggak diaduk saat memasaknya

nggak perlu diaduk via www.kaskus.co.id

Baiknya kamu memasukkan mi persis setelah telur. Nggak jauh berbeda dengan proses memasak telur, biarkan mi utuh tanpa diaduk. Menutup panci akan lebih baik dan dipercaya menambah kenikmatannya.

Coba kamu bayangkan, abang burjo nggak akan repot-repot mengaduk mi yang dimasak karena dia harus multitasking meladeni permintaan pelanggan lainnya. Tapi hasilnya? Mi rebus buatan abang burjo tetap istimewa, bukan?

5. Pelengkap wajib ke dua adalah sawi hijau. Masukkan belakangan saja biar nggak terlalu matang

jangan lupa sawinya via belajarbaking.wordpress.com

Ini juga penting, sawi hijau. Selain menambah rasa, sawi juga menolong mi-mu agar nggak jadi ‘racun-racun amat’. Ya, setidaknya membantu menambah vitamin lah, meskti kadarnya nggak banyak juga. Tambahkan sawi di saat-saat terakhir mi hampir matang agar teksturnya nggak hancur alias masih krenyes-krenyes. Sawi menjadi salah satu komponen yang membuat rasa mi instan buatan burjo ini lebih ciamik, lho.

6. Campurkan bumbu-bumbu dalam mangkuk, bukan di dalam pancinya. Bila perlu, tambahkan irisan cabai rawit

bumbunya jangan dicampur di rebusan via rudipriatna.wordpress.com

Tips yang ini juga perlu kamu perhatikan. Jangan sekali-kali kamu mencampurkan bumbu-bumbu ke dalam rebusan mi. Memang kita akan mengira bahwa mencampur bumbu ke dalam rebusan mi akan membuat bumbu tercampur rata. Tapi ternyata, memisahkan bumbu dan mencampurnya saat mi telah matang justru membuat bumbunya lebih terasa.

Jika kamu suka pedas, jangan lupa untuk menambahkan irisan cabai rawit. Campurkan berbarengan dengan bumbu juga, setelah mi matang. Cabai rawit yang dicampurkan ke dalam rebusan mi akan mengurangi tekstur cabai yang segar.

7. Setelah mi matang, jangan lupa taburkan bawang goreng agar rasa mi lebih nendang

bawang goreng via alodokter.com

Nah, formula terakhir adalah dengan menaburkan bawang goreng di atas mi yang telah matang. Nggak bisa dipungkiri bahwa bawang goreng akan menambah kenikmatan makanan apapun, termasuk mi instan. Jadi, bumbu pelengkap ini sebisa mungkin dipenuhi, ya!

Dan pada akhirnya, terjawab ‘kan rahasia resep mi instan buatan burjo yang legendaris itu. Mulai sekarang kamu bisa mempraktikannya di rumah. Tapi, jangan sering-sering, minimal sekali seminggu saja demi kesehatanmu, ya. Selamat mencoba!

Artikel Bermanfaat dan Menghibur Lainnya