7 Cara Membuat Lampur Kamar Tidur Sendiri, Ubah Suasana Jadi Remang!

cara membuat lampu kamar tidur

Kamu nggak bisa tidur dengan lampu yang dimatikan? Atau lebih suka dengan lampu dimatikan tapi nggak betah karena terlalu gelap? Beberapa orang mempunyai pilihannya masing-masing terkait hal tersebut. Akan tetapi, jika kamu termasuk ke dalam kelompok orang yang suka tidur di kamar dengan lampu mati tapi nggak suka terlalu gelap, sebaiknya kamu mulai mempelajari bagaimana cara membuat lampu tidur sendiri.

Advertisement

Daripada mahal-mahal membeli, nyatanya kamu bisa, lo, DIY lampu kamar tidur sendiri. Selain menghemat uang, membuat lampu tidur sendiri juga pasti akan mengasah kreativitasmu! Nah, supaya kamu tidak bingung, di bawah ini Hipwee Tips akan memberikan beberapa kreasi lampu tidur sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Penasaran? Yuk, simak baik-baik, ya!

1. Hias rangkaian lampu LED warna-warni dengan bola pingpong agar tampilannya lebih menarik

cara membuat lampu kamar tidur

lampu-lampu bola | Credit by notey.com

kamarmu jadi romantis | Credit by pinterest.com

Biasanya rangkaian lampu LED hanya dipasang di dinding, cahayanya yang terlalu terang kadang justru mengganggu. Untuk mengakalinya, kamu bisa gunakan bola pingpong untuk menutup lampu agar tampilannya lebih menarik dan nggak silau di mata.

Bahan yang dibutuhkan:

  • Rangkaian lampu LED ukuran kecil
  • Bola pingpong transparan, sesuaikan jumlahnya dengan banyaknya lampu yang akan digunakan
  • Paku kecil
  • Palu
  • Alat pencukil

Cara membuatnya:

  1. Buat terlebih dulu konstruksi penyangga lampu tidur di dinding kamar, gunakan paku dan palu.
  2. Ambil bola pingpong, gunakan alat pencukil untuk membuat lubang di bagian atasnya. Pastikan lubang tersebut cukup untuk dimasukkan lampu LED.
  3. Masukkan lampu LED ke dalam bola pingpong, usahakan jangan terlalu banyak, sesuaikan dengan tingkat keterangan yang dibutuhkan.
  4. Gantung rangkaiannya di paku penyangga yang telah disiapkan sebelumnya.
Advertisement

Voila! Bola-bola lampu mini kamu sudah siap temani tidurmu malam ini, deh.

2. Kaleng susu bekas bisa kamu sulap jadi lampu tidur yang nangkring di meja. Yuk, coba!

DIY lampu kamar tidur

lampu tidur dari kaleng | Credit by crafthus.com

Punya lampu tidur nggak perlu mewah dan mahal. Kamu bisa membuat lampu kamar tidur dengan cara yang sederhana, yaitu menggunakan kaleng bekas. Ketimbang dibuang begitu saja, sebaiknya disimpan dulu, ya, kaleng-kaleng bekas yang ada di rumahmu. Berikut langkah-langkah membuatnya:

Advertisement

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Kaleng susu bekas
  • Rangkaian lampu LED
  • Bor
  • Cat semprot dengan warna kesukaanmu

Cara membuatnya:

  1. Ambil kaleng bekas yang sudah dicuci dan dikeringkan, lalu bentuk lubang di sekelilinganya menggunakan bor dari bagian luar.
  2. Semprotkan cat dengan warna sesuai selera, jemur hingga kering.
  3. Masukkan rangkaian lampu LED ke dalam kaleng, lalu tutup. Biarkan colokannya tetap di luar, ya.

Nah, lampu ini bisa kamu letakkan di atas meja.

3. Bikin lampu tidur bunga warna-warni dengan kertas mangkuk kue juga menarik, lho. Intip nih caranya

kreasi bentuknya begini | Credit by www.nyoozee.com

lampu tidur dari kertas kue | Credit by www.nyoozee.com

Kamu tahu bolu kukus? Nah, kertas mangkuknya bisa kamu gunakan untuk membuat hiasan lampu tidur.

Bahan-bahan yang digunakan:

  • Kertas mangkuk kue warna-warni
  • Gunting
  • Alat pencukil
  • Rangkaian lampu LED
  • Paku
  • Palu

Cara membuatnya:

  1. Buatlah konstruksi penyangga di dinding terlebih dulu.
  2. Modifikasi kertas mangkuk kue dengan melipat dan menjadikannya dengan bentuk yang kamu inginkan. Bisa bentuk bunga, bintang, snowflake, atau bentuk lainnya. Untuk yang bentuk bunga, kamu bisa melihat contohnya seperti di atas tadi
  3. Buat lubang di tengah kertas mangkuk kue untuk memasukkan lampu LED berukuran mini.
  4. Aturlah rangkaian lampu yang sudah kamu kreasikan di penyangga yang telah disiapkan.

Karena bahan penutup lampu menggunakan kertas, hidupkan lampunya hanya jika kamu mau tidur saja, ya. Takutnya panas dan gosong, hehe.

4. Manfaatkan kanvas untuk digunakan sebagai kotak lampu, tuliskan kata apapun sesuai keinginanmu

cara membuat lampu tidur kamar sendiri

lampu tidur dari kanvas | Credit by Biancraft Time YouTube

Kalau punya kain kanvas di rumah, kamu juga bisa, lo, membuatnya menjadi lampu tidur. Bahkan, lampu tidur juga bisa kamu kreasikan menjadi alat untuk berekspresi dengan kata-kata. Untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat lampu kamar tidur menggunakan bahan kain kanvas:

Bahan yang dibutuhkan:

  • Kain kanvas berikut frame-nya berukuran kira-kira 40×40 cm
  • Cat akrilik dan kuas
  • Pensil
  • Bola lampu, soket, dan kabel yang sesuai
  • Lem

Cara membuatnya:

  1. Tulis sebuah kata sesuai keinginanmu di kanvas menggunakan tipografi yang jelas. Cat bagian luar teks dengan cat akrilik. Biarkan bagian teks tetap tanpa warna. Keringkan.
  2. Regangkan kanvas di frame yang tersedia, pastikan posisi teks sudah benar dan rapi.
  3. Rangkailah bola lampu, soket dan kabel di belakang frame dengan posisi menggantung. Gunakan paku untuk merapikan kabel supaya nggak berantakan.
  4. Letakkan kanvas lampu di dinding sesuai keinginan, usahakan dekat dengan colokan kabel, ya!

Nah, ketika lampu dinyalakan, maka bagian yang menyala adalah teks yang kamu tulis. Menarik, bukan?

5. Kapan lagi bisa bikin lampu nanas seperti ini, selain lucu juga bikin tidurmu nggak terganggu sampai pagi

lampu nanas | Credit by wonderfuldiy.com

lampu nanas 🙂 | Credit by mentalhealthforum.net

Nanas di dalam kamar bisa kamu bikin dengan mudah, kok. Nggak perlu beli lampu mahal.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Botol bekas 1500 ml
  • Sendok plastik
  • Lampu kecil
  • Cat kuning
  • Kertas karton warna hijau
  • Pisau dan lem

Cara membuatnya:

  1. Potong botol terlebih dahulu sebagai bentuk dasar, bisa 1/2 atau 3/4 botol.
  2. Beri warna kuning pada kepala sendok, keringkan lalu potong bagian tangkainya.
  3. Susun sendok dengan cara menempel secara beraturan layaknya pola dari nanas, lakukan hingga semua bagian botol tertutup.
  4. Buat motif daun dengan menggunakan kertas karton hijau lalu tempelkan di atas lampu hias nanas.
  5. Pasangkan bola lampu di bagian dalam lampu nanas.

Lampu tidur nanas nggak berbeda jauh cantiknya dengan lampu hias yang dijual di pasaran, ‘kan?

6. Buat kamarmu bertaburan bintang, tidurmu bakal berasa kaya di hamparan milky way

cara membuat lampu kamar tidur sendiri

milky way | Credit by cdn4.gurl.com

Serunya lagi nih, kamarmu bisa dibikin seperti ladang milky way. Ikuti langkahnya, ya.

bahan yang diperlukan:

  • Kain spons
  • Pisau atau gunting
  • Rangkaian lampu LED
  • Paku dan palu

Cara membuatnya:

  1. Gunting spons dengan bentuk bintang, beri lubang di tengah untuk tempat lampu.
  2. Atur posisi lampu di dinding dengan konstruksi yang dibuat menggunakan paku dan palu sebelumnya.
  3. Tempelkan bintang spons dengan meletakkan bagian tengah tepat di lampunya.

Yup, bintangnya turun di kamarmu nih sekarang!

7. Atau, kamu bisa buat bintangnya lebih dekat, di sampingmu misal..

cara membuat lampu kamar tidur

bintang-bintang 🙂 | Credit by cutoutandkeep.net

Lampu tidur dengan lampu berpendar berbentuk bintang ini bisa ditaruh di meja samping tempat tidurmu. Cara membuat lampu kamar tidur seperti gambar di atas terbilang cukup mudah.

Bahan yang diperlukan:

  • Lampu, kabel dan soket
  • Toples
  • Kertas kado polos/motif
  • Silet
  • Lem

Cara membuatnya:

  1. Lubangi terlebih dahulu kertas kado dengan motif bintang menggunakan silet,
  2. Setelah semua terlubangi, tempelkan dengan menggunakan lem ke toples agar semua bagiannya tertutup.
  3. Lubangi tutup toples sebagai tempat masuk kabel dan lampu yang sudah dipasang dengan soket dan kabel.
  4. Tutup lampu tersebut dengan toples yang sudah dihias.

Itu dia 7 cara sederhana membuat lampu kamar tidur sendiri supaya kamar nggak terlalu gelap banget dan terkesan tenang. Nggak cuma bikin suasana kamar makin tenang, pancaran bintang-bintang ini membuatmu makin dekat dengan alam 🙂 Yuk ah, bikin!

Semoga artikel ini membantumu untuk berkreasi, ya! Daripada nganggur nggak jelas, mending otak-atik saja barang-barang bekas untuk dibuat lampu 🙂

Advertisement
Berikan Komentar

Tim Dalam Artikel Ini

Penulis

salt of the earth, light of the world

CLOSE